2 Ciri Kamu Tak Bisa Jadikan Mantan Sebagai Teman, Salah Satunya Masih Cinta

Read Time:2 Minute, 15 Second

robbanipress.co.id, Jakarta – Hubungan romantis yang gagal mendorong pasangan untuk mengubah statusnya menjadi mantan. Tak sedikit dari mereka yang menjadi asing, sebaliknya ada pula yang menjaga hubungan baik dan menjadi sahabat.

Menurut psikolog dari Cornell University (AS), Mark Travers Ph. tidak semua mantan bisa menjadi teman.

Ada beberapa tanda pasangan tidak cocok untuk dijadikan teman, antara lain: Hasrat romantis yang belum terselesaikan

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Personal Relationships menemukan bahwa ketika Anda tertarik secara romantis atau seksual, sulit untuk mengesampingkan perasaan itu untuk mendapatkan teman.

Perceraian itu sulit, akibatnya adalah kesedihan atas cinta dan komunikasi. Dan perasaan ini tidak bisa dihilangkan dalam semalam. Proses ini memakan waktu lama.

“Ketika ada hubungan romantis yang belum terselesaikan, tetap berteman dengan mantan bisa membuat Anda semakin sulit dan lama untuk pulih secara emosional,” kata Mark kepada Psychology Today (05/07/2024).

“Bersama seseorang yang masih Anda cintai dapat membuat luka tetap segar, menyulitkan Anda untuk move on, dan menghalangi hubungan baru yang sehat,” tambahnya.

Artinya, jika Anda masih memiliki perasaan terhadap pasangan, tidak seharusnya dia menjadi mantan Anda.

Tanda kedua mantan bukan temanmu adalah ketika hubunganmu dengan mantan mempengaruhi hubungan barumu.

Studi lain, yang diterbitkan dalam Social Psychological and Personality Science, mengamati dampak hubungan dengan mantan pasangan terhadap hubungan saat ini.

Menemukan cinta baru setelah putus cinta bukanlah hal yang memalukan, nyatanya cinta datang di saat yang tidak Anda duga. Namun, penelitian menunjukkan bahwa memilih berteman dengan mantan dapat merusak hubungan baru.

“Tidak ada hubungan romantis yang bisa berkembang jika Anda mencoba menyeimbangkan hubungan baru dengan pasangan sambil mempertahankan persahabatan dengan pasangan lama.”

Cinta lama dan cinta baru adalah dua hal yang mempunyai waktunya masing-masing. Saat menciptakan cinta baru, cinta lama tidak boleh dimasukkan dalam pertemanan.

Berfokus pada cinta lama dan baru dapat menghalangi hubungan baru.

“Saat Anda memulai hubungan baru, yang terbaik adalah fokus membangun dan mempertahankan hubungan tersebut. Namun, jika Anda masih mempertahankan hubungan lama, hal itu dapat menimbulkan ketegangan dan rasa tidak aman dalam hubungan Anda saat ini, yang pada akhirnya melemahkan hubungan. ,” jelas Markus.

Mark juga mengatakan bahwa ungkapan “waktu menyembuhkan segala luka” bukan hanya klise, tapi juga kenyataan.

“Agar luka akibat putus cinta bisa sembuh tanpa mempengaruhi area lain dalam hidup Anda, Anda perlu memberi diri Anda waktu yang Anda perlukan untuk merawat dan menyembuhkan sebelum Anda menemukan diri Anda dalam situasi di mana Anda bisa membuka kembali luka itu.”

Ini berarti istirahat dan menjauhkan diri dari mantan, terutama jika Anda masih memiliki perasaan romantis yang belum terselesaikan atau sedang menjalin hubungan baru.

“Dengan memberi diri Anda waktu untuk pulih secara emosional, Anda akan meningkatkan peluang Anda untuk memiliki hubungan yang sehat dan memuaskan di masa depan, baik itu persahabatan (platonis) atau romantis,” Mark menyimpulkan.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post UI Beri Edukasi Jaga Kelestarian Hutan Bakau di Pahawang
Next post Aura Nostalgia dan Reuni Jadi Suguhan Remember November 2024