Seleksi CPNS Kemenkumham 2024, Ini Bocoran 10 Jurusan Paling Banyak Dibutuhkan

Read Time:2 Minute, 4 Second

JAKARTA – Berikut rilis 10 jurusan perguruan tinggi terpopuler Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia pada seleksi CPNS 2024. Pengumuman seleksi CPNS diperkirakan akan dibuka mulai 24 Juni hingga 13 Juli 2024, dengan pendaftaran dimulai pada Juni 29. – 22 Juli 2024.

Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkusham) hingga saat ini belum merilis rincian pembentukan CPNS tahun 2024, namun belum mengumumkan kuotanya. Seleksi CPNS Kemenkum HAM 2024 terbuka bagi lulusan baru.

Tahun ini, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia akan membuka rekrutmen CPNS bagi lulusan SMP, SMK, D3, S1, dan S2. Lantas, jurusan apa saja yang paling dibutuhkan CPNS lulusan Kemenkumham di tahun 2024? Mari kita rangkum data pendapatan tahun 2023. Artikel ini akan memberi Anda gambaran bukan?

10 Rektor Perguruan Tinggi Wajib Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara Kemenkusham Tahun 2024

1. Hukum

Profesi hukum pasti dibutuhkan di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Lulusan departemen ini akan dipekerjakan pada posisi khusus Pratama dengan spesifikasi substansial. Misalnya, ahli analisis hukum nomor satu, atau ahli analisis anggaran nomor satu.

2. Keperawatan

Pada tahun 2021, selama seleksi CPNS Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia masih dibuka, maka akan banyak tempat di Jurusan Keperawatan. Itu berarti 180 orang untuk mengisi posisi perawat terampil.

3. Akuntansi

Mahasiswa Akuntansi banyak diminati untuk beberapa posisi CPNS di Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia pada jenjang D3 dan S1.

4. Rekayasa Informasi

Lulusan Departemen Teknik Informatika atau jurusan terkait juga berpeluang menjadi CPNS. Sebab, lulusan tersebut akan ditempatkan pada posisi spesialis pertama di bidang personalia komputer.

Baca Juga: Ingin Berkarir di Aparatur Sipil Negara, Berikut Dua Sekolah Resmi Milik Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia

5. Manajemen

Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia juga perlu menyeleksi sejumlah lulusan sarjana manajemen mulai tahun 2021.

6. Psikologi

Melalui seleksi ini juga dibuka Jurusan Psikologi dan menduduki jabatan spesialis pertama dalam kepemimpinan masyarakat.

7. Ilmu Komunikasi

Untuk persiapan CPNS 2024, Departemen Sosial Humaniora atau Sosial juga menjadi salah satu departemen yang diminta oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Departemen ini dibuka tidak hanya di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia tetapi juga di hampir banyak instansi pemerintah.

8. Administrasi Publik

Fokus utamanya adalah pada kebijakan publik, administrasi publik, manajemen pembangunan dan etika dalam penyelenggaraan negara. Karena itu merupakan kebutuhan utama banyak instansi pemerintah.

9. Ekonomi

Meskipun Kementerian bergerak di bidang hukum dan hak asasi manusia, namun mahasiswa ekonomi tetap perlu mengelola anggaran Kementerian agar dapat berfungsi dengan baik.

10. Ilmu Pemerintahan

Ilmu Pemerintahan merupakan salah satu profesi yang masih banyak diminati sebagai CPNS, tidak hanya di Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia tetapi juga di instansi lain.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post BMKG Observasi Hilal Penentu Bulan Hijriyah di 32 Lokasi 
Next post Peran Penting Guru BK Cegah 3 Dosa di Dunia Pendidikan