Obat Imunoterapi Kanker Paru-paru Serplulimab Diluncurkan di Indonesia

Read Time:2 Minute, 26 Second

robbanipress.co.id, Jakarta – PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) melalui anak usahanya PT Kalbe Genexine Biologics (KGbio) dan PT Global Oncolab Farma (GOF) meluncurkan obat Serplulimab. Langkah ini dilakukan untuk memperluas akses layanan kesehatan bagi para pejuang kanker dan meningkatkan inovasi dalam pengembangan imunoterapi kanker di Indonesia.

Ketua Perhimpunan Dokter Hematologi Onkologi Penyakit Dalam Indonesia (PERHOMPEDIN), Dr. Tubagus Djumhana Atmakusuma SpPD KHOM menjelaskan, kanker merupakan masalah kesehatan terbesar dan penyebab kematian terbesar kedua setelah penyakit kardiovaskular. Menurut data GLOBOCAN pada tahun 2022, setiap tahunnya akan terdapat sekitar 408 ribu kasus baru kanker dengan angka kematian sebesar 243 ribu.

Tubagus juga mencatat, kanker paru-paru merupakan jenis kanker ketiga yang paling umum terjadi dan lebih dari 50 persen pasien yang terdiagnosis kanker paru-paru memiliki angka kematian dalam satu tahun setelah diagnosis dan angka harapan hidup hanya 17,8 persen.

Oleh karena itu, penanganan kasus kanker paru memerlukan pendekatan yang komprehensif, ujarnya dalam acara peluncuran Serplulimab, Sabtu, 9 Maret 2024. Peluncuran tersebut merupakan hasil kerja sama dengan Shanghai Henlius Biotech Inc. Hal itu dilakukan setelah Kalb mendapat izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan Indonesia (BPOM RI) pada Desember 2023.

Sementara itu, Dokter Hematologi Onkologi Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Dr. Andhika Rachman SpPD-KHOM menambahkan, kanker paru-paru sering kali didiagnosis di rumah sakit pada stadium lanjut ketika pilihan pengobatan terbatas.

 

 

Kasus kanker paru-paru sel kecil mencakup 14 persen dari seluruh kasus kanker paru-paru. Penyakit ini terdiagnosis pada 250 ribu pasien dan hingga 80 persennya tidak dapat bertahan hidup.

“Terapi kanker ada banyak jenisnya, seperti kemoterapi, radiasi, pembedahan, imunoterapi. Berdasarkan pengalaman dan data klinis yang dipublikasikan, penggunaan obat imunoterapi seperti Serplulimab dapat menjadi pilihan dalam penanganan kasus kanker paru-paru. kanker stadium lanjut,” ujarnya.

Serplulimab adalah produk imunoterapi inovatif yang dikombinasikan dengan kemoterapi untuk pengobatan kanker paru-paru sel kecil (ES-SCLC). Kalbe merupakan perusahaan farmasi dalam negeri pertama dan satu-satunya yang memasarkan produk imunoterapi inovatif.

Presiden dan CEO Kalbe KGbio, Sie Djohan menyatakan, hal ini merupakan bukti komitmen perusahaannya dalam memperluas akses layanan kesehatan bagi pasien kanker paru. Serta membantu menciptakan ekosistem layanan kesehatan yang terintegrasi dengan rumah sakit, tenaga kesehatan, asosiasi layanan kesehatan, pasien, dan otoritas terkait.

 

Inisiatif Kalbe dalam mendukung penanganan kanker diperkuat dengan hadirnya ekosistem layanan kesehatan terintegrasi ONE Onco. Presiden GOF Liliana Susilowati mengatakan pengobatan imunoterapi seperti Serplulimab bisa menjadi pilihan untuk menangani kasus kanker paru-paru non-sel kecil.

Inisiatif Kalbe dalam mendukung penanganan kanker diperkuat dengan hadirnya ekosistem layanan kesehatan terintegrasi ONE Onco. ONE Onco menawarkan solusi komprehensif bagi pasien kanker, mulai dari terapi medis, deteksi dini, direktori layanan, konsultasi online, belanja sehat, dan terapi suportif seperti nutrisi.

Ke depan, Kalbe, KGbio dan Henlius akan memperluas izin pengembangan dan komersialisasi eksklusif di Asia Tenggara, Timur Tengah, dan Afrika Utara. Melalui kemitraan strategis ini, kata Djohan, pihaknya ingin memanfaatkan sumber daya dan keunggulan masing-masing untuk membuka akses obat-obatan inovatif bagi pasien di negara-negara tersebut.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post
Next post Hasil Euro 2024: 2 Gol Lukaku Dianulir, Belgia Tumbang Lawan Slovakia