6 Negara Paling Pintar di Dunia Berdasarkan Skor PISA, Tetangga Indonesia Ini Juaranya

Read Time:2 Minute, 24 Second

JAKARTA – Ada banyak negara pintar di dunia berdasarkan skor PISA (Programme for International Student Assessment) tahun 2022. Negara manakah yang masuk dalam daftar negara terpintar di dunia?

Laporan dari akun Instagram berbahasa Inggris @kobieducation, artikel ini akan menampilkan 6 negara terpintar di dunia berdasarkan skor PISA tahun 2022, simak yuk!

6 Negara Terpintar di Dunia Menurut Skor PISA 20221. Singapura

Negara tetangga, Indonesia, menduduki peringkat 1 negara terpintar di dunia dengan skor PISA 2023 sebesar 559,7. Ada banyak faktor yang mempengaruhi Singapura menjadi negara terpintar nomor 1 di dunia. Singapura telah mengembangkan pendidikan formal dalam menuntut pengetahuan dan bidang fokus.

2. Jepang

Masih di Asia, Jepang menduduki peringkat kedua sebagai negara terpintar kedua di dunia. Jepang meraih skor PISA 2022 sebesar 533,0. Jepang dikenal sebagai negara dengan sistem pendidikan terbaik karena memiliki infrastruktur dan tenaga kependidikan yang profesional

3. Korea Selatan

Negara terpintar di dunia ketiga juga ada di benua Asia. Itu Korea Selatan. Skor PISA Korea Selatan tahun 2022 adalah 523,3. Siswa SMA di Korea Selatan yang ingin melanjutkan ke universitas terkenal sangat ambisius. Mereka dapat bersekolah selama 9 jam dan dilanjutkan dengan kelas tambahan. Jadi secara umum, pelajar di sana bisa menghabiskan waktu 14 jam untuk belajar dalam sehari

4. Hongkong

Hong Kong juga termasuk negara terpintar di dunia berdasarkan skor PISA 2022 Hong Kong PISA 2022 adalah 520,0. Sistem pendidikan Hong Kong tidak lepas dari keterampilan praktis, keterampilan interaksi, permasalahan sosial dan budaya serta penerapan pengetahuan pada aktivitas nyata yang penting di sekolah.

5. Kanada

Negara terpintar berikutnya adalah Kanada. Kanada tidak hanya fokus pada peningkatan pendidikan. Skor PISA Kanada tahun 2022 adalah 506,3. Pendidikan di Kanada juga bertujuan untuk mengembangkan keterampilan sosial, kreativitas, dan pemikiran kritis.

6. Irlandia

Negara terpintar berikutnya adalah Irlandia. Skor PISA Irlandia 2022 adalah 504,0. Irlandia berhasil mengurangi kesenjangan sosial ekonomi dalam pendidikan yang berdampak positif pada akses terhadap pendidikan berkualitas bagi seluruh warganya.

Apa itu PISA?

PISA atau Program for International Student Assessment yang berada di bawah naungan Organization for Co-operation and Development (OECD) merupakan kajian untuk mengevaluasi sistem pendidikan di lebih dari 70 negara di dunia, menurut House-The Work of the Business. dilaporkan oleh dunia. BSKAP Pendidikan dan Kebudayaan.

Menurut situs NCES, PISA merupakan penilaian internasional yang mengukur tiga bidang, yaitu membaca, matematika, dan sains. Penelitian ini dilakukan untuk siswa yang berusia 15 tahun dan dilakukan setiap 3 tahun sekali. PISA pertama kali dilakukan pada tahun 2000 dengan partisipasi dari 90 negara dan 3.000.000 siswa di seluruh dunia.

Tujuan PISA

Dikutip dari artikel PISA untuk Pelajar Indonesia karya Anni Mavisiul dkk, tujuan utama PISA adalah menilai tingkat pencapaian keterampilan siswa di negara-negara OECD dan negara mitra dalam bidang membaca, matematika, dan sains. Kekuatan ini dapat digunakan sebagai kontribusi kepada masyarakat.

PISA bertujuan untuk mengukur kesiapan hidup, keterampilan, tantangan hidup siswa, hal ini berbeda dengan tujuan penilaian lainnya. Dalam konteks ini, PISA digunakan untuk membandingkan kemampuan dan prestasi siswa.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Aktor Legendaris Tio Pakusadewo Jadi Pak RT Panutan di Series Kartu Keluarga
Next post Bingung Pilih Jurusan Kuliah? 12 Prodi Binus Ini Punya Akreditasi Unggul BAN PT