Diet Sehat Saat Puasa, Ini Cara Turunkan Berat Badan dengan Aman

Read Time:3 Minute, 15 Second

robbanipress.co.id, Jakarta – Menjaga berat badan ideal selama bulan puasa memang sulit. Saat berbuka puasa, banyaknya godaan kuliner serta porsi makan lebih besar saat sahur kerap memfasilitasi kenaikan berat badan.

Dengan makanan rendah kalori dan menu buka puasa yang tepat, Anda bisa mencapai berat badan ideal meski sedang berpuasa.

Sebuah studi yang dilakukan oleh National Center for Biotechnology Information (NCBI), laporan oleh Dr. Batras Homeopathy, menunjukkan bahwa Ramadhan bisa menjadi cara makan sehat untuk mengatasi kebiasaan makan tidak sehat.

Namun, banyak orang yang tidak memanfaatkannya secara maksimal. Berikut 7 langkah yang bisa dilakukan saat berpuasa untuk mencapai dan menjaga berat badan ideal, menurut dr. Homeopati Batras.

1. Isi tubuh Anda dengan air

Tetap terhidrasi adalah kunci kesehatan dan kebugaran, terutama saat berpuasa. Mengonsumsi makanan kaya air seperti semangka, mentimun, tomat, serta buah dan sayur lainnya juga dapat membantu Anda tetap terhidrasi selama puasa dan sahur.

Minumlah dua liter air antara buka puasa dan sahur untuk memastikan hidrasi tubuh optimal sepanjang hari.

2. Jangan lewatkan Sahur

Sahur memang sering dilewati agar bisa tidur lebih lama, namun hal ini tidak dianjurkan saat Ramadhan. Melewatkan Sahur bisa membuat puasa menjadi sulit karena tubuh tidak memiliki cukup energi untuk beraktivitas.

Tanpa sahur, kita akan lebih mudah dehidrasi dan lelah di siang hari. Hal ini mendorong makan berlebihan saat puasa, yang dapat mengakibatkan penambahan berat badan. Oleh karena itu, penting untuk memprioritaskan sahur dan memilih makanan bergizi yang akan memberikan tubuh energi dan nutrisi yang dibutuhkan selama berpuasa.

 

Makan berlebihan saat berbuka sama bahayanya dengan melewatkan sahur. Daripada meluangkan waktu sejenak untuk mengisi ulang tenaga dengan makanan bergizi, berbuka puasa sebaiknya tidak dijadikan alasan untuk “balas dendam”.

Mengonsumsi makanan tinggi lemak saat berbuka menyebabkan gangguan pencernaan dan penambahan berat badan. Hal ini terjadi karena tubuh belum terbiasa mengonsumsi makanan dalam jumlah banyak setelah seharian libur. Oleh karena itu, berbuka puasa perlu dilakukan secara perlahan dan menikmati setiap suapan makanan.

4. Perbanyak makan buah dan sayur

Menjaga pola makan sehat selama Ramadhan adalah kunci untuk mencapai berat badan ideal. Salah satu cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan memasukkan setidaknya 5 buah dan sayuran ke dalam makanan Anda.

Buah dan sayur kaya akan vitamin, mineral, dan serat yang penting bagi tubuh. Kandungan ini membantu Anda merasa kenyang lebih lama tanpa menambah terlalu banyak kalori, sehingga ideal untuk program penurunan berat badan.

5. Batasi konsumsi makanan manis

Banyak jajanan Ramadhan yang enak dan menggugah selera, namun sayangnya banyak pula yang tinggi lemak, gula, dan kalori. Terlalu banyak mengonsumsi camilan ini bisa menggagalkan tujuan Anda untuk tetap sehat dan menjaga berat badan selama bulan puasa.

Penting bagi Anda untuk memilih makanan di pagi hari yang tinggi energi dan akan membantu Anda merasa kenyang sepanjang hari. Keju, telur, dan kacang-kacangan adalah pilihan yang bagus. Makanan ini kaya protein dan lemak sehat untuk membantu Anda merasa kenyang dan berenergi.

Ikan, daging sapi tanpa lemak, dan unggas daging putih juga merupakan pilihan sarapan yang sehat.

Pilihlah varietas rendah lemak untuk menghindari konsumsi terlalu banyak kalori. Meskipun mungkin tampak sulit untuk mengonsumsi makanan-makanan ini saat sahur, kenyataannya makanan-makanan ini dalam jumlah sedikit saja dapat membantu Anda berbuka puasa.

7. Hindari makanan yang digoreng dan makanan yang sangat asin atau manis

Saat tiba waktu berbuka puasa, tak jarang orang mendambakan makanan jenuh, berlemak, gorengan, dan bergula. Meski terasa menyenangkan dalam jangka pendek, namun kebiasaan ini bisa membuat proses puasa keesokan harinya menjadi lebih sulit.

Mengonsumsi makanan tinggi lemak dan gula dapat membuat Anda mengantuk dan lelah serta meningkatkan risiko penambahan berat badan. Selain itu, berhati-hatilah dengan asupan garam, terutama di pagi hari, karena garam dapat meningkatkan rasa haus.

Puasa dengan pola makan sehat dan seimbang menjadi kunci utama mencapai berat badan ideal. Dengan mengikuti tips di atas, Anda dapat mengoptimalkan proses metabolisme tubuh dan menjaga berat badan ideal selama Ramadhan.

Namun perlu diingat bahwa setiap orang memiliki kebutuhan kalori dan kondisi kesehatan yang berbeda-beda. Konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi Anda untuk panduan individu.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Kasih Konsesi Tambang ke NU Disebut karena Janji Politik, Ini Penjelasan Menteri Bahlil
Next post Jemaah Haji Jarang Berkeringat dan Buang Air Kecil Selama di Arab Saudi, KKHI: Waspada Gejala Dehidrasi