PPM Manajemen Hadirkan Strategic Workforce Planning, Ini Urgensi dan Manfaatnya

Read Time:1 Minute, 21 Second

JAKARTA – Kabar baik bagi perusahaan yang ingin meningkatkan efisiensi dan efektivitas operasional perusahaannya. Manajemen PPM menawarkan solusi khusus dalam bentuk Perencanaan Tenaga Kerja Strategis (SWP) melalui Divisi Riset dan Konsultasinya.

“SWP merupakan sistem komprehensif yang memungkinkan perusahaan memprediksi kebutuhan tenaga kerja di masa depan dan merencanakan sumber daya manusia sesuai dengan tujuan bisnis jangka panjang,” Alphieza Syam, Head of Research and Consulting PPM Management, kepada pers, Selasa (25/6). . / 3024).

Alphieza menjelaskan SWP merupakan suatu proses sistematis yang memastikan bahwa organisasi memiliki staf yang tepat dengan keterampilan dan kemampuan yang tepat, tersedia pada waktu yang tepat untuk mencapai tujuan strategis perusahaan.

“SWP melibatkan identifikasi kebutuhan tenaga kerja di masa depan, menganalisis kesenjangan antara kondisi saat ini dan kebutuhan masa depan, dan mengembangkan strategi untuk menutup kesenjangan tersebut,” kata Alphieza.

SWP pada dasarnya diterapkan di perusahaan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas operasional perusahaan. Beberapa manfaat utama SWP antara lain peningkatan produktivitas: Menyelaraskan kemampuan tenaga kerja dengan tujuan bisnis, cepat beradaptasi terhadap perubahan pasar, memungkinkan perusahaan merespons dinamika pasar dengan cepat.

“Dengan perencanaan tenaga kerja yang strategis, perusahaan dapat mengurangi risiko kekurangan atau kelebihan staf dengan memastikan ketersediaan pekerja terampil yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan bisnis,” tambahnya.

Proses SWP melibatkan berbagai aspek perusahaan, mulai dari sumber daya manusia dan pimpinan unit bisnis hingga manajemen senior.

Alphieza menekankan pentingnya kolaborasi lintas fungsi atau unit kerja untuk memastikan pemahaman menyeluruh terhadap kebutuhan tenaga kerja dan strategi yang dikembangkan sejalan dengan tujuan bisnis perusahaan.

“Perencanaan tenaga kerja yang strategis adalah kunci untuk menjaga daya saing perusahaan. Dengan bantuan Manajemen PPM, perusahaan dapat memanfaatkan keahlian dan pengalaman kami dalam perancangan dan penerapan SWP yang efektif,” jelasnya.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Unilever Indonesia Siapkan Belanja Modal hingga Rp 965 Miliar pada 2024
Next post Kericuhan Pecah usai Laga Uruguay vs Kolombia di Copa America 2024, Bintang Liverpool Kena Hantam Fans