Garena Dukung Gelaran Gameseed 2024, Ajang Kompetisi dan Inkubasi Game di Indonesia

Read Time:2 Minute, 52 Second

robbanipress.co.id, Jakarta – Garena mengumumkan kerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan AGI (Asosiasi Games Indonesia) pada acara GameSeed 2024 di Indonesia.

GameSeed 2024 bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas game lokal. Sebagai sponsor utama, Garena memberikan dukungan penuh kepada para peserta mulai dari pelatihan, pendampingan hingga kesempatan berinteraksi dengan para ahli di industri game.

“Saat ini kami melihat perkembangan industri gaming lokal juga sangat bagus dan maju pesat. Jadi sekarang adalah waktu yang tepat untuk memperkuat komitmen kami dan berkontribusi pada industri game lokal,” kata CEO Garena Indonesia Hans. Siaran pers, Minggu (11/8/2024).

Dukungan dan komitmen Garena juga menjadi sorotan dalam membangun momentum Hari Pesta Olahraga Nasional 2024. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan, di tahun keduanya, GameSeed bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pengalaman para pemain di industri game.

Dengan begitu, mereka bisa menciptakan game-game yang bisa diterima pasar dan mengembangkan studio-studio game yang stabil dan siap bersaing di tingkat nasional dan internasional.

Kehadiran Garena di GameSeed 2024 juga disebut-sebut akan memberikan nilai tambah bagi pasar peserta. Karena mereka bisa bertukar pikiran langsung dengan pakar Garena.

Sekaligus melalui pelatihan dan pendampingan, kami berharap ada transfer ilmu dan pengalaman yang dapat membantu peserta mengembangkan permainan lokal yang mampu bersaing di pasar global.

Garena sendiri berpartisipasi aktif dalam berbagai inisiatif untuk mendorong perkembangan industri game dalam negeri. Salah satunya adalah penyelenggaraan Garena Game Jam 2023 yang bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan AGI.

Program ini menawarkan kompetisi membuat game dalam 48 jam untuk developer muda Indonesia. Selain sebagai platform kompetitif, ajang ini juga menjadi kesempatan bagi para pengembang untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman, serta membangun jaringan dengan para profesional.

Garena sebelumnya telah mengumumkan bahwa Garena Youth Championship (GYC) 2024 Free Fire akan kembali digelar sebagai turnamen eSports resmi untuk siswa SMP dan SMA di Indonesia. Kompetisi ini membawa pesan positif tentang keseimbangan eSports dan game di lingkungan pendidikan.

Berdasarkan pengumuman resmi yang diterima pada Senin (8/5/2024), turnamen Free Fire GYC 2024 akan digelar di berbagai kota dengan total hadiah pendidikan sebesar Rp 275 juta dan beasiswa sebesar Rp 17 miliar.

FYI, GYC Free Fire telah menjadi bagian dari inisiatif Garena Goes to School (GGTS) ​​​​sejak tahun 2017. Tahun lalu kompetisi ini diadakan di 72 kota di Indonesia, dan tahun ini jumlahnya bertambah menjadi 82 kota.

“Sebagai inisiatif yang mengajak para pelajar untuk menyeimbangkan pendidikan dan olahraga, seluruh peserta GYC 2024 Free Fire memiliki kebutuhan khusus dari segi akademik,” kata Garena dalam siaran persnya.

Seperti tahun lalu, seluruh peserta harus memiliki IPK minimal 65 untuk bisa berpartisipasi. Melalui skema ini, Free Fire mengajak mahasiswa untuk menunjukkan prestasinya di dunia eSports sekaligus prestasinya di dunia akademik.

Kompetisi eSports akan dimulai dengan rangkaian city qualifier pada 19 Agustus hingga 19 Oktober 2024. Pertandingan mingguan GYC 2024 Free Fire akan dimainkan secara offline di 13-14 kota untuk setiap sekolah tuan rumah.

 

Kontes ini akan mengunjungi beberapa kota seperti Deli Serdang, Padang, Semarang, Nganjuk, Pontianak, Singawang, Bima, Ternate, Makassar, Manado dan Jayapura.

Tim-tim Free Fire teratas dari masing-masing kualifikasi akan bertanding di babak kualifikasi regional hingga 5 November 2024. Babak ini akan mempertemukan tim-tim terbaik dari beberapa kota di 12 wilayah, mulai dari Sumatera hingga Papua dan Maluku.

Babak ini akan menjadi penentu bagi setiap tim sekolah karena hanya satu tim dari setiap wilayah yang akan lolos ke babak grand final yang akan bertanding langsung di Jakarta pada bulan Desember 2024. 

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Survei: Samsung dan Google Pixel jadi Smartphone AI Favorit Orang Indonesia, Tapi Mikir untuk Beli!
Next post Atlet Kodam IX/Udayana Sapu Bersih Medali di Ajang Sportel Bali Triathlon 2024