Terlalu Sering Mengucek Mata, Berbahayakah?

Read Time:3 Minute, 11 Second

robbanipress.co.id, Jakarta – Mengucek mata memang mudah. Baik di pagi hari atau saat menatap komputer sepanjang hari, orang cenderung mengucek mata.

“Ini sangat umum terjadi,” kata Jill Beyer, OD, asisten profesor klinis oftalmologi di Stanford University School of Medicine.

“Saya yakin, pada titik tertentu, semua orang merasa perlu sedikit mengucek mata.”

Saat seseorang mengucek mata, hal itu bisa merangsang air mata dan melumasi mata, kata Beyer. Salah satu daya tariknya mungkin karena sifatnya yang “taktil” dan dapat “mematikan sebagian emosi mata” untuk sesaat, katanya.

Namun, ahli kesehatan mata umumnya tidak menganjurkan mengucek mata, apalagi jika Anda sering melakukannya.

Kebiasaan ini dapat memberikan tekanan yang tidak perlu pada mata dan, dalam beberapa kasus, dapat menyebabkan kondisi serius yang disebut keratoconus, lapor Masako Chen, MD, asisten profesor oftalmologi dan Klinik Mata Komprehensif di Rumah Sakit Mata dan Telinga Mount Sinai, New York. Kesehatan.

“Sejujurnya saya berpikir setiap orang harus menggosok mata dan mengeluarkan air mata buatan kecuali mereka merasa gatal,” kata Chen. “Ini akan mengurangi banyak kunjungan ke dokter. »

Inilah alasan mengapa Anda mungkin tergoda untuk mengucek mata, bagaimana kebiasaan tersebut bisa berbahaya, dan kapan harus mencari bantuan dari ahli kesehatan. 

 

 

Secara keseluruhan, mengucek mata cenderung lebih banyak merugikan daripada menguntungkan.

Bagi penderita alergi, mengucek mata justru bisa melepaskan lebih banyak histamin sehingga menyebabkan rasa gatal lebih parah, kata Beyer.

Menggaruk juga menjadi perhatian.

Menurut Beyer, menggosok mata terlalu keras bisa melukai kornea. Dan jika Anda menggosok mata saat ada sesuatu di dalamnya yang tidak seharusnya, bahkan debu, cedera juga bisa terjadi, kata Chen.

“Saat Anda berjalan di jalan, ada sesuatu yang masuk ke mata Anda, dan jika ada sesuatu, Anda bisa sampai menyebabkan goresan, yang bisa sangat menyakitkan,” kata -he.

Meski jarang terjadi, mengucek mata bisa memicu kondisi yang lebih serius.

Setiap kali seseorang menggosok mata, tekanan pada mata meningkat, yang seiring waktu dapat merusak kornea dan membuatnya lebih tipis, kata Chen. Hal ini juga dapat merusak serat kolagen dan protein lain yang membentuk mata, tambah Clark Chang, direktur urusan medis global di Glaukos dan direktur lensa khusus di Wills Eye Hospital. 

 

Dalam beberapa kasus, perubahan kornea ini dapat menyebabkan keratoconus (tonjolan kornea) pada orang yang rentan.

Chang menjelaskan keratoconus lebih sering terlihat dan didiagnosis pada orang muda dan bisa menjadi kondisi yang cukup serius. Chen menambahkan bahwa dalam beberapa kasus, “orang dengan keratoconus akan memerlukan prosedur atau bahkan transplantasi kornea jika penyakitnya sudah lanjut.”

Beyer menjelaskan, robekan mata bukan satu-satunya penyebab keratoconus, meski merupakan salah satu penyebab penyakit tersebut.

Jika Anda menderita keratoconus, katanya, menggosok mata terus-menerus akan memperburuk keadaan.

Terlebih lagi, tidak semua orang yang sering menggosok mata akan terkena keratoconus, kata Chang.

Meski Anda tidak mengidap keratoconus, para ahli sepakat bahwa mengucek mata adalah kebiasaan yang tidak boleh ditinggalkan semua orang.

“Secara umum, yang terbaik adalah menggosok mata jika bisa, yang menurut saya sulit,” kata Beyer.

Jika orang menggosok mata saat merasa kering, mereka dapat menggunakan air mata buatan, saran Beyer.

Selain itu, jika ada yang memperhatikan bahwa mereka menggosok mata saat bekerja di depan komputer atau di tempat lain saat mata mereka lelah, Beyer merekomendasikan aturan 20-20-20: Setiap 20 menit, lihatlah sejauh 20 kaki selama 20 detik. 

“Kita semua selalu menggunakan komputer dan perangkat kita, jadi hampir semua orang sekarang mengalami tekanan mata atau mata kering, itu hanya tekanan mata secara umum,” katanya. “Mungkin terasa menyenangkan untuk sementara waktu, tapi bisa memperburuk keadaan dan menimbulkan lebih banyak masalah.” »

Jika seseorang merasa tidak bisa berhenti menggosok matanya, atau jika penglihatannya kabur, mata sensitif atau iritasi, mata merah, nyeri, atau masalah lainnya, ini semua adalah indikator bahwa dia harus menemui dokter mata, kata Chen. 

Baik itu mata kering, alergi, keratoconus, atau hal lainnya, ahli kesehatan dapat membantu seseorang menemukan akar masalahnya.

“Jika Anda khawatir mata Anda gatal dan tidak tahu penyebabnya,” kata Chang, “Saya sangat menyarankan Anda pergi ke dokter mata untuk memeriksakannya.”

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post 7 Resep Jus yang Bantu Menyehatkan Kulitmu dari Dalam
Next post Es Krim Magnum Almond di Inggris Ditarik, BPOM Tegaskan tak Ada Produk Itu di Indonesia