UI Jadi Kampus Ranking Pertama di Indonesia Versi Webometric

Read Time:1 Minute, 37 Second

REPUBLIK.CO.

Direktur UI Prof. Ari Kuncoro menyampaikan, sesuai Rencana Pembangunan Berkelanjutan (RPJP) 2015-2035, UI berupaya menjadi advokat penyelesaian permasalahan di tingkat nasional dan daerah. UI menargetkan menjadi salah satu dari lima universitas terbaik di Asia Tenggara.

Capaian tersebut merupakan yang terbaik dalam lima tahun terakhir. Pada tahun 2020, UI adalah satu-satunya universitas di Indonesia yang masuk dalam peringkat 10 besar di Asia Tenggara menurut Webometrics.

Dalam dokumen tersebut, UI menduduki peringkat 103 Asia dan 540 dunia dari 31.000 perguruan tinggi sedunia. Menambahkan UI ke daftar Webometrics memperkuat langkah UI untuk mencapai status ini.

Selain itu, peningkatan penerimaan mahasiswa baru di UI merupakan langkah positif untuk menjadi “Guru Bangsa” dan institusi terpenting di Asia. Pemeringkatan Webometrics yang dilakukan dua kali setahun, pada bulan Januari dan Juli, menilai keakuratan kinerja website suatu universitas.

Dalam hal ini website universitas dinilai apabila memuat informasi terkait mutu pendidikan. Oleh karena itu, Webometrics menetapkan tiga kriteria evaluasi dan bobotnya (50 persen), kejelasan (10 persen), dan kualitas (40 persen).

Visibility menunjukkan keterpaparan konten melalui jumlah jaringan eksternal (subnet) yang terhubung ke website perusahaan (default dan kemudian dipilih nilai tertinggi). Keterbukaan atau Openness merujuk pada jumlah sitasi yang diberikan oleh 310 penulis pertama dari Profil Google Cendekia.

Sedangkan menjadi ilmuwan atau ilmuwan melihat jumlah publikasi ilmiah di 27 jurnal ilmiah dan 10 sumber Scimago yang paling banyak dikutip.

Melalui ketiga kriteria tersebut, UI didasarkan pada komitmen pengajaran, hasil penelitian, reputasi internasional, dan hubungan universitas dengan masyarakat, termasuk industri dan perekonomian. Dibandingkan Webometrics Januari 2024, UI mengalami kenaikan peringkat indeks teratas dari 1.085 menjadi 1.000.

Selama lima hingga sepuluh tahun terakhir, daftar UI di bidang ini terus bertambah. Tautan tambahan menunjukkan komitmen UI dalam mendukung publikasi ilmiah terbuka atau sumber daya pendidikan lainnya.

Dibuat oleh Cybermetric Lab, sebuah kelompok riset dari Consejo Superior de Investigaciones Científicas (CSIC), organisasi riset publik terbesar di Spanyol, website Webometrica bukanlah pemeringkatan website universitas, melainkan pemeringkatan universitas yang mengevaluasi beberapa parameter. riset

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Bahaya Sepeda Listrik di Jalan Raya, Bakal Ditertibkan?
Next post Profil Song Kang Ho Pemain Uncle Samsik, Aktor Lawas tapi Rookie di Drama Korea