5 Fakta Mencengangkan Harimau Sumatera: Sang Raja Hutan yang Terancam Punah

Read Time:1 Minute, 42 Second

Sumatera – Harimau Sumatera atau Harimau Panthera Sumatera memiliki banyak fakta menarik yang patut Anda ketahui. Salah satunya karena tubuhnya yang kecil dibandingkan harimau lainnya.

Harimau sumatera adalah salah satu spesies harimau endemik pulau Sumatra, Indonesia. Mengutip laman Taman Nasional Bukit Tigapuluh, hewan tersebut merupakan salah satu spesies harimau yang masih ada.

Namun keberadaan harimau sumatera juga masuk dalam kategori satwa kritis. Untuk lebih jelasnya, sejumlah fakta tentang harimau sumatera diulas di bawah ini.

Detil Harimau Sumatera 1. Struktur

Harimau sumatera memiliki beberapa ciri yang membedakannya dengan spesies lainnya. Misalnya saja seperti warna bulunya yang oranye tua. Fitur ini memungkinkannya menyatu dengan hutan hujan tropis.

Kini, harimau sumatera juga memiliki beberapa garis di tubuhnya. Garis-garisnya juga solid dan tampak saling terhubung.

Ciri khas lain dari harimau ini adalah surai dan bisikannya. Ciri-ciri tersebut membantu membedakan harimau sumatera dengan spesies lainnya.

2. Tubuh Kecil Dibandingkan spesies lainnya, harimau sumatera dikenal memiliki tubuh yang kecil. Hal ini mungkin terjadi di bagian terpencil pulau tersebut.

Namun ukuran bodi tersebut memiliki kelebihan lain. Harimau sumatera mampu bergerak dengan mantap di hutan tropis yang lebat dengan tubuhnya yang kecil.

3. Harimau Sumatera yang handal dikenal sebagai predator yang menakutkan. Ia tidak hanya aktif tetapi juga perenang yang baik. Keistimewaan ini didapat karena cakarnya memiliki selaput yang membantunya berenang. Selain mencari mangsa, Harimau Sumatera juga suka berenang sekadar untuk “mendinginkan diri”.

4. Komunikasi dan berburu Harimau sumatera mempunyai cara berkomunikasi yang berbeda-beda. Ini termasuk mengaum, mengaum dan bersiul. Bahkan sirinenya sendiri konon bisa mencapai jarak 3 kilometer.

Dari segi lokasi, Harimau Sumatera juga dikenal sebagai predator. Ia memburu mangsanya secara diam-diam, mencapai kecepatan hingga 40 km/jam.

5. Terancam Punah Harimau Sumatera merupakan salah satu hewan yang terancam punah. Penyebab utama ancaman ini adalah hilangnya habitat akibat perambahan ilegal oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Selain itu, Harimau Sumatera juga tidak kebal terhadap perburuan liar. Beberapa sisa-sisa hewan tersebut kini hidup di kawasan lindung seperti taman nasional.

Berikut ulasan beberapa fakta menarik tentang harimau sumatera. Semoga bermanfaat dan menambah pemahaman Anda.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Akhir Kisah Kevin/Rahmat di Japan Masters 2023
Next post Bersedekah Lewat Paket