Trik Mudah dan Efektif Basmi Rayap di Dalam Rumah, Gunakan 5 Jenis Bahan Ini

Read Time:2 Minute, 25 Second

robbanipress.co.id, Jakarta Rayap merupakan salah satu spesies serangga yang makanan utamanya adalah serat selulosa yang dihasilkan dari kayu. Oleh karena itu, tidak jarang kita melihat rayap bersarang di pohon atau benda kayu lainnya.

Rayap umumnya ditemukan tidak hanya di ruang terbuka, seperti ladang bahkan hutan, tapi juga di dalam rumah. Mereka sering bersarang di area rumah yang jarang disentuh, seperti tempat penyimpanan.

Akibatnya furnitur kayu yang ada menjadi incaran rayap sebagai sumber makanannya. Oleh karena itu, penting untuk mengenali tanda-tanda sarang rayap di rumah Anda dan langkah menghilangkannya. 

Rangkuman Selasa (11/06/2024) beserta penjelasan lengkapnya.

Ada berbagai tanda yang menunjukkan keberadaan rayap di rumah Anda. Ini adalah sebagai berikut.

Jika Anda menemukan puing-puing atau serbuk gergaji di berbagai bagian rumah Anda, bisa jadi rayap telah bersarang di rumah Anda. 

Meski tidak selalu demikian, patahnya sayap serangga yang ditemukan di dalam rumah bisa jadi menandakan adanya sarang rayap di dalam rumah. 

Rayap sering kali membuat gundukan tanah panjang yang menyerupai jalan raya. Jika Anda menemukan tanda-tanda ini di rumah Anda, kemungkinan besar itu adalah ulah koloni rayap. 

Seperti yang telah kami jelaskan di awal, rayap biasanya memakan serat selulosa yang terdapat pada kayu. Jadi jika Anda memperhatikan beberapa furnitur kayu di rumah Anda mulai berlubang atau sedikit rapuh, biasanya hal itu disebabkan oleh rayap yang memakannya.

Rayap juga dapat membuat lubang di dinding untuk membuat pintu masuk. Akibatnya, udara lembab akan menembus sela-sela dinding dan menyebabkan cat terkelupas. 

Tidak ada yang perlu dikhawatirkan jika Anda menemukan rayap sudah mulai membangun sarang dan merusak furnitur kayu di rumah Anda. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menghilangkannya.

Siapkan cairan yang mengandung asam borat dan semprotkan langsung pada area sarang rayap. Namun, pastikan area atau benda yang disemprot asam borat dijauhkan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan karena berbahaya.

Tampaknya lebih aman menggunakan diatomit dibandingkan asam borat. Caranya, taburkan tanah diatom yang dapat dirayapi rayap, atau taburkan pada furnitur yang telah digerogoti rayap. 

Selain untuk membasmi hama pertanian, pestisida juga efektif digunakan untuk mengendalikan rayap di rumah. Namun dosisnya perlu diperhatikan agar tidak berbahaya dan tidak merusak furnitur. 

Campurkan 9-12 tetes minyak jeruk dengan 2 gelas air dan beberapa tetes cairan pencuci piring. Lalu pergilah ke tempat sarang rayap.

Kapur barus dalam kapur barus dapat mengusir rayap sehingga enggan mendekati lemari Anda. Selain itu, aroma kapur barus juga efektif mengusir serangga lain, seperti kecoa dan kepik, sehingga tidak membuat sarang di lemari.

Munculnya rayap di dalam rumah disebabkan oleh kondisi lingkungan. Secara realistis, kata Shaw, tidak ada cara yang benar-benar mencegah rayap selain mencegah mereka datang. Kelembapan yang tinggi dan banyaknya kayu menjadi faktor utama penyebab munculnya rayap di rumah.

Rayap merupakan serangga invertebrata yang hidup berkoloni dan memakan kayu serta bahan tanaman lainnya. Gigitan rayap tidak menimbulkan ancaman bagi manusia dan sangat jarang terjadi. Ancaman utama rayap terhadap manusia adalah kerusakan yang ditimbulkannya pada kayu di rumah Anda.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Estafet Obor Olimpiade Paris 2024 Dimulai! Dinyalakan dari Tempat Kelahiran di Yunani
Next post Bursa Kantongi 21 Calon Emiten di Pipeline IPO hingga 12 Juli 2024