Profil dan Fakta Menarik Mendiang Mooryati Soedibyo Pendiri Mustika Ratu, Pemilik Gelar Doktor Tertua di Indonesia

Read Time:2 Minute, 42 Second

robbanipress.co.id, Jakarta Rabu (24/4/2024), 01.00 WIB, Murthy Sodibio, pendiri merek kosmetik Mustika Ratu meninggal dunia di usia 96 tahun. Beliau dijuluki “Master Jamu Indonesia” karena keahliannya dalam produksi jamu yang merupakan salah satu bidang usahanya.

Selain itu, Murthy juga merupakan pendiri Yayasan Sodibio Puteri Indonesia (YPI) yang bertujuan membantu perempuan Indonesia untuk tampil percaya diri di kancah internasional. Prestasinya terus berlanjut hingga diakui MURI sebagai pemegang gelar doktor tertua di Indonesia.

Berikut profil mendiang Murthy Sodibia yang dirangkum pada Rabu (24/4/2024).

Nama Lengkap : Dr. haji BRA Murthy Sodibio, SS, M.hmm

Tanggal lahir: 5 Januari 1928 – 24 April 2024

Islam

Profesi : Pakar kecantikan, pengusaha, politisi

Nama Pasangan : Sodibio Purbo Hediningrat

Almarhum Murthy Sodibio tinggal di Keraton Surakarta sejak ia berumur 3 tahun. Ia dikenal menguasai ilmu kecantikan tradisional dan menggunakan resep kecantikan istana untuk membuat jamu dan kosmetik dari bahan-bahan alami. Pada tahun 1973, ia memulai langkah pertamanya dengan memulai bisnis jamu yang kemudian ia sebarkan kepada teman-temannya. Ia kini memiliki perusahaan produk kecantikan dan kesehatan bernama PT Mustika Ratu Tbk (MRAT).

Pada Mei 1992, Murthy Sodibio mengikuti ajang Miss Universe di Bangkok, Thailand. Pengalaman tersebut menjadi inspirasi baginya untuk mendirikan Yayasan Puteri Indonesia (YPI) pada tahun yang sama. Semoga perempuan-perempuan berbakat Indonesia bisa percaya diri tampil di kancah internasional.

Almarhum Murti Sodibio juga terjun ke dunia politik dengan menjabat sebagai Wakil Ketua II MPR periode 2004-2009 dan mewakili DPD dari Daerah Pemilihan DKI Jakarta. Sepanjang karir politiknya, ia dikenal sebagai sosok yang sangat berdedikasi dan memiliki visi yang kuat untuk kemajuan bangsa Indonesia.

Almarhum Murti Sodibio diakui MURI sebagai pemegang gelar doktor tertua di Indonesia. Namanya juga tercatat sebagai salah satu dari 99 wanita paling berpengaruh di Indonesia versi majalah Globe Asia pada tahun 2007. Selain itu, mendiang Murthy Sodibio yang dijuluki “Empu Jamu Indonesia” mendapat penghargaan “Lifetime Achievement Award” dari Pakpilai Thaiwisin. , ibu negara Thailand. Direktur Utama PT Mustika Ratu TBK (MRAT), Bingar Edgius Situmorang menerima penghargaan tersebut pada acara Asia Pacific Spa Wellness Coalition di Bangkok, Thailand.

Dr. Haji BRA Murthy Sodibio, SS, M.H.M. (lahir 5 Januari 1928), merupakan tokoh yang menjabat Wakil Ketua MPR II periode 2004-2009. Ia juga pernah menjabat sebagai Direktur Utama Mustika Ratu dan menjadi salah satu pionir dibalik ide kontes Puteri Indonesia yang diadakan setiap tahunnya.

Melihat peluang bisnis, Murthy Sodibio mulai membuat jamu, racikan tradisional, jamu dan rempah-rempah lokal dari garasi rumahnya. Dalam waktu singkat, Murthy Sodibio berhasil mengembangkan usahanya. Dua tahun kemudian, tepatnya tahun 1975, berdirilah perusahaan PT Mustika Ratu yang fokus pada produksi jamu dan kosmetik dari bahan alami.

Dr. BRA PT Mustika Ratu Tbk dan pendiri Yayasan Puteri Indonesia (YPI), Murti Sodibio, menerima penghargaan “Indonesia Best Philanthropy Award 2023” dalam kategori “Outstanding Women’s Empowerment Program”.

PT Mustika Ratu Tbk (MRAT) merupakan perusahaan yang bergerak di bidang produksi dan penjualan kosmetik, perawatan tubuh, jamu dan minuman kesehatan tradisional. Perusahaan ini dimulai pada tahun 1975 ketika Murthy Sodibio mulai membuat obat-obatan herbal dan kosmetik di garasi rumahnya untuk teman dan kerabat.

Murthy meninggal dunia pada usia 96 tahun dan saat ini dimakamkan di rumah duka di kawasan Menteng, Jakarta Pusat. Almarhum meninggalkan lima orang anak yaitu Joko Ramyadji, Putri Kus Wisnu Vardani, Devi Nurandyani, Haryo T. Bascoro dan Yulita Varstuti.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Es Krim Magnum Almond di Inggris Ditarik, BPOM Tegaskan tak Ada Produk Itu di Indonesia
Next post Ibu Hamil Bisa Stres, Kenali Gejala dan Solusi Penanganannya