HP Android Kamu Tiba-Tiba Mati, Padahal Baterai Penuh? Begini Cara Mengatasinya

Read Time:2 Minute, 40 Second

robbanipress.co.id, Jakarta – Jika Anda memiliki ponsel Android dengan baterai penuh namun tiba-tiba mati, jangan buru-buru ke service center atau membeli ponsel baru, mulailah membaca artikel ini untuk mengetahui penyebab dan cara memperbaikinya.

Melansir Android Police, Rabu (21/8/2024), ada beberapa penyebab ponsel Android Anda bisa mati tiba-tiba meski baterainya masih terisi: Baterai rusak atau lama Ponsel panas karena banyak masalah aplikasi praktis. CPU di latar belakang Fitur restart otomatis Kerusakan air Masalah baterai OS berjalan terlalu lama

Cara mengatasi HP Android mati padahal baterai sudah terisi

Setelah mengetahui penyebabnya, berikut beberapa langkah yang bisa Anda coba untuk memperbaiki ponsel Anda:

1. Reboot ponsel Reboot ponsel adalah cara termudah untuk mengatasi masalah ini. Caranya adalah dengan menekan tombol power dan tombol alarm secara bersamaan lalu pilih opsi Restart. Ini akan mematikan dan menghidupkan kembali ponsel Anda.

2. Coba isi daya ponsel Anda. Ponsel Android Anda mungkin kehabisan baterai karena baterainya terkuras. Coba isi daya ponsel Anda untuk melihat apakah masalahnya telah teratasi. Jika charger tidak berfungsi coba gunakan adaptor atau soket lain, jika rusak lebih baik ganti kabelnya.

3. Pastikan fitur penonaktifan dimatikan

Beberapa tampilan Android, seperti One UI, memiliki kemampuan untuk mematikan ponsel Anda pada waktu tertentu. Jika Anda pernah mengaktifkan fitur ini sebelumnya, harap nonaktifkan menggunakan metode berikut. Buka pengaturan dan gulir ke opsi manajemen baterai dan perangkat. Ketuk menu Lainnya dan pilih Otomatisasi, matikan pemutaran otomatis pada waktu yang ditentukan. Beberapa tampilan Android, seperti One UI, memiliki kemampuan untuk mematikan ponsel Anda pada suatu saat. Jika Anda telah mengaktifkan fitur ini, harap nonaktifkan dari Pengaturan.

4. Periksa status baterai di menu pengaturan ponsel Anda menggunakan unduhan aplikasi AccuBattery dari Play Store. Buka aplikasi dan buka bagian Kesehatan untuk memeriksa detail seperti status baterai dan informasi kerusakan.

5. Periksa memori ponsel Anda dan gunakan fitur pembersihan di Manajer File

Jika memori ponsel Android Anda hampir penuh, ponsel mungkin mati secara tiba-tiba karena sistem tidak memiliki cukup ruang untuk melakukan tugas normal. Google menawarkan aplikasi File yang berguna untuk menemukan dan menghapus file besar di perangkat Anda.

Cara menggunakan Pembersih File untuk membersihkan penyimpanan Anda: Buka Pembersih File dan klik menu di sudut kanan atas Ketuk opsi pembersihan Unduh file sampah, folder, tangkapan layar, dan lainnya untuk membersihkan ruang penyimpanan Anda.

 

 

 

6. Hapus aplikasi yang tidak digunakan, tidak berguna atau mencurigakan

7. Perbarui Android Anda di pengaturan ponsel Anda 

8. Reset ponsel Android Anda ke pengaturan pabrik

Jika semua cara di atas tidak berhasil, mungkin Anda perlu melakukan factory reset Android. Pastikan Anda membuat cadangan data Anda sebelum melakukan pemulihan

9. Hubungi toko resmi sesuai tipe Android yang Anda miliki dan tanyakan langsung pada Priduusen, akan lebih baik jika masih memiliki masa garansi.

10. Gunakan aplikasi pihak ketiga jika garansi sudah habis

Jika ponsel Anda tidak bergaransi, Anda dapat mencoba solusi desktop pihak ketiga untuk memperbaiki ponsel Anda. Aplikasi ini berguna ketika ponsel tidak mau hidup.

Namun aplikasi tersebut biasanya berbayar dan tidak selalu berfungsi. Pilih aplikasi yang menawarkan jaminan uang kembali.

Cara-cara di atas dapat membantu mencegah ponsel mati secara tiba-tiba. Jika masalah terus berlanjut, mungkin sudah saatnya mengganti telepon Anda.

Ada banyak pilihan ponsel Android berkualitas, mulai dari desain klasik, perangkat terjangkau, hingga perangkat lipat. Pilih sesuai kebutuhan Anda dari berbagai macam merek.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post BRI Insurance Cetak Premi Bruto Rp 1,02 triliun di Kuartal I 2024
Next post Bukti Banyak Orang Tajir di RI, Mobil Miliaran Rupiah Ini Terjual Ribuan Unit