5 Faktor yang Bikin Pneumonia Jadi Penyakit Paling Banyak Diidap Jemaah Haji

Read Time:1 Minute, 53 Second

robbanipress.co.id Kepala Seksi Kesehatan Makkah Daker Nurul Jamal Jakarta mengatakan, penyakit pneumonia merupakan penyakit yang paling banyak dialami jamaah saat ini.

Saat ini masih ada tiga kasus terbanyak yaitu pneumonia, jantung, dan diabetes, kata Jamal di Mekkah, dilansir Antara.

Terkait banyaknya ditemukan kasus pneumonia pada jamaah haji pada tahun 2024, dokter yang juga merupakan tenaga medis jemaah haji tahun 2008 dan 2010, Dicky Budiman, mengatakan ada beberapa faktor yang membuat jamaah mudah terkena pneumonia.

1. Penyebab yang mudah menular

Pneumonia adalah suatu peradangan pada paru-paru yang disebabkan oleh infeksi yang disebabkan oleh virus, bakteri, jamur, atau yang lainnya. Tingginya kepadatan jamaah haji di sana mempercepat penularan pneumonia.

2. Jemaah lanjut usia rentan tertular penyakit

Jemaah haji asal Indonesia sebagian besar sudah lanjut usia dan juga memiliki penyakit penyerta. Kondisi fisik ini membuat kita lebih rentan tertular, kata Dicky melalui pesan suara yang diperoleh robbanipress.co.id.

3. Anda mengalami infeksi saluran pernafasan

Kondisi tubuh jemaah haji yang terjangkit penyakit pernafasan seperti COVID-19 lebih mudah tertular penyakit lain karena sistem pertahanan tubuhnya terganggu, kata Dicky.

4. Lingkungan bising dan panas

Tanah Suci kini menjadi “rumah” bagi jutaan orang dari berbagai negara yang memiliki masalah kesehatan. Kondisi yang padat, panas, dan terkadang tidak sehat menciptakan kondisi ideal bagi penyebaran patogen pneumonia.

5. Lelah

Menuntut aktivitas fisik menyebabkan penurunan daya tahan tubuh. Jadi ketika bakteri atau virus masuk ke dalam tubuh, ia tidak dapat melawannya dan menjadi sakit.

 

Vaksinasi penting untuk mencegah pneumonia saat haji. Jadi tidak hanya vaksin COVID-19 dan meningitis, Dicky menilai vaksin pneumonia dan flu juga penting.

Bagi yang sudah berada di Tanah Suci, lakukan hal berikut agar terhindar dari penyakit pneumonia dan penyakit lainnya:

– Perhatikan kebersihan pribadi

Bagi jamaah haji yang sudah sampai di Tanah Suci harus selalu menjaga kebersihan diri. Mulailah mencuci tangan hingga bersih dengan sabun, gunakan hand sanitizer agar tangan tidak menyentuh wajah.

 

– Kenakan masker

Saat berada di ruangan besar yang tertutup, Dicky menyarankan untuk memakai masker. Hal ini dapat mengurangi penularan penyakit yang ditularkan melalui udara.

 

– Hidrasi yang cukup

Pastikan Anda minum sebelum merasa haus untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi

– Istirahat yang cukup

“Pastikan istirahat agar daya tahan tubuh tetap optimal. Pilih kegiatan yang penting saja agar siap menunaikan ibadah haji yang penting,” kata Dicky.

– Jaga daya tahan tubuh dengan mengonsumsi makanan bergizi

– Hindari kontak dengan orang sakit

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Pengakuan Mantan Mertua Kurnia Meiga yang Rela Jual GOR Rp40 Miliar Demi Pengobatan Sang Menantu
Next post Resmi Masuk Indonesia, Ini yang Bikin Tesla Model 3 Highland Istimewa