Amalan Ringan Namun Pahala Besar di Bulan Ramadhan Menurut Syaikh Ali Jum’ah

Read Time:1 Minute, 43 Second

robbanipress.co.id – Bulan Ramadhan merupakan momen yang sangat istimewa bagi umat Islam karena membawa banyak manfaat seperti melipatgandakan pahala, menghalangi setan, membuka pintu surga, malam lebih baik dari seribu bulan.

Selama bulan Ramadhan, umat Islam berusaha untuk melakukan berbagai amalan sunnah dan memperbanyak amal shaleh seperti shalat Tahajjud, membaca Al-Quran dan bersedekah.

Namun bagaimana dengan orang yang tidak bisa melakukan itu semua karena tidak punya waktu atau sibuk dengan permasalahan hidup? Ulama yang pernah menjabat sebagai Grand Mufti Mesir, Syekh Ali Juma, menggambarkan suatu amalan yang sederhana dan mudah namun pahalanya besar jika dilakukan di bulan Ramadhan.

Syekh Ali Juma menggambarkan praktik ini sebagai jawaban atas pertanyaan seorang pria. Pria tersebut bersedih karena setelah mempunyai anak, ia tidak bisa lagi menunaikan ibadah Sunnah yang ia lakukan pada setiap puasa, dan hanya bisa menunaikan ibadah wajib.

Menurut Syekh Ali Juma, mendidik anak adalah ibadah dan pahala yang besar. Lalu olahraga spesifik apa saja yang bisa dilakukan saat berpuasa? Menurut Syekh Ali Juma, ini adalah dzikir.

Syekh Ali Juma berkata: “Allah telah mengajari kita berdzikir. Dan Dia mengajari kita sepuluh kalimat baik yang patut kita baca.”

Kata atau zikirnya adalah “Maha Suci Allah, Segala Puji bagi Allah, La ilaha ila Allah, Allah Akbar, La ilaha ila Allah wil la qawata ila balalah”.

Kelima kalimat tersebut membentuk al-Baqayat al-Shalahat yang disebutkan dalam surat Al-Kahfi ayat 46.

Artinya: Harta dan anak-anak adalah permata kehidupan dunia, namun kekal dan amal shaleh adalah pahala dan harapan terbaik dari Tuhanmu.

Selain itu Syekh Ali Juma juga pernah mengatakan bahwa ada dua kalimat yang mudah diucapkan namun pahalanya besar, seperti “Maha Suci Allah, Maha Suci Allah, Maha Suci Allah”.

Selebihnya adalah: “Astagfirullah, Anna Allah wa Anna Alaihi Rajiun, Hasbna Allah wa Namal Naib, Percaya kepada Allah dan shalawat serta salam atas Rasulullah SAW.”

Itulah sepuluh kalimat baik yang ringan di lidah, ringan di hati manusia, namun menurut Syekh Ali Jumaat, beratnya seperti sedekah (meja). 5 Keutamaan Sadaqah Subuh dan Cara Membayarnya Sadaqah Subuh adalah amalan yang dilakukan pada pagi hari yaitu sebelum matahari terbit. robbanipress.co.id.co.id 27 Agustus 2024

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Catat Tips Live Shopping supaya Ramai Penonton Berujung Cuan
Next post Kota Ini Dijuluki Al-Ghanna, Padahal Daerah Padang Pasir