Menkominfo: 6 Upaya Percepatan Transformasi Digital Berdampak Signifikan

Read Time:1 Minute, 27 Second

robbanipress.co.id, Jakarta – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) menjalankan enam program kerja strategis yang bertujuan untuk mempercepat transformasi digital tanah air.

Program tersebut meliputi infrastruktur seluler di wilayah 3T, fasilitas jaringan seluler 4G di wilayah non-3T, Digital Talent Scholarship (DTS), literasi digital, dukungan terhadap MSM dan start-up.

Di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Ari Setiadi menegaskan enam program strategis tersebut akan membawa perubahan dan perubahan signifikan di masyarakat dan kawasan strategis.

“Penyediaan infrastruktur komunikasi seluler di wilayah 3T meningkatkan pertumbuhan ekonomi pedesaan sebesar 0,9% hingga 11,6%,” jelasnya.

Budi Ari menambahkan, Cominfo bersama LPM Fakultas Ekonomi dan Manajemen Universitas Indonesia melakukan analisis dampak terhadap enam program prioritas kementerian tahun 2022.

“Akses internet meningkatkan rata-rata nilai ujian IPA SMA dan IPS masing-masing sebesar 9,70% dan 9,66%,” ujarnya, Minggu (18 Februari 2024), dibandingkan rata-rata sektor sebesar 3,2%.

Sementara itu, program Digital Talent Scholarship (DTS) mampu meningkatkan angka literasi digital menjadi 1,4-1,8%.

Sementara itu, sektor usaha kecil mencatat pertumbuhan rata-rata indeks kehadiran digital untuk bisnis sebesar 1,6%.

Menkominfo menyimpulkan, “Program 1000 startup digital sudah efektif, 50% startup mencapai level 9 startup leader.”

 

Menurut Budi Ari, Cominfo juga melakukan evaluasi berkala terhadap pelaksanaan program di seluruh unit bisnis.

Selain mengukur output dan kinerja, kami melakukan penilaian khusus untuk mengetahui secara akurat dampak kinerja setiap unit dan satuan kerja.

“Metode ini akan kami gunakan untuk menentukan langkah-langkah perbaikan dan pengembangan program kerja Kementerian Komunikasi dan Informatika ke depan,” ujarnya.

Menkominfo juga menekankan arahan Presiden Joko Widodo agar seluruh program kerja harus dilaksanakan secara menyeluruh dan menyeluruh.

“Salah satunya memastikan tidak ada proyek atau program yang belum selesai pada tahun ini,” kata Budi Ari.

 

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Pemain Asing Liga 1 Musim 2024/2025 Bisa dari Negara Apa Pun
Next post 403