3 Cara Mencairkan Ayam Beku dengan Cepat dan Aman, Masak Jadi Sat Set

Read Time:3 Minute, 3 Second

robbanipress.co.id, Jakarta – Pernahkah Anda mengalami situasi dimana ingin memasak ayam namun ayamnya masih beku? Tenang, Anda tidak sendirian. Banyak orang sering menghadapi situasi ini. Untungnya, ada banyak cara mudah dan aman untuk mencairkan ayam beku agar makanan Anda tetap lezat.

Sebelum memilih metode pencairan es, penting untuk mempertimbangkan keamanan pangan. Salmonella merupakan bakteri yang harus diwaspadai, dan USDA (United States Department of Agriculture) memperkirakan sekitar 4% ayam di supermarket terkontaminasi bakteri ini.

Meskipun kemasan ayam yang kedap udara tampak aman dari kontaminasi silang, hal ini tidak selalu terjadi. Bungkus plastiknya mungkin berlubang kecil atau mungkin masih terdapat cairan dari bungkus ayam lainnya.

Kontaminasi ini sulit dilihat, terutama bila daging dibekukan. Itu sebabnya Steinberg, seorang pakar kesehatan, menyarankan untuk selalu berhati-hati.

“Pastikan Anda membersihkan semua permukaan yang bersentuhan dengan daging mentah, seperti talenan atau wastafel.”

Untuk meningkatkan keamanan pangan, Steinberg merekomendasikan penggunaan papan khusus dengan warna berbeda untuk memotong daging mentah. Dan jangan lupa untuk selalu mencuci tangan setelah memegang daging mentah.

Berikut tiga cara cepat dan aman untuk mencairkan ayam, menurut Delish.

Jika Anda ingin ayam Anda tidak beku, cara terbaik adalah menggunakan air dingin yang mengalir. Merendam ayam dalam semangkuk air tidak akan optimal karena ayam dapat menurunkan suhu air dan memperlambat proses pencairan.

Air menghantarkan panas jauh lebih efisien. Pastikan airnya mengalir ya.

Anda mungkin mengira air panas akan bekerja lebih cepat. Namun anggapan ini tidaklah benar. Air dingin tetap lebih hangat dibandingkan ayam beku, jadi suhu air tidak banyak berpengaruh pada waktu pencairan. Faktanya, air panas dapat membahayakan keamanan pangan.

“Mencairkan ayam dalam air hangat atau panas dapat menyebabkan bagian luar daging memasuki zona bahaya suhu sementara bagian tengahnya masih beku,” jelas Steinberg.

Oleh karena itu, cara ideal untuk mencairkan ayam dengan cepat adalah dengan memasukkan bungkusan ayam ke dalam mangkuk dan menuangkan air dingin ke atasnya. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mencairkan ayam beku?

Waktu pencairan es tergantung pada potongan ayam, tetapi biasanya hanya membutuhkan waktu 15 menit.

Mencairkan ayam di lemari es adalah salah satu metode yang paling konsisten, namun memerlukan perencanaan yang matang. Karena suhu di dalam lemari es selalu di bawah 5 derajat Celcius, ayam beku dapat mencair secara perlahan tanpa memasuki “zona bahaya” suhu tempat bakteri dapat berkembang biak.

Itu sebabnya Steinberg menyatakan bahwa metode ini adalah satu-satunya metode yang disetujui oleh USDA yang memungkinkan daging dibekukan kembali.

“Jika Anda memutuskan untuk tidak memasak ayamnya atau ingin menggunakan sebagian saja, Anda bisa memasukkannya kembali ke dalam freezer,” jelasnya.

Namun perlu diingat bahwa ayam yang sudah dicairkan selama dua hari harus segera dimasak.

Ada beberapa tindakan pencegahan keselamatan khusus yang perlu diingat ketika memilih metode pendinginan. Selain menyimpan daging dalam wadah, sebaiknya juga diletakkan di rak paling bawah lemari es.

Tujuannya agar air yang menetes dari ayam tidak mengkontaminasi makanan siap saji lainnya.

Steinberg juga menyarankan untuk memindahkan ayam ke bagian terdalam lemari es. “Suhu di sana lebih konsisten dibandingkan di dekat pintu,” katanya.

Metode pencairan es terakhir yang disetujui USDA adalah dengan menggunakan pengaturan pencairan gelombang mikro. Cara ini lebih cepat dibandingkan mencairkan es di lemari es, namun sebaiknya gunakan cara ini hanya jika tidak ada pilihan lain.

Steinberg menjelaskan bahwa metode ini memiliki fleksibilitas paling sedikit dalam hal penjadwalan. “Ayam harus segera dimasak setelah dicairkan,” jelasnya.

“Anda tidak bisa mencairkannya dan kemudian memutuskan untuk memasaknya dua jam kemudian.”

Selain keterbatasan waktu, alasan utama mengapa mencairkan ayam dalam microwave bukanlah solusi pertama adalah karena metode ini tidak seragam. Microwave cenderung mencairkan bagian luar daging lebih cepat, sedangkan bagian tengahnya masih beku.

Meskipun cara ini aman dan cepat, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Teknik ini cocok jika ayam Anda akan dimasak dengan cara disuwir atau direbus dengan kuah yang banyak.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Pagelaran Maha Wasundari Buka Festival Indonesia Bertutur Kemendikbudristek 2024
Next post Agensi Pilih Diam soal Unggahan Insta Story Hyeri, Warganet: Definisi Diam Itu Emas