Cegah Kepanikan karena Obat Sirup dan Gangguan Ginjal Akut Misterius, Dokter Wajib Jadi Garda Terdepan

Read Time:1 Minute, 51 Second

robbanipress.co.id – Sirup obat yang terkontaminasi menyebabkan masalah ginjal akut yang misterius membuat masyarakat panik. Untuk itu, dokter harus berperan aktif agar kepanikan tidak semakin meningkat.

Pegawai Departemen Pengobatan Komunal FCUI-RCMD, Doktor Kedokteran. Devi Frisca, MKK, mengatakan dokter pada hakikatnya adalah gatekeeper atau garda terdepan dalam pelayanan primer. Menurut dr Devi, dokter pada hakikatnya adalah garda depan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

“GP itu namanya gatekeeper atau garda depan ya? “Jadi kalau benar dikatakan dalam kasus ini, dokter keluarga punya peran penting dalam mengendalikan wabah karena merekalah first point of contact di masyarakat,” kata dr Davie dalam webinar kesehatan masyarakat, Jumat (10/10). .21, 2022 r.). Apoteker melayani pasien yang hendak membeli obat di RSIA Bunda, Menteng, Jakarta Pusat pada Kamis (20 Oktober 2022). [robbanipress.co.id/Alfian Winanto]

Selain itu, jelas Dr. Dewey, terdapat tanggung jawab dokter layanan primer dalam menghadapi kondisi seperti ini saat ini, antara lain: Bertindak sebagai penjaga gerbang dan pelindung masyarakat yang sangat penting. Perannya adalah upaya pelayanan kesehatan perseorangan (UKP) dan upaya pelayanan kesehatan masyarakat (UKM). , terintegrasi atau bersama dan berkelanjutan.

Selain itu, dokter juga harus memperhatikan dua hal dalam menangani berbagai penyakit, seperti: b. Promosi kesehatan dan perlindungan khusus, seperti yang dijelaskan di bawah ini.

Promosi kesehatan Pendidikan masyarakat massal dengan informasi yang benar. Penolakan hoax dan koreksi informasi yang salah. Mendidik masyarakat tentang pola hidup bersih dan sehat, pola makan seimbang termasuk minum cukup air dan aktivitas fisik teratur, berkonsultasi dengan dokter tentang minum obat, bekerja sama dengan petugas Posyandu di wilayah tersebut, misalnya. B. Pendidikan kedokteran dan koordinasi lintas sektoral.

Perlindungan khusus: Menghentikan sementara peresepan produk obat berupa sirup yang diduga terkontaminasi etilen glikol dan dietilen glikol sesuai hasil pemeriksaan Kementerian Kesehatan dan BPOM. Mengingatkan masyarakat untuk tidak membeli obat bebas protokol atau kebiasaan sehat.

Sebelumnya diberitakan, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dan jajarannya menggandeng asosiasi profesi, dalam hal ini Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI). Menurutnya, asosiasi profesi memberi tahu dokter tentang risiko penggunaan sirup.

Menkes juga mengimbau para orang tua untuk lebih berhati-hati dalam mengonsumsi obat. Hindari mengonsumsi obat apa pun tanpa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

“Tenang saja, seperti biasa, kalau sakit segera periksa ke dokter. Obat-obatan tidak boleh dianggap enteng, apalagi tanpa konsultasi dokter,” tutupnya.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Makan Sayur dan Buah Bikin Gigi dan Mulut Sehat, Bagaimana Hubungannya?
Next post 403