Kerap Sakit Kepala Saat Bangun Tidur, Kenali 7 Kemungkinan di Baliknya

Read Time:3 Minute, 9 Second

robbanipress.co.id, Jakarta – Pernahkah Anda terbangun karena sakit kepala? Rasanya seperti ada pukulan atau sesuatu yang berat di kepala.

Sakit kepala di pagi hari bisa menjadi gangguan dan mengganggu aktivitas Anda sehari-hari.

Ada banyak alasan mengapa Anda mungkin sakit kepala saat bangun tidur. Berikut tujuh alasan paling umum yang dilaporkan oleh Health:

1. Apnea tidur

Salah satu penyebab sakit kepala di pagi hari adalah sleep apnea. Kondisi ini ditandai dengan periode di mana Anda berhenti bernapas selama beberapa menit saat Anda tidur setiap malam. Hal ini menyebabkan tubuh terbangun dan mulai bernapas kembali dan Anda akan melupakan apa yang terjadi.

Pasangan atau teman dapat membantu mengidentifikasi sleep apnea dengan memperhatikan apakah Anda sering menelan dengan keras saat tidur. Mendengkur keras bisa menjadi tanda sleep apnea, namun perlu diingat bahwa tidak semua orang yang mendengkur mengidapnya.

Menurut MedlinePlus dari National Library of Medicine, sleep apnea memerlukan diagnosis oleh dokter. Dokter Anda mungkin merujuk Anda untuk studi tidur, yang merupakan cara terbaik untuk mendiagnosis apnea tidur.

2. susah tidur

Insomnia adalah gangguan tidur umum yang membuat Anda sulit tertidur, tetap tertidur, atau tidur nyenyak. Salah satu dampak insomnia adalah sakit kepala.

Gejala insomnia antara lain membutuhkan waktu lama untuk tertidur, tetap terjaga dalam waktu singkat, atau bangun pagi-pagi. Penderita insomnia bisa terbangun dari tidurnya dan merasa lelah sepanjang hari.

Insomnia dapat disebabkan oleh banyak faktor seperti stres, kecemasan, depresi dan banyak penyakit lainnya. Faktor lain yang dapat menyebabkan insomnia adalah kebiasaan tidur yang buruk, seperti tidur terlalu lama, terlalu banyak mengonsumsi kafein, dan lingkungan tidur yang buruk.

 

Menggertakkan gigi saat tidur, atau bruxism, dapat menyebabkan nyeri pada otot rahang atau sendi temporomandibular (TMJ). Kondisi ini bisa menyebabkan sakit kepala.

Anda mungkin tidak menyadari bahwa Anda sedang menggemeretakkan gigi, tetapi Anda mungkin mengalami gejala seperti sakit telinga, nyeri otot, sakit gigi, atau rahang yang nyeri dan nyeri. Semua ini adalah gejala bruxism. 

Jika Anda mengalami gejala-gejala tersebut, penting untuk menemui dokter gigi untuk diagnosis dan pengobatan yang tepat. Mengobati bruxism dapat membantu mengurangi rasa sakit dan mencegah kerusakan gigi lebih lanjut.

4. Alergi

Alergi bisa menyebabkan sakit kepala di pagi hari. Paparan tungau dan tungau debu pada sprei dan kasur dapat menyebabkan luka dan sakit kepala.

Jika Anda menderita alergi, cobalah menggunakan alas tidur anti alergi seperti bantal, kasur, dan selimut khusus. Sering mencuci pakaian akan membantu mengurangi debu dan tungau.

Kunjungan ke dokter dapat membantu Anda menemukan cara lain untuk mengurangi gejala alergi, sehingga Anda dapat terhindar dari sakit kepala pagi hari dan bersin-bersin setiap hari.

Sakit kepala yang terjadi di pagi hari bisa jadi merupakan tanda migrain. Migrain adalah salah satu jenis sakit kepala yang disebabkan oleh rasa nyeri yang sering berdenyut pada salah satu sisi kepala dan sangat nyeri.

Gejala lain yang terkait dengan migrain termasuk mual, lemas, dan kepekaan terhadap cahaya dan suara. Terkadang, migrain juga bisa didahului oleh aura, yaitu gejala sistem saraf yang muncul sebelum sakit kepala, seperti gangguan penglihatan atau kesemutan. Aura dapat berupa penglihatan kabur, kesemutan di wajah atau tangan, atau kesulitan berbicara.

Menurut MedlinePlus, migrain lebih sering terjadi di pagi hari dibandingkan waktu lainnya.

6. Tidak atau terlalu banyak tidur

Terlalu banyak atau terlalu sedikit tidur dapat menyebabkan sakit kepala. Sebuah makalah yang diterbitkan dalam jurnal Neurological Sciences pada Maret 2019 menggambarkan sakit kepala yang terasa seperti kepala diremas menjadi bola. MedlinePlus menambahkan bahwa Anda mungkin merasakan sakit atau ketidaknyamanan di kepala, kulit kepala, atau leher.

7. Depresi dan kecemasan

Depresi dan kecemasan juga dapat menyebabkan sakit kepala di pagi hari. National Institute of Neurological Disorders and Stroke menyatakan bahwa stres dapat menyebabkan ketegangan otot, termasuk di daerah kepala dan leher, yang dapat memicu sakit kepala. Jika ternyata sakit kepala Anda terjadi saat Anda merasa atau sedang stres, misalnya di pagi hari sebelum bekerja, konsultasikan dengan dokter untuk mengetahui apakah Anda memiliki masalah kesehatan mental.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Masuki Tahun Keempat, BRI Kembali Jadi Sponsor Utama Liga 1 2024/2025
Next post Xiaomi Hadirkan Solusi Udara Bersih Melalui 2 Rangkaian Smart Air Purifier