Vertigo Bukan Hanya Pusing Biasa, Ternyata Bisa Jadi Indikasi Gangguan Telinga

Read Time:1 Minute, 57 Second

robbanipress.co.id, Jakarta – Pernahkah Anda merasakan dunia berputar di sekitar Anda dengan rasa cemas karena mual dan muntah? Jika iya, mungkin Anda pernah mengalami vertigo, suatu kondisi yang menyebabkan sakit kepala dan dapat disertai berbagai gejala lainnya.

Pada dasarnya vertigo disebabkan oleh adanya gangguan pada sistem keseimbangan tubuh yang terletak di telinga. Sebab, munculnya rasa pusing bisa jadi merupakan tanda adanya masalah pada telinga.

Pada 29 April 2024, Irene Halim Subrata, dokter spesialis reproduksi RS EMC Cikarang, Jawa Barat mengatakan, “Kalaupun ada, ada gangguan pada telinga bagian dalam.

Irene mengatakan, “Penyakit telinga yang mempengaruhi munculnya vertigo adalah penyakit pada koklea atau biasa disebut koklea,” khususnya organ yang kita sebut koklea. Otolith adalah organ yang menjaga keseimbangan dalam tubuh. “

Jika terjadi gangguan seperti suspensi atau postur tubuh yang salah, dapat terjadi vertigo. 

Selain itu, infeksi telinga bagian dalam juga bisa menyebabkan vertigo. 

“Penyakit yang paling umum adalah penyakit Meniere atau neuritis vestibular. Ini salah satu penyakit telinga yang menyebabkan vertigo,” kata Irene.

Inilah mengapa penting untuk memeriksakan diri ke dokter untuk memastikan apakah vertigo yang Anda alami disebabkan oleh kelainan telinga atau tidak.

 

Tidak semua vertigo disebabkan oleh masalah telinga. Ada faktor risiko lain yang dapat menyebabkan gejala vertigo. Namun jika Anda menderita vertigo, tidak ada salahnya memeriksakan diri ke dokter agar dapat didiagnosis dan dilakukan langkah-langkah berikut ini. 

Irene mengatakan sebaiknya memeriksakan diri ke dokter jika pasien sudah mengalami vertigo selama 3 bulan berturut-turut. “Kemudian, muntah terjadi, dan Anda berguling saat mengubah posisi.”

Oleh karena itu, disarankan juga untuk memeriksakan diri ke dokter jika Anda merasakan intensitas dan keparahan vertigo meningkat dari seminggu sekali menjadi tiga kali seminggu.

Gangguan lain, seperti tuli yang membuat telinga berdenging dan tidak dapat mendengar dalam waktu singkat, merupakan tanda bahwa Anda harus segera memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan diagnosis.

Menurut laporan Kementerian Kesehatan RI, penyakit lain yang dapat menyebabkan vertigo adalah gangguan leher.

Sakit leher ini bisa disebabkan oleh pengapuran pada tulang belakang. Tulang yang kaku dan bengkok ini dapat menghambat aliran darah ke otak dan menyebabkan sakit kepala serta pusing.

Gaya hidup dan kebiasaan kerja yang tidak sehat seperti kurang olahraga dan stres meningkatkan risiko terjadinya komplikasi.

Nezzar Erraldin, ahli saraf lainnya, juga mengatakan bahwa tekanan darah tinggi, diabetes, dan kolesterol bisa menjadi faktor penyebab pusing. 

Oleh karena itu, penting untuk memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui penyebab sebenarnya.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Ekonomi Masih Gonjang Ganjing, Masyarakat Dituntut Bijak Kelola Keuangan
Next post BP Berniat Caplok Lokasi Supercharger Tesla Susul Kabar PHK dari Elon Musk