Pemkot Tangerang Siapkan Insentif Antisipasi Penurunan Angka Kelahiran

Read Time:1 Minute, 17 Second

robbanipress.co.id, TANGERANG – Pemerintah Kota Tangerang, Banten, menyiapkan insentif finansial seperti bantuan biaya pendidikan bagi warganya sebagai antisipasi penurunan angka kelahiran. Penurunan angka kelahiran nasional juga terjadi di Kota Tangerang.

“Pemerintah Kota Tangerang telah menyiapkan langkah-langkah penting untuk mengantisipasi penurunan angka kelahiran dalam jangka panjang,” kata Direktur Dinas Perempuan, Perlindungan Anak, Pelayanan Sosial dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Tangerang Tihar Sopian di Tangerang, Jumat. (7/5/2024).

Sebelumnya, Badan Pengelola Kependudukan dan Keluarga (BKKBN) menerbitkan informasi yang menunjukkan bahwa angka kesuburan atau Total Fertility Rate (TFR) mengalami penurunan yang cukup signifikan di tingkat nasional.

Hal ini sejalan dengan angka kelahiran di Kota Tangerang yang mengalami penurunan selama sepuluh tahun terakhir. Berdasarkan hasil sensus penduduk tahun 2020 yang dirilis Badan Pusat Statistik tahun lalu, angka kelahiran di Kota Tangerang sebesar 1,84, artinya hanya 1-2 anak yang lahir pada masa kelahiran.

Faktanya, tren penurunan angka kelahiran ini terjadi di dunia, meskipun jika dibandingkan dengan kota atau kabupaten lain di Provinsi Banten, angka kelahiran di Kota Tangerang sebesar 1,8 dan merupakan peringkat kedua terendah dan berada di bawah rata-rata provinsi yaitu 2,01. , “katanya

Oleh karena itu, Pemkot Tangerang berkomitmen menyusun rencana efektif untuk menjaga stabilitas angka kelahiran di wilayahnya.

Program lain yang sedang direncanakan meliputi pembangunan sosial, penyediaan layanan kesehatan yang terjangkau dan efektif, promosi konseling keluarga berencana, keberhasilan keluarga berencana, penyediaan alat kontrasepsi dan mobilisasi layanan keluarga berencana pada saat yang bersamaan.

“Pemerintah Kota Tangerang akan terus memantau perkembangan di kawasan ini untuk menyesuaikan kebijakan yang tepat, terutama untuk mendorong peningkatan angka kelahiran,” ujarnya.

 

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Kemala Run 2024 Sukses Digelar, GulaVit Sampaikan Hal Ini kepada Para Pemenang
Next post Bagaimana Cara Melihat Hasil SKD Sekolah Kedinasan 2024? Ini Alamat Unduhannya!