Kuliah Hanya Lima Semester, BINUS Cetak Gen Z Lebih Adaptif

Read Time:2 Minute, 18 Second

JAKARTA – Perubahan dunia industri yang dinamis menuntut calon pekerja mahasiswa harus fleksibel dan kreatif. Hal ini menjadi landasan bagi BINUS University untuk mempersiapkan mahasiswanya memasuki karir industri dan mewadahi jiwa kewirausahaan pada Gen Z.

Dr. Nellie, S.Kom., M.M., CSA, President BINUS University, mengatakan mahasiswa Gen Z perlu dibekali keterampilan yang sesuai dengan lingkungan industri saat ini. Dengan masa studi 2,5 tahun atau setara lima semester di kampus, mahasiswa melanjutkan studi langsung di industri untuk mendapat kesempatan bekerja sesuai dengan keterampilan dan minatnya.

Baca Juga: BINUS University Masuk 10 Universitas Terbaik di Indonesia Menurut QS WUR 2025

“Program kuliah 2,5 tahun ini dimulai pada tahun 2014 dan terus memberikan dampak positif bagi mahasiswa kami. “Sejak tahun 2014-2023, program ini telah diikuti oleh lebih dari 96.000 mahasiswa dan kami telah bermitra dengan 2.200 perusahaan,” kata Nelly dalam konferensi pers di BINUS University Jakarta, Jumat (21/6/2024).

Sebuah solusi untuk Gen Z, College Way

Merujuk data Survei Angkatan Kerja Nasional yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS) pada Agustus 2023, terjadi peningkatan pengangguran pada kelompok lulusan pendidikan tinggi. Dari semula 4,8% pada tahun 2022 menjadi 5,10% pada tahun 2023.

Berdasarkan kondisi tersebut, BINUS memandang perlu untuk memberikan keterampilan yang relevan kepada mahasiswa Gen Z. Nellie mengatakan, permasalahan yang dihadapi Gen Z di dunia kerja saat ini adalah kedewasaan. Berhubungan erat dengan dunia industri membuat mahasiswa menjadi lebih terampil sehingga kemampuannya semakin meningkat.

Baca Juga: Tak Ada PTN, Ini 2 Perguruan Tinggi Terbaik di Jakarta Menurut QS WUR 2025

Program yang ditawarkan oleh BINUS berbeda dengan studi universitas empat tahun pada umumnya. 2,5 tahun di kampus, mahasiswa dapat memilih satu dari tujuh program studi yang sesuai dengan minat dan rencana karir jangka panjang mereka.

Tujuh pilihan bidang yang ditawarkan BINUS adalah: Bisnis, Penelitian, Pelatihan, Studi Lanjut, Pengembangan Masyarakat, Studi di Luar Negeri dan Penelitian Mandiri Spesifik. Dalam hal pemilihan jalur gelar, kurikulum BINUS University menekankan pada kurva pembelajaran yang berfokus pada praktik kerja lapangan dan keterampilan di bidang teknologi.

Lahirnya wirausahawan muda

Perwakilan Gen Z Kevin Jaya Viguna yang turut serta dalam acara tersebut mengatakan bahwa kampanye tersebut sebelumnya merupakan pengembang game indie. hasil Memasuki semester enam, Kevin sudah mendapatkan penghasilan ratusan juta dan memiliki banyak karyawan.

Baca Juga: Bingung Memilih Jurusan Perguruan Tinggi? 12 prodi Binus ini terakreditasi penuh oleh BAN PT

Kesempatan ini, menurut Kevin, mengembangkan keterampilan yang dibutuhkan untuk membangun karir sebagai pengembang game indie. Ia dapat berkomunikasi langsung dengan para ahli dan membangun jaringan untuk mempromosikan permainannya. “Saya tidak kesulitan melakukan analisis, karena ini alat yang saya lakukan,” ujar lulusan BINUS University bidang ilmu komputer tahun 2022 ini.

Menurut Nellie kedekatan mahasiswa dengan dunia industri merupakan visi BINUS University 2035 yang bertepatan dengan Indonesia Emas 2045. Bersaing di dunia kerja dengan persiapan yang lebih baik,” ujarnya.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Jangan Main-main, Sistem ETLE Kini Semakin Canggih
Next post Dokter Zaidul Akbar Jelaskan Dampak Emosi Ibu Terhadap Bayi di Dalam Kandungan