Serupa tapi Tak Sama, Ini Perbedaan Truk CDD dan CDE

Read Time:1 Minute, 37 Second

JAKARTA – Berkendara di jalan raya, sering kali Anda melihat dua jenis truk yang serupa namun tak sama. Ternyata ada perbedaan antara truk CDD dan CDE.

Perbedaan tersebut terlihat pada spesifikasi dan muatan kedua jenis truk tersebut. Menurut berbagai sumber, hingga Sabtu (31/8/2024), berikut perbedaan truk CDD dan CDE:

Colt Diesel Double atau CDD merupakan truk berkapasitas kecil dengan enam ban. Terdapat empat ban belakang dan dua ban depan dengan kapasitas maksimal empat ton.

Fungsi truk CDD sebagai truk pengantar terbagi menjadi beberapa tipe, yaitu CDD box standar dengan panjang hingga empat meter, lebar dan tinggi hingga dua meter. Kapasitas muatannya mencapai empat ton. Truk CDD ini juga memiliki box pelindung alumunium berkapasitas 16 cbm.

Tipe kedua, truk Jumbobox CDD, memiliki panjang lebih dari enam meter, lebar 2,5 meter, dan tinggi 2,5 meter. Kapasitas muatannya mencapai enam ton dengan casing pelindung besi.

Truk CDD lainnya berupa bak kayu yang terbuat dari besi, namun tidak memiliki atap. Gerobak jenis ini mampu mengangkat barang setinggi dua meter dengan volume 27 cbm.

Truk CDD tiga arah ini memiliki panjang 4,2 meter, tinggi dan lebar hingga dua meter, yang dapat dibuka dari tiga sisi. Bisa dibuka dari kanan, kiri dan juga dari belakang.

Truk CDD umumnya digunakan untuk angkutan barang, angkutan air, angkutan material curah, angkutan hewan, dll. Harga truk CDD berkisar Rp 250 juta ke atas.

Selain truk CDD, truk CDE atau Colt Diesel Engkel banyak digunakan. Truk ini berkapasitas kecil dengan empat buah ban. Truk CDE mampu mengangkat barang hingga 2 ton. Dari segi ukuran, truk CDE lebih kecil dari CDD karena panjangnya kurang dari empat meter.

Truk CDE sering digunakan di jalanan kota karena ukurannya memungkinkan untuk muat di jalanan sempit. Harganya juga lebih murah, sekitar 200 juta rubel. Truk CDE biasanya digunakan untuk mengangkut barang, hewan, material curah dan angkutan lainnya.

Perbedaan utama antara kedua jenis truk, CDD dan CDE, penting untuk diketahui jika Anda memerlukan pengangkutan barang berat.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Chery Pastikan Tiggo 5X Meluncur Akhir Mei 2024
Next post Tak Penuhi Ekspektasi Penjualan, Sony Sebut PS5 Telah Memasuki Akhir Siklus Hidupnya