Lewat IISMA 2024, 23 Mahasiswa UPH Siap Perluas Pengalaman Global dan Peluang Karier

Read Time:3 Minute, 40 Second

JAKARTA – Sebanyak 23 mahasiswa Universitas Pelita Harapan (UPH) berhasil menerima beasiswa Indonesia International Student Mobility Awards (IISMA) 2024 untuk kuliah di berbagai universitas ternama internasional.

Mahasiswa ini berasal dari 11 program studi di Karawaci, Surabaya dan Medan Kampus UPH (Prodi) Lippo Village yang meliputi Hubungan Internasional, Desain Produk, Sistem Informasi, Musik, Ilmu Komputer, Bioteknologi, Teknologi Pangan, Hukum, Manajemen, Elektronika. dan Desain Komunikasi Visual. (DKV). Tahun ini mereka akan keluar belajar selama satu semester atau setara dengan 20 SKS.

IISMA merupakan salah satu inisiatif kampus merdeka yang diluncurkan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek). Program ini bertujuan untuk mengembangkan keterampilan, pengetahuan dan memberikan pengalaman internasional melalui studi di universitas ternama di luar negeri. Beasiswa IISMA mencakup biaya pendaftaran, biaya sekolah, akomodasi, tunjangan hidup, tiket pesawat dan visa.

Sebagai bentuk terima kasih kepada para penerima beasiswa IISMA, UPH Global Partnerships and International Office (GPIO) mengadakan acara “IISMA 2024 Awardees Gathering” pada tanggal 28 Juni 2024 di Kampus UPH Lippo Village, Karawaci, Tangerang.

Jonathan L Parapak selaku Rektor UPH dalam sambutannya menyampaikan rasa bangganya atas prestasi yang diraih para peraih penghargaan IISMA.

“Anda akan belajar banyak dan ini adalah kesempatan emas untuk mendapatkan perspektif baru. Gunakan kesempatan ini untuk membangun jaringan sebanyak mungkin. “Saya juga yakin program ini akan menjadi jalan menuju jenjang yang lebih tinggi,” ujarnya.

Eric Jobiliong juga memberikan sambutan sebagai Wakil Presiden Akademi, Riset dan Inovasi UPH. Ia mengucapkan terima kasih kepada mahasiswa yang lolos karena telah melalui serangkaian seleksi yang ketat. Ia merasa IISMA bisa menjadi program yang menunjang masa depan mahasiswa.

“Setelah menyelesaikan program ini, kalian tidak hanya mendapat ilmu-ilmu baru dari universitas lain, tapi juga menunjang jalur karir kalian. Semoga masa depan kalian cerah, apalagi saat pertama kali mendapatkan pekerjaan,” ujarnya.

Pada acara ini, Giovani Prayitno selaku Direktur International Office (IO) UPH membimbing dan membimbing para penerima manfaat beasiswa IISMA. Teman-teman juga mendengarkan pengalaman alumni IISMA 2023 yaitu Careninna Angela Wongkar, (KU Leuven, Belgia), Charissa Myandra Amirah (NYAng University, Korea Selatan) dan Rafael Benaya Sarmanella (University of Melbourne, Australia). Ketiganya berbagi pengalaman seputar kehidupan asrama, kampus, pengelolaan keuangan yang baik, serta tips dan trik mengatasi culture shock.

Testimoni dari penerima penghargaan IISMA 2024

Dalam acara ini para mahasiswa berbagi pengalaman dan kesan selama perjalanannya menuju IISMA. Salah satu mahasiswa penerima beasiswa, Angelia Kusuma Tanaya dari Program Studi Hukum UPH Kampus Surabaya, akan melanjutkan ke University of Western Australia. Menurutnya, IISMA merupakan kesempatan bagus untuk menambah pengalaman belajar dan tinggal di luar negeri.

“Yang ingin saya capai dari IISMA adalah belajar lebih banyak tentang hukum dari sudut pandang yang berbeda. “Saya juga berharap bisa mempunyai koneksi dan teman yang lebih luas,” ujarnya.

Aurelya Hendra Qiu, mahasiswi Program Sistem Informasi Kampus UPH Medan yang meraih beasiswa ke National University of Singapore, mengucapkan terima kasih kepada tim GPIO UPH yang telah memberikan banyak dukungan selama pendaftarannya di IISMA.

“Dalam proses IISMA, UPH selalu memastikan bahwa saya siap dalam segala hal mulai dari pengurusan dokumen hingga kesehatan mental. Jadi mereka memastikan bahwa saya benar-benar bugar dan sehat untuk belajar di luar negeri dan kembali stabil secara mental.” Indonesia dan memiliki pola pikir yang lebih baik, jaringan yang lebih luas dan beragam serta mampu memberikan kontribusi kepada masyarakat dan lingkungan,” kata Aurelya.

Edrick Theodore juga berbagi pengalamannya meraih beasiswa IISMA. Ia sangat bersyukur IISMA menjadi jalan baginya untuk mewujudkan mimpinya kuliah di luar negeri. Kini, perjuangannya telah membuahkan hasil dan ia sangat bersemangat untuk menerima pengalaman barunya.

“IISMA adalah program yang sangat bagus dan saya sangat menantikan untuk mengetahui bagaimana rasanya tinggal dan belajar di luar negeri serta merasakan budaya baru,” kata Edrick, mahasiswa Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV) UPH, Lippo Village. Kampus, Tangerang yang akan berangkat ke Korea University.

Di akhir acara, Andree Emmanuel Widjaja selaku dekan Fakultas Informatika UPH menekankan pentingnya mempelajari bahasa ibu suatu negara. Ia yakin, orang-orang yang memiliki keterampilan tersebut akan lebih dihargai oleh masyarakat setempat. Selain itu, ia juga berpesan kepada para mahasiswa penerima beasiswa untuk tidak hanya bersosialisasi dengan orang lain di lingkungannya saja.

UPH tetap berkomitmen untuk mendukung mahasiswa mencapai kesuksesan akademik dan non-akademik secara nasional dan internasional. Melalui pendidikan di UPH, mahasiswa dipersiapkan menjadi pemimpin masa depan yang kompeten, berdampak, profesional dan kompeten.

Selamat kepada 23 mahasiswa UPH yang lolos beasiswa IISMA 2024:

1. Alicia Gofina, Program Studi Manajemen UPH Medan (National Sun Yat-Sen University, Taiwan)

2. Angelia Kusuma Tanaya, Program Studi Hukum UPH Surabaya (The University of Western Australia)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post AC Ini Sudah Bersertifikasi TKDN dan Punya Teknologi Pengendalian Jarak Jauh
Next post Mimpi Upgrade Ioniq 5 Biasa Jadi Ioniq 5 N? Hyundai Kasih Harapan!