Ajak Anak Lakukan Aktivitas Fisik Tiga Jam Sehari untuk Tumbuh Kembangnya

Read Time:1 Minute, 22 Second

Republik. Dan pengembangan. Aktivitas fisik dapat mengurangi dampak berbagai penyakit, termasuk obesitas dan diabetes.

“Anak-anak yang melakukan aktivitas fisik, maka ototnya akan memanjang atau memendek sehingga menambah ukuran atau panjang tulangnya,” kata Rizki dalam diskusi online yang digelar di Jakarta, Selasa (4 Februari 2024). ). .

Rizki mengatakan, anak usia 3 hingga 5 tahun sebaiknya melakukan aktivitas yang disukainya, seperti berlari atau melompat di dalam dan luar ruangan selama kurang lebih tiga jam.

Pada usia sekolah (6-17 tahun), selain aktivitas fisik selama 3 jam, kegiatan olahraga yang terstruktur dan terencana sebaiknya berlangsung selama 60 menit minimal 3 kali seminggu.

“Untuk usia 3 sampai 5 tahun, banyak variasi aktivitas fisik ringan seperti jalan santai, mengerjakan pekerjaan rumah, jalan-jalan keliling rumah, aktivitas fisik sedang, bersepeda jarak jauh atau jauh, jadi jika anak lelah, olahragalah. melakukan apa pun secara fisik. “Anda bisa melakukannya,” katanya.

Aktivitas fisik seperti berlari, melompat, dan berdiri membutuhkan beban yang berat. Pada posisi ini, tulang menopang beban tubuh, menjadikannya lebih kuat dan padat, sehingga memungkinkan bayi Anda tumbuh tinggi lebih cepat.

Selain pertumbuhan, aktivitas fisik dapat merangsang keterampilan motorik kasar dan halus, sehingga memungkinkan orang melakukan gerakan fisik yang lebih sulit atau aktivitas yang melibatkan penggunaan tangan. Aktivitas fisik juga dapat mengajarkan perkembangan sosial melalui bermain dengan teman sebaya dan masyarakat.

“Perbaikan juga terlihat pada aspek kognitif, dimana aktivitas fisik mempengaruhi otak, fungsi kognitif, atau kecerdasan anak. Hal ini membantu anak mencapai kemampuan membaca yang lebih baik dibandingkan anak yang tidak,” jelas Rizki.

Menurut Rizki, aktivitas fisik dapat mengurangi dampak negatif obesitas, diabetes, dan penyakit kardiovaskular, serta bergerak juga penting untuk kesehatan fisik dan mental anak sehingga merangsang tumbuh kembangnya secara optimal.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post 403
Next post OPPO Reno 12 F Siap Meluncur di Indonesia, Ini Bocorannya