Viral Polemik Maba dan Kating, Apa Masalahnya?

Read Time:1 Minute, 54 Second

robbanipress.co.id Edukasi – Baru-baru ini viral sebuah postingan di media sosial tentang perselisihan atau pertengkaran antara mahasiswa baru (Maba) dan kakak kelas (Katings) di salah satu perguruan tinggi negeri di Indonesia. Obrolan tersebut diunggah oleh akun Twitter @.ui_fess.

“Maaf, tapi ini harus saya jadikan bahan dasar, ada yang tahu ada apa dengan chat ini? Mohon pencerahannya Dong Queqiu. Katanya ada photo chat yang dirasa tidak sesuai dengan unggahan tersebut.

Pada unggahan chat tersebut terlihat kalimat dalam cuttingan tersebut mengingatkan siswa SMP angkatan 2023 agar tidak sopan dalam cuttingan chat tersebut.

“Kak, UI angkatan 2023, bersikaplah lebih sopan saat ngobrol denganku.” Artikelnya jelas.

Kemudian seorang mahasiswa muda mengobrol dengan sesama mahasiswa yang menanyakan tentang kelompok mahasiswa di universitas tersebut:

“Selamat siang, saya dari grup /…../ psiko23 oke, saya ./…./ tapi saya belum bergabung dengan grup tersebut.” Tanya siswa muda di obrolan itu tangkapan layar saudara perempuannya.

Jadi apa alasan kontroversi ini? robbanipress.co.id mengumpulkan tanggapan dari netizen mengenai sumber permasalahan dan mengapa hal tersebut harus menjadi permasalahan:

Tapi, dalam hal ini, kamu baru pertama kali dan kamu tidak mengenalnya. Sebaiknya formal dulu (Sapaan-Perkenalan-Tujuan-Penutup) karena situasinya adalah kita. Entah apa yang kita bicarakan (mereka lebih tua/lebih muda dari kita),” tulis seorang warganet di kolom balasan.

“Menurut saya, masalahnya adalah kata ‘saya’ dan jika kucing itu terluka, itu harus dikomunikasikan secara pribadi dengan peringatan yang tepat, tidak dibawa ke Twitter secara pribadi atau di pangkalan. Tidak semua orang memiliki standar yang sama – ‘dasar’.” tata krama,” kata salah satu warganet.

“Halo kakak. Perkenalkan, nama saya Canon dari Mahasiswa Baru Psycho’23 UI, ijin menginformasikan bahwa saya belum mendapat informasi mengenai grup OKK UI saya karena saya belum bergabung dengan grup tersebut. Izinkan saya mengundang saya untuk bergabung di grup OKK UI, terima kasih kakak.” Tulis pengguna internet yang sepertinya menyediakan tulisan untuk digunakan.

“Kalau aku, kamu harus membiasakannya, maaf, terima kasih, setidaknya tambahkan, halo kakak, maaf mengganggumu, izin mengirimimu pesan, aku dari grup.. Tapi ya, bahkan kalau aku nemu yang kayak gitu, itu di media sosial atau semacamnya. Kayaknya percuma kalau kamu ajari aku ambil dasar itu.” Netizen jelas-jelas membagikan sarannya. Rizky Nasser dan Dosma Hazenbosch Kepergok Hadiri Resepsi Pernikahan Rizky Nasser kembali menjadi sorotan saat menghadiri resepsi pernikahan Salshabilla Adriani dan Ibrahim Risyad pada Sabtu, 20 Juli 2024. robbanipress.co.id .co.id 22 Juli 2024

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Peduli Pasien Kanker, Jaringan Hotel Aston Gelar Cancer Care Inisiatif Perdana di Kalimantan
Next post Inovasi Digital Bank DKI Berbuah Penghargaan Best Bank 2024