Museum Nasional Indonesia: Proses Evakuasi Koleksi Berjalan Baik, Pemulihan Jadi Prioritas Utama

Read Time:1 Minute, 16 Second

JAKARTA – Mulai Senin, 18 September 2023 hingga saat ini, Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) yang tergabung dalam Panitia Khusus penanganan Divisi Museum Nasional Indonesia (MNI) sedang melaksanakan proses tim pengelolaan dan penanganan koleksi. Mengumpulkan data dan kumpulan bahan sejarah yang terkena dampak kebakaran yang terjadi beberapa hari yang lalu.

Ratusan koleksi benda bersejarah telah berhasil dievakuasi ke cache dan sedang dinilai tingkat kerusakannya.

“Di antara benda-benda bersejarah yang terkena dampak, koleksi yang berhasil dievakuasi dan diperiksa pada hari Selasa, kami melakukan kegiatan seperti mengidentifikasi, menganalisis, membersihkan, dan menangani tingkat kerusakan. Beberapa koleksi yang ditemukan masih utuh dan dapat segera diambil. teridentifikasi,” kata Plt Kepala Museum dan Warisan Budaya (MCB). Ahmed Mahendra dalam keterangannya, Rabu, 20 September 2023.

Dalam rangka pemugaran, panitia khusus pengelola Divisi Museum Nasional Indonesia (MNI) akan berkumpul dan melibatkan konservator, arkeolog, antropolog, sejarawan budaya, kurator, dan akademisi untuk menyusun rencana pemugaran MNI ke depan.

Tujuan utama kerja sama ini adalah untuk melindungi koleksi benda-benda bersejarah yang terdapat di seluruh museum dan situs warisan budaya di Indonesia serta meningkatkan sistem konservasi.

Pansus telah membuka komunikasi dengan berbagai pihak untuk melakukan penyelamatan, termasuk mitra dari luar negeri.

Berdasarkan pengalaman ahli lokal pasca kebakaran Notre-Dame di Paris pada tahun 2019, kami berbicara dengan pemerintah Prancis. Kami berdiskusi dengan pemerintah Belanda berbagai aspek pemulihan. Pembangunan gedung cagar budaya dan pengelolaan koleksinya, kata Mahendra. Memperkuat Agenda Pembangunan Prabowo-Gibron Paket Kebijakan IBC menyajikan rekomendasi. Buku ini mengidentifikasi beberapa tantangan utama yang perlu diatasi oleh pemerintahan Prabowo-Gibron. robbanipress.co.id.co.id 30 Agustus 2024

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Geely Kenalkan Baterai Mobil Listrik yang Bisa Bertahan 50 Tahun
Next post BCA Kantongi Laba Bersih Rp 12,9 Triliun pada Kuartal I 2024