Jarang Orang Tahu, 3 Varian Resep Praktis Olahan Jambu Mete

Read Time:2 Minute, 38 Second

robbanipress.co.id, Jakarta – Kacang mete hampir tidak pernah ada di meja makan atau di pesta. Pasalnya, yang banyak diikuti orang tentang buah ini hanyalah kacangnya saja. Rasa kacang mete yang lezat membuat harganya menjadi sangat mahal. Lantas, bagaimana dengan rasa buah jambu mete?

Rupanya rasanya seringkali sepat dan pahit. Namun ternyata daging jambu mete bisa diolah menjadi makanan yang lezat. Buat kamu yang penasaran seperti apa rasanya jika dimasukkan ke dalam makanan, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah dengan mengikuti variasi resep sederhana yang dirangkum di Cookpad pada Selasa, 21 Mei 2024.

  Goreng kacang mete

Resep yang dibuat oleh pengguna @DapoerYenni menggunakan bahan-bahan berikut:

 

5 buah kacang mete (mentah/matang) ukuran sedang/besar

5 bawang merah

2 siung bawang putih

Cabai rawit ukuran besar (sesuai selera)

2 paprika merah keriting

50 gr ikan asin teri (goreng kering)

Minyak untuk menggoreng

  Caranya: Siapkan semua barang yang diperlukan. Cincang halus kacang mete. Lalu potong kacang mete. Kemudian tambahkan garam dan peras seperti pare lalu remas hingga sarinya hilang. Setelah hilang, cuci bersih dengan air keran lalu tiriskan. Lalu cincang bawang merah dan putih serta merica. Tambahkan minyak ke dalam wajan, sekitar 10 sendok makan. Rebus kacang hingga setengah matang lalu masukkan bumbu halus. Goreng hingga bawang bombay dan paprika kering. Buang dari saluran pembuangan, termasuk ikan asin. Kacang mete goreng siap diantar.

Resep yang dibuat oleh pengguna @PawonCaesansan147 menggunakan bahan-bahan berikut:

 

10 kacang mete

7 paprika merah

4 bawang merah

1 buah bawang putih

1 tomat

1 buah gula jawa

Terasi secukupnya

Bahan jamur secukupnya

Garam secukupnya

Gula untuk dicicip

Minyak goreng secukupnya

10 peta

  Caranya: Siapkan semua barang yang diperlukan. Peras kacang mete dengan kuat. Anda bisa memerasnya hingga tiga kali. Peras dengan air lembut terlebih dahulu. Kedua, tambahkan garam dan peras lagi. Terakhir, tiriskan air panasnya dan peras kembali. Rebus cabai, bawang merah, bawang putih dan tomat lalu siapkan petainya. Potong menjadi dua bagian atau sesuai selera. Tambahkan merica dan bahan lainnya, lalu masukkan ke dalam lesung. Tambahkan gula merah, terasi, gula pasir, garam dan bahan jamur sesuai selera. Giling sampai halus. Rebus minyak, goreng sebentar kenari, lalu tambahkan sambal, aduk rata. Setelah masak, masukkan petai. Aduk rata hingga agak kering. Angkat dan letakkan dalam mangkuk. Sambal mete siap disantap dengan nasi panas.

Resep yang dibuat oleh pengguna @Dwie_085 menggunakan bahan-bahan berikut:

 

10 buah kenari utuh, cuci bersih dan tiriskan

10 kacang polong kecil, buang bijinya

10 ekor udang kecil, kupas

1 setengah buah kelapa tua, parut

Daun pisang secukupnya

Klik pada tongkat untuk merasakan fitur produk:

10 cabai merah keriting

10 cabai rawit

6 bawang merah

4 siung bawang putih

2 lilin

1 sendok teh ketumbar

1 bagian kunyit

1 bagian kencur

2 lembar daun lemon

Secukupnya gula, garam dan bumbu

  Caranya: Siapkan semua barang yang diperlukan. Potong kacang, masukkan ke dalam penggiling dan giling hingga halus. Lalu masukkan ke dalam saringan. Cuci dengan air mengalir sampai airnya jernih, peras dengan kuat. Campur kelapa parut, bumbu halus, kacang mete, ikan pedas, udang, gula pasir, garam dan bumbu halus. Aduk hingga tercampur rata. Pertama, rebus air dalam kukusan. Ambil satu lembar daun dan taruh 1-2 sendok makan adonan botok pada daun tersebut. Kemudian bungkus dengan baik dan tekan dengan tongkat. Masak botok selama 25 menit atau sampai matang. Dari botok. Goreng sebentar di teflon untuk mengurangi jumlah air. Botok mete udang siap diantar.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Google Cloud Ungkap Deretan Layanan Andalan di 2024 dan Peran AI yang Makin Masif
Next post Demi Kurban, Bobby Maulana Hadapi Ketakutannya terhadap Darah