7 Resep Kue Ku yang Manis dan Lembut Tanpa Oven, Jadi Ide Jualan Menguntungkan

Read Time:5 Minute, 38 Second

robbanipress.co.id, Jakarta Kue Ku merupakan jajanan tradisional asal Tiongkok. Kue ini biasanya memiliki bentuk yang unik dan lucu seperti kura-kura. Kue saya tidak hanya enak tampilannya, tapi juga memiliki rasa yang enak dan tekstur yang lembut. Karena itulah banyak orang mulai tertarik untuk mencoba resep kue lezat saya di rumah. 

Dalam proses produksinya kue saya menggunakan bahan-bahan yang relatif sederhana dan mudah didapat di supermarket atau toko kue. Bahan utamanya adalah tepung terigu, ragi, gula pasir, air dan minyak. Selain itu resep kue saya juga menggunakan bahan tambahan seperti daging cincang, coklat atau kacang-kacangan yang akan memberikan rasa dan tekstur yang berbeda.

Untuk menyiapkan kuenya, campurkan terlebih dahulu tepung terigu, ragi, gula pasir dan air lalu uleni hingga kalis. Setelah itu istirahatkan beberapa menit hingga adonan mengembang. Adonan tersebut kemudian digulung menjadi bola-bola kecil dan diisi dengan isian tambahan seperti daging cincang, coklat atau kacang-kacangan. Kemudian kue saya akan dikukus beberapa menit hingga matang sempurna.

Rasanya yang manis dan ringan membuat kue kering ini menjadi camilan favorit dan membuat ketagihan. Anda juga bisa mengubah bentuk kue saya sesuai imajinasi Anda. Berikut kompilasi resep kue buatanku yang dihimpun robbanipress.co.id dari berbagai sumber pada Senin (06-03-2024). 

Bahan yang dibutuhkan:

– 200 gram kacang hijau, rendam semalaman

– Lelehkan 100 gram margarin

– 150 gram gula kastor

– 2 butir telur

– 100 gram tepung terigu

– 1 sendok teh baking powder

– 1/4 sendok teh bubuk vanila

– Keju parut secukupnya

Cara pembuatan: Blender kacang hijau yang sudah direndam dengan sedikit air hingga halus. Campurkan margarin leleh dan gula kastor dalam satu wadah. Aduk hingga tercampur rata. Masukkan telur satu per satu sambil terus diaduk hingga adonan mengental. Tambahkan tepung terigu, baking powder, dan vanila bubuk. Aduk rata. Tambahkan kacang hijau yang sudah dicampur sebelumnya. Aduk hingga tercampur rata. Tuang adonan ke dalam loyang yang dialasi kertas roti atau bisa juga menggunakan loyang khusus kue. Taburkan keju parut secukupnya di atas adonan. Panggang dalam oven yang sudah dipanaskan sebelumnya dengan suhu 180 derajat selama kurang lebih 25-30 menit atau sampai matang. Keluarkan Kue Keju Kacang Hijau saya dari oven dan biarkan dingin sebelum dipotong-potong. 2. Resep saya untuk kue tanpa dipanggang 

Bahan-bahan:

– 250 gram tepung terigu

– 150 gram gula kastor

– 3 butir telur ayam

– 200 ml santan kental

– 1/2 sdt baking powder

– 1/2 sendok teh bubuk vanila

Cara menyiapkannya:  Siapkan panci dengan penutup yang rapat. Campur telur dan gula pasir dalam mangkuk, kocok hingga mengembang dan berwarna putih pucat. Tambahkan santan kental dan bubuk vanila ke dalam adonan lalu aduk rata. Ayak tepung terigu dan baking powder, masukkan ke dalam adonan perlahan lalu aduk perlahan hingga adonan tercampur rata. Panaskan penggorengan di atas kompor dengan api kecil, tuang adonan ke dalam wajan secara merata. Tutup rapat cetakan, panggang kue saya kurang lebih 30-40 menit. 3. Resep pai kentang kukus saya

Barang yang dibutuhkan:

– 200 gram tepung ketan

– 50 gram tepung beras

– 100 gram gula merah, serut

– 200 ml air matang

– 100 gram kentang kukus, kentang tumbuk

– Daun pisang secukupnya untuk pembungkus

Pembuatan: Campurkan tepung ketan, tepung beras, gula merah serut dan air matang dalam mangkuk. Aduk rata hingga adonan mengental. Panaskan kukusan, lalu ambil selembar daun pisang dan olesi dengan sedikit minyak. Ambil satu sendok makan campuran tepung ketan, ratakan dan letakkan isian kentang kukus ditengahnya. Lipat adonan pada sepertiga bagian atas, lalu lipat kembali bagian bawah hingga seluruh kentang tertutup rata. Bungkus kue dengan daun pisang, lalu kukus hingga matang, kurang lebih 30 menit. Keluarkan kue dari kukusan dan kue saya isi kentang kukus siap dihidangkan.

 

 

Bahan-bahan:

– 300 gram tepung beras

– 200 ml air matang

– 150 gram gula kastor

– 1 sendok teh ragi instan

– 1/2 sdt pasta vanila

– 100 gram kacang hijau, dimasak dan dihaluskan

Pembuatan: Campur tepung beras, gula kastor, ragi instan dan air matang dalam mangkuk. Aduk hingga tercampur rata dan tidak ada gumpalan yang tersisa. Tambahkan pasta vanila ke dalam campuran dan aduk lagi. Diamkan adonan selama kurang lebih 1 jam hingga mengembang. Panaskan kukusan dengan api sedang. Olesi loyang kue dengan sedikit minyak. Tuang adonan Kue Ku setengahnya ke dalam loyang. Tambahkan satu sendok teh kacang hijau tumbuk ke dalam campuran. Kukus kue selama 10-15 menit atau hingga matang. Setelah matang, angkat dan biarkan dingin sebentar. 5. Kueku berbentuk nanas

Bahan-bahan:

– 250 gram tepung terigu

– 125 gram margarin

– 75 gram gula halus

– 1 kuning telur

– 1/2 sendok teh vanila

– Warna kuning (opsional)

– Selai nanas atau selai strawberry (untuk isian)

– Gula pasir secukupnya (untuk taburan)

Cara membuatnya: Campurkan tepung terigu dan gula kastor dalam satu wadah. Aduk rata. Masukkan margarin dan kuning telur ke dalam adonan tepung. Blender hingga adonan lembut dan halus. Tambahkan vanilla dan pewarna kuning (jika menggunakan). Aduk rata. Ambil sedikit adonan lalu pipihkan. Isi dengan selai nanas atau selai strawberry. Bulatkan bagian atas adonan hingga membentuk bentuk nanas, lalu gunakan pisau untuk membuat kerucut pada bagian bawah adonan. Taburi permukaan kue nanas saya dengan icing sugar. Panggang dalam oven dengan suhu 160 derajat selama 20-25 menit atau sampai matang dan berwarna keemasan. Setelah dipanggang, biarkan kue saya yang berbentuk nanas dingin beberapa saat sebelum disajikan.

 

Bahan-bahan:

– 200 gram tepung ketan

– 150 gram air hangat

– 150 gram ubi jalar, dikukus dan dihaluskan

– 100 gram gula merah, serut halus

– 50 gram kelapa parut kasar, kukus sebentar

– Daun pisang secukupnya untuk pembungkus

Cara membuatnya: Campur tepung ketan dengan air hangat, aduk rata hingga menjadi adonan yang bisa digulung. Ambil sedikit campuran tepung ketan, haluskan dan tambahkan 1 sendok teh puree ubi jalar dan gula merah serut. Lipat adonan menjadi bentuk segitiga dan tekan kedua tepinya. Didihkan air dalam panci, lalu masukkan adonan kue dan rebus hingga mengalir. Angkat dan tiriskan kue yang sudah matang lalu gulingkan ke dalam kelapa parut yang sudah dikukus. Bungkus kue panggang saya dengan daun pisang dan sajikan. 7. Resep kue anggaran saya

Bahan-bahan:

– 250 gram tepung terigu

– 125 gram margarin

– 150 gram gula kastor

– 2 butir telur

– 1 sendok teh baking powder

– 1/2 sendok teh bubuk vanila

– 1/4 sendok teh garam

– 100 ml air matang

– Pewarna makanan secukupnya (opsional)

– Serpihan wijen secukupnya (opsional)

Cara Pembuatan: Pertama campurkan margarin dengan gula pasir lalu kocok hingga lembut dan tercampur rata. Tambahkan telur satu per satu sambil terus mengocok hingga adonan kental dan berwarna cerah. Masukkan tepung terigu, baking powder, vanili bubuk, garam dan air matang. Aduk rata hingga adonan halus terbentuk. Bagi adonan menjadi beberapa bagian sesuai warna yang diinginkan (jika menggunakan warna karamel). Aduk rata hingga warnanya tercampur rata. Panaskan loyang kue hingga sedikit berminyak. Tuang adonan ke dalam cetakan hingga penuh. Taburkan biji wijen di atas adonan (jika diinginkan) dan panggang dalam oven dengan suhu 180 derajat selama sekitar 20-25 menit atau sampai matang dan berwarna coklat. Keluarkan kue dari cetakan dan biarkan dingin beberapa saat sebelum disajikan.

 

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Fabio Quartararo Hadapi Tugas Berat Balikkan Keadaan di Dua Seri Pamungkas MotoGP 2022
Next post 7 Arti Mimpi Bertemu Orang yang Sudah Meninggal Menurut Primbon Jawa, Ada Rasa Khawatir