Praktik Jasa Pemalsuan Pelat Nomor Khusus ‘ZZ’ dan STNK Tarifnya Rp55-100 Juta

Read Time:1 Minute, 59 Second

Jakarta, 3 Mei 2024 – Direktur Registrasi dan Identifikasi Polri Brigjen Pol Yusri Yunus membeberkan praktik pemalsuan pelat ZZ kendaraan khusus dan STNK palsu. Dimana biaya jasa produksinya mencapai Rp 100 juta.

Dia memindahkannya ke tahun 2024. Pertemuan Pusat Koordinasi Teknis Gabungan (Puspom) Polisi Militer dan Direktorat Profesi dan Keamanan (Propam) (Rakornis) Polri di Mabes TNI di Cilangkap, Jakarta.

Lalu Lintas Nasional memang telah mengubah kode plat khusus dari RF dan QH menjadi ZZ. Perubahan ini dilakukan untuk meningkatkan transparansi dan akuntabilitas penggunaan pelat nomor khusus.

Yusri mengatakan, pelat ZZ pun tak luput dari aturan aneh, kecuali jika kendaraan didampingi polisi atau polisi militer. Ia juga menjelaskan, penggunaan pelat khusus pada kendaraan dinas dengan kode ZZ saat ini dibatasi.

Dimana hanya petugas TNI, Polri, Kementerian/Lembaga yang dipersenjatai Eselon I dan II serta satu kendaraan dinas per petugas. Polisi juga punya teknologi untuk mengetahui plat nomor itu asli atau palsu.

Teknologi tersebut dinamakan Radio Frequency Identification (RFID) yang dipasang di tempat-tempat tersembunyi pada pelat nomor khusus kendaraan dinas.  Ia mengatakan RFID dirancang sebagai stiker yang ditempel di tempat tersembunyi tanpa sepengetahuan pemilik mobil. 

“Kami memiliki peralatan untuk patroli luar ruangan. Tarik saja nomor tersebut, periksa, tidak ditemukan (di database). Dan alat palsu. Jika diketahui, itu berbahaya. “Dia coba sobek karena kalau ditempel stiker itu akan sobek, hancur,” kata Yusri, dilansir robbanipress.co.id Otomotif, 2024, Jumat, 3 Mei.

Ia meyakini kehadiran stiker RFID juga menjadi penyebab banyak warga yang kedapatan menggunakan nomor kendaraan dinas palsu. Oleh karena itu, Yusri berjanji kepada Puspom TNI untuk menyediakan beberapa pembaca stiker RFID agar dapat dengan cepat mendeteksi pengemudi yang menggunakan kendaraan dengan nomor dinas TNI palsu.

Selain itu, Polri tidak hanya bisa mengecek langsung pelat nomornya, tapi juga mendeteksi pengemudi yang menggunakan STNK khusus palsu. Seperti B 1344 ZZH yang digunakan mobil Land Rover, meski aslinya bercokol di sepeda motor Yamaha Mio.

“(Plat) 1344 ini palsu. Ini STNKnya. Ini adalah STNK palsu. Sobat tahu berapa STNK dan nomor yang terjual? Yang termurah – 55 juta. Rp, paling mahal – 100 juta. Berlaku selama satu tahun. Yang pakai mobil, harga mobilnya 5 Miliar. Rp. Land Rover baru, kata Yusri.

Ia melanjutkan bisnis pemalsuan plat khusus dan STNK yang banyak ditemukan di banyak kantor pelayanan. Para pemalsu menilai cukup dengan mengganti nomor plat dan menghilangkan beberapa bagian STNK dengan bahan kimia. Ratusan tentara Australia menuju Kota Pahlawan, program latihan Perisai Super Garuda akan segera dimulai. 23 Agustus

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Keutamaan Baca Basmallah 21 Kali Sebelum Tidur, Ampuh Lindungi Kamu dari Gangguan Setan dan Maling di Malam Hari
Next post Kolaborasi Terbuka hingga Inovasi, Kunci Samsung Hadirkan Galaxy AI di 200 Juta Perangkat hingga 2024