Ombudsman Bali Terima 8 Aduan Terkait PPDB 2024

Read Time:1 Minute, 35 Second

robbanipress.co.id – Ombudsman Bali menyatakan menerima delapan pengaduan terkait penerimaan peserta didik baru tahun 2024. yang memasukkan Wali dalam daftar 10 provinsi PPDB 2024 dengan permasalahan luar biasa.

“Yang disampaikan meliputi tahun lalu dan yang terjadi tahun ini. Saat ini baru delapan pengaduan yang kami terima,” ujarnya saat dihubungi Denpasar, dilansir Antara, Selasa, 9 Juli 2024.

Sebelumnya di Jakarta, Jumat (5 Juli 2024), Ombudsman RI Indraza Marzuki Rice mengatakan ada 10 provinsi dalam PPDB 2024 yang mengalami permasalahan serius seperti kesalahan prosedur, pengurusan dokumen, dan diskriminasi terhadap calon peserta didik. Bali masuk dalam provinsi yang ditetapkan, namun Ombudsman Bali masih mendalami delapan pengaduan.

Terdapat delapan pengaduan dari lima SMA dan tiga SMA terkait permasalahan PPDB, dengan mayoritas laporan terkait zona dan jalur persetujuan. “Ada masyarakat jalur zonasi yang rumahnya terlalu jauh dari sekolah negeri sehingga merasa selalu kehilangan jarak dengan pelamar lainnya,” kata Febry. “Untuk jalur persetujuan, ada masyarakat yang melihat ada orang lain yang mampu secara ekonomi namun masuk melalui jalur persetujuan,” ujarnya.

Menanggapi aduan tersebut, Ombudsman Bali mendatangi lokasi untuk meminta keterangan kepada Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Bali dan proses ini masih berjalan.

Pada tahun 2023, dibandingkan tahun lalu, Ombudsman Bali mencatat 11 pengaduan. Oleh karena itu, belum jelas apakah persoalan PPDB akan dibahas di Bali pada tahun 2024. Sampai saat itu tiba, Wali Ombudsman akan tetap berhubungan dengan seluruh pelapor dan memberikan informasi terkini mengenai perkembangan pengaduan sehingga masyarakat mendapatkan kejelasan dan tidak ada informasi yang salah.

Fabri berharap penyelenggara PPDB 2024 dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Olahraga dapat memberikan informasi yang jelas kepada masyarakat dan melayani posko PPDB sesuai juknis. “Kami berharap postingan ini terbuka dan jika masyarakat merasa informasi ini kurang memuaskan, silakan menghubungi ombudsman,” ujarnya.

Baca artikel menarik lainnya dari robbanipress.co.id Education di tautan ini. Nyoman Nuarta, desainer IKN Istana Garuda yang karyanya dituding memiliki aura mistis. yang dianggap gelap dan mistis sejak zaman dahulu. robbanipress.co.id.co.id 11 Agustus 2024

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Resmi, Bojan Hodak Teken Perpanjang Kontrak di Persib hingga 2026
Next post GAC Aion Pakai Teknologi Canggih Untuk Baterai Mobil Listrik Produksinya