Agussani Kembali Dilantik Sebagai Rektor UMSU, Ini Pesan Ketum PP Muhammadiyah

Read Time:3 Minute, 4 Second

robbanipress.co.id – Prof. dr. Agussani kembali diangkat menjadi Rektor UMSU periode 2024-2026. Pelantikan dilakukan langsung oleh pimpinan pusat Muhammadiyah yang berlangsung di auditorium kampus UMSU, Jalan Kapten Mukhtar Basri Medan, pada Sabtu, 18 Mei 2024.

Selain penunjukan Agussani, Pimpinan Pusat juga mengukuhkan panitia penerimaan dan pelaksanaan KTT Muhammadiyah-Aisyiyah ke-49 tahun 2027 yang akan digelar di Sumut.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan penuh hikmah, ditandai dengan pembacaan SK PP Muhammadiyah pengangkatan Rektor UMSU oleh Sekretaris PP Muhammadiyah, H. Muhammad Izzul Muslimin. 

Usai itu, Agussani membacakan sumpah perdananya di hadapan Wakil Ketua Bidang Litbang PP Muhammadiyah Achmad Jainuri. Sementara itu, pembukaan Panitia Muktamar diawali dengan pembacaan SK PP Muhammadiyah terkait Resepsi dan Penyelenggaraan Muktamar ke-49 yang dibacakan oleh Agung Danarto. 

Dalam tata tertib yang dibacakan tersebut, PP Muhammadiyah menetapkan Presiden PW Muhammadiyah Sumut Hasyimsyah Nasution sebagai penanggung jawab, Rektor UMSU Agussani sebagai Presiden, Irwansyah sebagai Sekretaris, dan Akrim sebagai Bendahara Panitia KTT Muhammadiyah-Aisyiyah ke-49.

Turut hadir pula Ketua Umum PP Muhammadiyah Jenderal Haedar Nashir bersama Anggota PP Muhammadiyah Irwan Akib, Muhammad Sayuti, Ketua PW Muhammadiyah Hasyimsyah Nasution, Ketua PW Sumut Aisyiyah Nur Rahmah Amini, PDM, Pimpinan PDA se-Sumut, Pimpinan Cabang dan Cabang.

Pada kesempatan tersebut, Ketua Umum PP Muhammadiyah Prof. dr. H. Haedar Nashir, MSi mengucapkan selamat kepada Rektor UMSU Agussani dan Muhammadiyah Sumut yang mendapat amanah dan kepercayaan. 

“Saya atas nama pimpinan pusat Muhammadiyah mengucapkan selamat kepada Rektor Prof Agussani dan panitia muktamar. yakin UMSU dan Muhammadiyah Sumut akan terus maju, kata Haedar.

Sebelum menghadiri Upacara Pelantikan Rektor UMSU, Haedar Nashir bersama anggota PP Muhammadiyah mengunjungi lokasi Kampus Terpadu UMSU yang juga menjadi lokasi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Muhammadiyah-Aisyiyah ke-49.  

Haedar Nashir menyampaikan keyakinannya bahwa kinerja Kongres ke-49 akan lebih baik dibandingkan Kongres sebelumnya.  PP Muhammadiyah memberikan kepercayaan kepada penyelenggara final karena mengetahui betul tidak hanya kemampuannya tetapi juga potensi besar yang dibutuhkan oleh Muhammadiyah Sumut dan seluruh lembaga amal termasuk UMSU untuk melaksanakan upacara musyawarah tertinggi di era baru.

Makanya kami percaya diri, apalagi hari ini anggota PDM dari seluruh Sumut hadir, kata Haedar.

Haedar Nashir pun mengamini dan mendukung semangat yang diungkapkan Rektor UMSU dan Presiden PW Muhammadiyah demi kemajuan UMSU menjadi lebih baik dan maju menuju kampus kelas dunia.

Begitu pula ketika Aisyiyah siap menjadi anggota panitia kongres, ia ingin menjadikan Muhammadiyah dan Aisyiyah internasional. Menurut Haedar Nashir, potensi besar dan usaha bersama ini bukanlah sebuah utopia, karena Muhammadiyah secara keseluruhan telah memiliki tapak dan potensi permodalan dalam perjalanannya selama lebih dari satu abad.

Haedar Nashir berpesan kepada masyarakat untuk terus melanjutkan pembentukan sayap gerakan tersebut mengingat perubahan dan beban masyarakat yang terjadi saat ini. Selain itu, beliau mengingatkan kita untuk melakukan transformasi pada aspek kepemimpinan yang tidak lagi bersifat formalistik namun lebih bersifat kepemimpinan gerakan sehingga kita bisa melihat apa yang terjadi di lapangan.

Sementara itu, Agussani mengucapkan terima kasih kepada PP Muhammadiyah atas kepercayaan yang diberikan. Pembangunan kampus terpadu UMSU di Sampali, sekaligus lokasi Konferensi Tingkat Tinggi Muhammadiyah-Aisyiyah ke-49 di Sumatera Utara, menjadi penting dalam rencana UMSU menjadi kampus universitas berbasis riset dan inovatif berkelas dunia. Kini UMSU sedang berusaha masuk ke QS Star World Ranking. 

Agussani, mengatakan Kongres Sumut Tahun 2027 akan meningkatkan adrenalin UMSU menuju kampus global, karena Kongres tidak hanya bergema di tingkat nasional tetapi juga internasional. 

“Saya berharap sinergi antara badan amal usaha dan asosiasi yang ada semakin meningkat sesuai dengan amanah PP Muhammadiyah,” kata Agussani.

Ketua PW Muhammadiyah Sumut, Hasyimsyah Nasution menyampaikan komitmennya kepada PP Muhammadiyah bahwa Muhammadiyah Sumut siap menyelenggarakan muktamar yang lebih baik dari sebelumnya.

Baca artikel edukasi menarik lainnya di link ini. Universitas Jambi selenggarakan wisuda ke 110, Ini harapan rektor, Universitas Jambi selenggarakan wisuda, Ini harapan rektor. robbanipress.co.id.co.id 24 Agustus 2024

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Raih Muadalah, Santri Pesantren Diniyyah Puteri Padang Panjang Bisa Kuliah di Al Azhar Tanpa Tes
Next post Hyundai Siapkan 2 Mobil Baru di IIMS 2024