3 Resep Sempol Tempe yang Mudah Dibuat, Bisa Jadi Camilan Keluarga sampai Ide Jualan

Read Time:2 Minute, 35 Second

robbanipress.co.id, Jakarta – Sembol tidak bisa dimasak dengan bahan utama daging. Bisa juga dibuat dari tempe yang lebih murah namun tetap enak.

Selain itu, isi simbol temp juga sama dengan versi reguler. Teksturnya yang kenyal dan familiar tidak menjadikan jajanan ini sebagai jajanan keluarga. Faktanya, ini sangat populer sehingga Anda bahkan menyalinnya sebagai ide bisnis.

Menariknya lagi, sambol tempe bisa disantap dengan kuah yang disesuaikan dengan selera pribadi. Sabtu 10 Agustus 2024 Simak sekilas rangkaian resep tempe dari Cookpad berikut ini. Simbol tempe

Dibuat oleh pengguna @hellenhandru_5088742, resep ini membutuhkan bahan-bahan berikut:

1 papan tempe

3 bungkus adonan tempe renyah instan

130 ml air

1 sejumput bubuk cabai instan rasa bawang panggang

1 daun bawang, cincang halus

Minyak secukupnya

  Cara Membuat Tempe Sembol Potong tempe lalu kukus hingga matang. Keluarkan dari kukusan, lalu haluskan menggunakan garpu. Tambahkan sekantong tepung, bubuk cabai, dan daun bawang, lalu aduk rata. Tambahkan air. Uleni hingga terbentuk. Ambil adonan secukupnya, tepuk-tepuk di telapak tangan lalu tusuk di tusuk sate. Kepalkan tangan dan lakukan hingga seluruh adonan habis. Larutkan sekantong tepung ke dalam sedikit air. Tempatkan sebungkus Temp Adonan di wadah lain. Celupkan pantole temp ke dalam adonan basah lalu lumuri dengan tepung kering. Goreng dalam minyak panas hingga berwarna cokelat keemasan, lalu tiriskan, tiriskan dan sajikan selagi panas.

Resep yang dibuat oleh pengguna @asmaarahayu ini membutuhkan bahan-bahan sebagai berikut:

1 papan tempe kukus

100 gram fillet paha ayam

Tulang paha yang rendah sudah cukup

Membumbui:

2 siung bawang putih

2 bawang merah

1 ruas jari ganger

Suplemen:

Daun bawang/jeruk nipis secukupnya

1/2 sendok teh kaldu jamur

1/2 sendok teh garam

2 sdm tepung terigu

Masala tepung basah:

2 sdm tepung terigu

5 sdm air (larut)

Bahan-bahan untuk Obor Chutney:

65ml santan instan

100 ml air

Garam, kunyit bubuk, lada hitam dan gula pasir secukupnya

Bubur:

2 siung bawang putih

2 bawang merah

1 lilin

  Cara Membuat Sembol Tempe Saus Obor Tambahkan tempe dan ayam fillet. Tambahkan bumbu halus, garam, kaldu jamur, daun bawang, dan tepung. Haluskan dengan blender. Siapkan paha ayam dan tekan adonan ke tulang. Tutupi dengan campuran tepung. Simpan dalam freezer selama 30 menit sebelum dipanggang. Goreng sambal hingga berwarna keemasan lalu tiriskan. Siapkan sambal obor: sangrai masala yang sudah dihaluskan, lalu tambahkan garam, kunyit bubuk, dan gula pasir. Tambahkan air, aduk hingga matang dan mengental, lalu tuang santan. Sambal siap dihidangkan bersama sambol tempe.

Resep yang dibuat oleh pengguna @anif_296818 ini membutuhkan bahan-bahan berikut:

1 papan tempe

1 bawang bombay kecil

3 bungkus tepung terigu instan 70 gr

130 ml air

1 sdt bubuk cabai super pedas

Minyak untuk menggoreng

  Cara Membuat Tempe Pedas Kiriuk Sembol Potong bawang bombay dan cincang tempe. Rebus tempe hingga matang, lalu haluskan. Tambahkan bubuk cabai dan 1/2 sendok teh tepung tempe kerupuk instan. Tambahkan air dan uleni hingga kalis. Ambil sedikit adonan, gulung hingga berbentuk bulatan dan lakukan hingga adonan habis seluruhnya. Siapkan adonan basah dan adonan kering. Adonan basah: 1 bungkus tepung krichi, tambahkan air dan siapkan sisa adonan lalu simpan dalam wadah. Masukkan segenggam tepung ke dalam adonan basah, lalu tekan perlahan dan masukkan ke dalam adonan kering. Lakukan sampai akhir. Goreng dalam minyak panas dengan api sedang hingga semua sisi berwarna coklat keemasan. Angkat dan sajikan panas.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Resep Balon Udang Krispy Renyah, Pas untuk Lauk atau Camilan Lezat
Next post Menkeu Pastikan Program Makan Bergizi Gratis Masuk Postur APBN 2025