Pangkas Emisi Karbon, Bukalapak Tanam Ribuan Pohon Bersama Kingspan dan Onduline

Read Time:4 Minute, 58 Second

robbanipress.co.id, Jakarta – PT Bukalap.com Tbk (BUKA) menggandeng Kingspan dan Onduline dalam penanaman 1.000 pohon. Rinciannya, 150 pohon pinus laut dan 850 pohon bakau ditanam di Pasuruan, Jawa Timur.

Kegiatan ini merupakan bagian dari ‘Planet Passionate Communities’, program keberlanjutan global Kingspan yang selaras dengan tujuan global PBB. Berfokus pada empat pilar, yaitu karbon, energi, sirkularitas, dan air, Kingspan dan Onduline memiliki misi untuk mengimplementasikan program ini secara nasional melalui berbagai inisiatif lokal.

“Kolaborasi dengan Kingspan dan Onduline ini merupakan upaya Bukalapak untuk terus menciptakan dampak berkelanjutan bagi sebanyak mungkin masyarakat melalui berbagai aspek, termasuk lingkungan hidup. Inisiatif ini juga merupakan wujud komitmen kami dalam mendukung pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs) PBB,” kata CEO BukaFinancial & Commerce BukaFinancial & Commerce, Victor Lesmana dalam keterangan resmi, Selasa (23/1/2024) Tak hanya penanaman pohon, Kingspan, Onduline, dan Bukalapak juga berkomitmen untuk bertanggung jawab terhadap benih. yang ditanam.

Caranya dengan melacak pertumbuhan Anda di platform tanamkebaikan.com yang akan terus memberikan informasi pertumbuhan setiap dua tahun sekali.

“Dengan tujuan yang sama untuk menciptakan dampak positif yang komprehensif, kami senang dapat berkolaborasi dengan Bukalapak dalam penanaman 1.000 pohon. Kegiatan ini merupakan inisiatif lokal pertama kami dan tentunya kami berharap dapat terus memberikan hasil yang berkelanjutan di Bukalapak dan kolaborator lokal lainnya di Indonesia. masa depan,” kata Direktur Onduline Asia Pasifik Olivier Guilluy. PT Onduline Indonesia merupakan bagian dari grup Onduline dan Kingspan yang berbasis di Perancis, yang telah hadir di Indonesia sejak tahun 2004.

Atap Onduline merupakan salah satu jenis atap bitumen yang ringan dan ramah lingkungan, dengan perlindungan akustik yang baik. Pada tahun 2022, Onduline Indonesia melalui PT Onduline Manufaktur Indonesia akan membangun fasilitas produksi dengan teknologi paint line untuk memenuhi permintaan pasar Indonesia yang terus meningkat akan atap ramah lingkungan sekaligus mendukung pembangunan Indonesia yang lebih hijau.

 

 

Sebelumnya diberitakan, PT Bukalapak.com (BUKA) atau Bukalapak kembali menggelar program kompetisi ekuitas perempuan (PUJAAN) mencari keuntungan yang terbuka untuk Pelapak dan Mitra Bukalapak. 

Setelah sukses menyelenggarakan kompetisi pertama di tahun 2023 dengan lebih dari 100 video peserta dari Mitra Pelapak dan Bukalapak di seluruh Indonesia, kompetisi PUJAAN Capital tahun ini berfokus pada peningkatan keterampilan bisnis dan digital, dengan dukungan dari Asosiasi Pemasok Jasa Internet Indonesia (APJII) dan Asosiasi Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII). Administrator Nama Domain Internet (PANDI). Kontes ini menawarkan hadiah bisnis senilai puluhan juta rupee kepada para pemenangnya.

Pemberdayaan perempuan UMKM memiliki potensi besar dalam pemulihan perekonomian Indonesia karena perempuan mempunyai peran strategis dalam pertumbuhan ekonomi nasional. Berdasarkan survei Bank Indonesia yang dilakukan pada tahun 2022, dari sekitar 65,5 juta UMKM di Indonesia, 64,5 persen dimiliki dan dikelola oleh perempuan.

Pemberdayaan perempuan dalam perekonomian akan meningkatkan kapasitas ekonomi sebesar 20 hingga 25 persen. Selain itu juga dapat memberikan dampak tambahan terhadap upaya pengentasan kemiskinan, peningkatan ketahanan pangan, dan kesejahteraan masyarakat.

“Sebagai perusahaan teknologi yang memiliki misi kuat untuk mendukung UMKM, termasuk UMKM perempuan, PUJAAN merupakan komitmen kami dalam memberikan dukungan dan kenyamanan kepada UMKM perempuan. Bekerja sama dengan PANDI dan APJII sebagai perantara tentunya akan membantu meningkatkan partisipasi perempuan UMKM di dunia digital. ekosistem,” kata CEO BukaFinancial & Commerce, Bukalapak, Victor Lesmana, dalam keterangan resminya, Selasa (16/1/2024).

 

 

Misi tersebut sejalan dengan apa yang disampaikan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Bintang Puspayoga, dalam sambutannya pada acara penghargaan PUJAAN.

“Perempuan masih mengalami berbagai permasalahan yang menjadi tantangan bagi mereka. Oleh karena itu, kita perlu lebih mengenali dan menggali potensi dan kekuatan yang dimiliki perempuan. Dengan adanya revolusi teknologi informasi dan komunikasi, akan semakin memudahkan kita semua dalam menghadapi permasalahan yang ada. meningkatkan kapasitas, keterampilan dan kemampuan perempuan”, salah satunya adalah pengembangan usaha ekonomi dan penguatan jaringan ekonomi perempuan. Untuk itu, saya berharap kegiatan PUJAAN ini dapat menjadi inspirasi bagi perempuan Indonesia untuk terus mengejar cita-citanya dan meraih kesuksesan di dunia digital. ,” dia berkata.

Melalui kompetisi PUJAAN Capital, Bukalapak tidak hanya memberikan peluang bagi UMKM untuk mendapatkan akses permodalan, tetapi juga infrastruktur teknologi dan berbagai keterampilan bisnis yang dapat dikonversi menjadi modal yang kuat untuk membangun bisnis digital.

Sebelum para peserta menyampaikan proposal bisnis dalam format video sebagai persyaratan Kompetisi Modal PUJAAN, Bukalapak dengan dukungan PANDI dan Rumahweb Indonesia memberikan pelatihan strategi digital brand untuk UMKM, optimasi media sosial, dan pelatihan produksi video.

Menurut data Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo), pada tahun 2022 nilai transaksi perdagangan elektronik (e-commerce/e-commerce) di Indonesia mencapai Rp 476,3 triliun, meningkat 18,7 persen dibandingkan hingga tahun lalu dengan volume 3,48 juta transaksi. Tentu saja hal ini menjadikan keterampilan digital penting bagi UMKM di era teknologi.

 

Rangkaian Kompetisi Modal PUJAAN meliputi kumpulan video pendek terkait bisnis peserta yang diunggah ke platform TikTok dan Instagram partner Bukalapak, proses seleksi video yang dilakukan oleh juri Bukalapak dan PANDI, dilanjutkan dengan presentasi dan wawancara seputar bisnis. deskripsi dari peserta hingga penasihat bisnis dan keuangan. Kegiatan ini bertujuan untuk mengevaluasi kembali peserta dan memutuskan siapa pemenang utama.

Ajang penghargaan PUJAAN juga dihadiri oleh Menteri Komunikasi dan Informatika RI Budi Arie Setiadi, Dewi Ayu Laksmi, Deputi Bidang Ekonomi Kesetaraan Gender Kementerian PPPA, Ketua Umum PANDI John Sihar Simanjuntak, Ketua Umum APJII Muhammad Arif Angga, serta perwakilan Direksi Bukalapak.

“Partisipasi kami dalam Kompetisi Modal PUJAAN ini merupakan salah satu bentuk dukungan kami terhadap UMKM go digital. Selain dapat berkembang melalui akses permodalan, kami ingin UMKM dapat terus membangun usahanya dengan memahami bagaimana ekosistem digital sehingga dapat memanfaatkan platform digital yang ada. Oleh karena itu, “Kami bangga dan senang bisa menjadi bagian dari Kompetisi Modal PUJAAN yang memberikan kesempatan unik ini bagi para UMKM, khususnya UMKM yang ada di Indonesia,” ujar Jenderal dan Wakil Ketua APJII PANDI Presiden Muhammad Arif Angg.

Manfaat Kompetisi Modal PUJAAN salah satunya dirasakan oleh Wenny Fitriyanti, salah satu mitra Bukalapak yang menjadi salah satu pemenang tahun lalu. Sebelum mengikuti kontes, omset Wenny adalah Rp 6 juta per bulan. Setelah berhasil menjuarai Kompetisi Modal PUJAAN, Wenny mendapatkan bantuan modal usaha dan keterampilan usaha hingga mampu memperluas tokonya dan meraih omzet hingga Rp 23 juta per bulan.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Ini Perbandingan Penerimaan Pajak Era Soeharto, Reformasi dan Sekarang
Next post Redmi Buds 5 Series dan Redmi Watch 4, Cek Daftar Wearables Xiaomi Ini