Wamenkominfo: Publisher Rights Tidak Bertujuan Membatasi Kebebasan Pers

Read Time:1 Minute, 25 Second

Jakarta, 1 Maret 2024 – Di tengah gejolak media, peraturan hak cipta yang disahkan Presiden Joko Widodo diyakini bisa menjanjikan masa depan cerah bagi media berkualitas di era digital.

Wakil Menteri Komunikasi dan Media Nezar Patria hari ini pada Forum Dialog Merdeka Barat 9 (FMB9).

Lanjutnya, “Peraturan tersebut tidak dimaksudkan untuk membatasi kebebasan pers atau mengatur hal-hal tertentu. Melainkan Peraturan Presiden ini hanya mengatur kerjasama komersial antara penerbit dan website, tanpa pasal dan ada yang bermaksud untuk melanggar kebebasan pers. ” robbanipress.co.id Tekno.

Nezar menjelaskan disrupsi digital telah menciptakan kesenjangan yang lebar antara sistem digital dan media tradisional. Media tradisional, yang dulunya merupakan andalan media berkualitas, kini sedang dilanda badai dan tertinggal jauh dari media digital dalam hal lalu lintas dan lalu lintas.

Menanggapi persoalan filter yang dibuat oleh algoritma sistem, Nezar mengatakan undang-undang hak cipta Presiden bertujuan untuk melindungi masyarakat dari melihat informasi negatif yang tidak terlihat di berbagai platform media sosial.

“Namun perintah Presiden ini bukanlah solusi ajaib. Kualitas jurnalisme ditentukan oleh keterampilan dan perilaku jurnalis itu sendiri,” ujarnya.

Nezar menegaskan, keterampilan atau kemampuan seperti riset, penulisan, dan penyuntingan yang baik menjadi landasan utama seorang jurnalis untuk menghasilkan informasi yang informatif, menarik, dan mudah dipahami.

Selain itu, jurnalis juga harus memiliki pedoman moral dalam menjalankan tugasnya, seperti kejujuran, ketidakberpihakan, dan kebenaran. Nezar juga percaya bahwa prospek jurnalisme yang baik tidak dapat berkembang tanpa industri media yang baik.

“Ibarat mendukung tanah, industri media yang sehat memberikan ruang bagi media berkualitas untuk berkembang dan menjangkau khalayak yang lebih luas,” jelasnya. Wamenkominfo bahas ekonomi syariah dan tujuan UMKM ‘Go Digital’ Di mata Wamenkominfo Nezar Patria, ekonomi syariah menjadi semakin penting dan tujuan UMKM adalah ‘ akan menjadi digital akhir tahun ini. robbanipress.co.id.co.id 7 Agustus 2024

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Spesifikasi Infinix GT 20 Pro, HP Gaming Rp 4 Jutaan dengan Kamera 108MP
Next post Mitsubishi Motors Buka Layanan Bodi dan Cat Resmi di Serang