Thomas Djiwandono Resmi Dilantik Jadi Wamenkeu, Lulusan Sejarah yang Pernah jadi Wartawan

Read Time:1 Minute, 43 Second

robbanipress.co.id, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Kamis (18 Juli 2024) resmi melantik Thomas Giwandono sebagai Wakil Menteri Keuangan (Wamenkau) II di Istana Negara, Jakarta. Pelantikan tersebut berdasarkan Keputusan Presiden (CAPERS) Nomor 45/M Tahun 2024 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Wakil Menteri Negara pada Kabinet Indonesia Bersatu Periode 2019-2024.

 

Jokowi mendukung Thomas Giwandono dilantik.

Thomas mengatakan kepada Jokowi, “Saya bersumpah akan setia pada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan akan menjalankan segala ketentuan hukum semaksimal mungkin demi kepentingan pengabdian saya kepada bangsa dan negara.” Lebih lanjut beliau mengatakan, “Dalam melaksanakan tugas, saya akan menjaga etika kedinasan dan bekerja dengan kemampuan terbaik serta penuh rasa tanggung jawab.”

Dikutip dari situs resmi Gerindra, Kamis (18 Juli 2024): Thomas M. Giwandono atau biasa disapa Tommy lahir pada 7 Mei 1972 di Jakarta.  Tommy Soedrajad merupakan anak pertama dari Jiwandono dan Biantiningsih Miderawati.

Beliau merupakan lulusan SMP Kanisius Menteng, Jakarta. Tommy menempuh pendidikan tinggi bidang Sejarah di Haverford College di Pennsylvania, AS.

Beliau kemudian menyelesaikan gelar master dalam bidang hubungan internasional dan ekonomi internasional dari Johns Hopkins University School of Advanced International Studies, Washington, AS.

Tommy memulai karirnya dengan magang di Majalah Tempo pada tahun 1993 dan Indonesia Business Weekly pada tahun berikutnya.

Selain itu, Tommy juga pernah bekerja sebagai Analis Keuangan di Whitlock NatWest Securities, Hong Kong.

Kemudian pada tahun 2006, karirnya semakin menanjak ketika pamannya Hashim memintanya untuk membantu di Arsari Group dan dia menjabat sebagai Deputy CEO Arsari Group, sebuah perusahaan agribisnis.

Sementara itu, Tommy terjun ke dunia politik di Partai Gerindra dan mencalonkan diri sebagai calon anggota parlemen Provinsi Kalimantan Barat. 

Kini Tommy Gerindra menjabat Bendahara Umum partai dan pengendali keuangan partai yang didirikan pamannya, Prabowo Subianto.

Pada Pilpres 2014 dengan pencalonan Prabowo-Hatta saat itu, Tommy berperan penting dalam koalisi Merah Putih (KMP) karena alasan logistik. 

Berkat kinerja Tommy yang sangat baik, Partai Gerindra bisa berbangga hati dengan meraih peringkat terbaik sebagai parpol dengan laporan keuangan paling transparan. Partai Gerindra juga mendapat penghargaan dari Transparency International Indonesia dan Indonesia Corruption Watch, tulis Gerindra. – Pesta di profil Tommy.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Hasil Liga 1 2024-2025 Persib Vs PSBS Biak: David Da Silva Menggila!
Next post Detik-detik Mobil Nyaris Tersambar Petir di Jalan Tol MBZ