Bukan Dioles Odol, Begini Trik Bersihkan Setrika Gosong dan Berkerak Pakai 1 Bahan Dapur

Read Time:1 Minute, 23 Second

robbanipress.co.id, Jakarta Semakin sering digunakan, permukaan alas setrika lama kelamaan akan gosong bahkan membentuk sedikit keropeng. Tentunya hal ini cukup mengganggu karena dapat mempengaruhi pakaian yang sedang disetrika.

Namun tak perlu khawatir karena ada tips praktis yang bisa dipraktikkan agar setrika Anda kembali bersih. Cukup dengan menggunakan bahan dapur saja, Anda sudah bisa membersihkan kembali panggangan yang gosong dan berkerak. 

Penasaran ingin tahu caranya? Berikut penjelasan lengkapnya disarikan dari channel YouTube asisten saya pada Rabu (12/6/2024).

Siapkan beberapa peralatan dan bahan dapur yang diperlukan sebagai berikut: Air soda Mangkuk Sikat Gigi Sepotong amplas

Langkah pertama campurkan baking soda dengan air secukupnya. Kocok sampai diperoleh massa pasta.

Langkah selanjutnya adalah mengoleskan pasta baking soda secara merata pada permukaan alas besi dan menyikatnya dengan sikat gigi selama beberapa menit. 

Langkah Ketiga: Lanjutkan proses pembersihan menggunakan amplas. Setelah disikat, pasta soda kue yang menempel di permukaan bawah setrika bisa diampelas lebih lanjut.

Oleskan hingga pasta lengket berubah warna menjadi gelap, tandanya cangkang yang dicat dan cangkang besi mulai rontok.

Langkah terakhir, selain mencuci dengan air, asisten saya menggunakan kain lembab untuk membersihkan sisa kotoran di permukaan setrika. Setelah dibersihkan, setrika akan menjadi bersih kembali. Semoga beruntung!

Cuka dapur putih dapat digunakan untuk membersihkan kerak gosong dari panggangan. Pertama, panaskan cuka dan rendam dengan kain lembut. Setelah itu, bersihkan perlahan pelat besi yang lengket tersebut dengan kain. Ulangi proses ini sampai noda benar-benar hilang.

Suhu setrika terlalu tinggi. Suhu setrika yang terlalu tinggi dapat menyebabkan setrika menjadi lengket dan sulit bergerak mulus di atas kain. Tip umumnya adalah memulai dengan suhu rendah untuk jenis kain yang lebih lembut, kemudian tingkatkan sesuai kebutuhan untuk bahan katun dan linen.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Diecast Bukan Sekadar Mainan Semata
Next post Syarat Membuat Pelat Nomor Cantik Kendaraan dan Biaya Bikinnya