Erick: Kunci dari Industri Kreatif Harus Siap Beradaptasi

Read Time:1 Minute, 43 Second

robbanipress.co.id, JAKARTA — Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Eric Tahir angkat bicara soal industri kreatif. Eric mengatakan, kunci industri kreatif adalah kemampuannya beradaptasi terhadap perubahan dan keadaan.

Segalanya terjadi dengan sangat cepat di seluruh penjuru dunia. Banyak pihak berlomba-lomba menunjukkan keunggulan di sektor ini. Oleh karena itu, jelas Eric, harus ada upaya yang serius, inovatif dan konsisten.

“Kalau bicara industri kreatif memang harus bereksplorasi, tapi di saat yang sama harus siap beradaptasi dengan perubahan dunia, karena itu bukan pekerjaan statis seperti ketika datang di pagi hari. . pulang malam,” kata Ketua Umum PSSI itu dalam video Instagramnya saat berbicara di forum Pertamina Creativepreneur Summit 2024, seperti dikutip robbanipress.co.id, Minggu (25/8/2024).

Improvisasi adalah kuncinya, lanjutnya. Kami melakukan ini setiap hari. Tidak ada waktu untuk menunggu.

Jika tidak, Anda akan kehilangan kesempatan. Orang-orang di tempat lain juga melakukan hal yang sama. Oleh karena itu, setiap produk yang dihasilkan pasti mempunyai keunikan dan nilai tambah tersendiri. Sangat dinamis

“Tetapi Anda harus meningkatkan produk Anda setiap hari, karena kunci dari industri kreatif adalah Anda harus beradaptasi dengan perubahan kondisi,” kata Eric.

Bagaimana industri kreatif di Indonesia? Dia menjelaskan, hal ini juga menjadi fokus pemerintah. Bagaimana bekerja sama dengan seluruh pemangku kepentingan untuk mengoptimalkan.

Industri kreatif, lanjut Eric, merupakan sesuatu yang baru di Indonesia. Industri ini akan memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi sebesar lima persen setiap tahunnya selama 20 tahun ke depan.

“Kalau bicara ekonomi digital, kita akan menjadi yang terbesar di Asia Tenggara,” kata Menteri BUMN itu optimis.

Eric menjelaskan, terdapat sumber daya di Indonesia yang mendukung optimalisasi industri kreatif. Negara ini mempunyai bonus demografi. Banyak generasi muda yang berada pada usia produktif.

Kemudian Indonesia menjadi terkenal dengan kebudayaannya yang luas. Ada berbagai makanan khas daerah Sabang-Merauke. Proses pendewasaan terus dilakukan agar lebih efektif dalam memberikan hasil ekonomi dan bermanfaat bagi negara dan masyarakat.

“Manufaktur sudah ada, tapi kami mendorong kualitas, manajemen, dan implementasi,” kata Eric.

Ia kembali menegaskan industri kreatif Indonesia akan menjadi yang terbesar di Asia Tenggara. Kuncinya adalah mampu beradaptasi dan memaksimalkan potensi diri agar tetap kompetitif.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Tingkatkan Bidang Teknologi, UMSU Kerjasama dengan Universiti Teknologi Petronas Malaysia
Next post WhatsApp Siapkan Fitur Mention di Update Status WA, Begini Cara Kerjanya