5 Jurusan Teknik yang Lulusannya Banyak Dibutuhkan FMCG

Read Time:2 Minute, 21 Second

JAKARTA – Ada beberapa program studi teknik yang lulusannya bisa bekerja di FMCG. Perusahaan fast moving Consumer Goods (FMCG) ini menyediakan barang konsumsi berupa produk yang dapat dijual secara cepat dengan harga yang relatif murah dan biasanya menjadi kebutuhan sehari-hari.

Baca Juga: 7 Program Studi Teknik yang Dibutuhkan di Masa Depan, Berapa Prodi Impian Anda?

Ada banyak perusahaan FMCG di Indonesia, misalnya Unilever, Nestlé, Danone, Mayora, Indofood dan masih banyak lagi. Secara umum perusahaan ini memproduksi kebutuhan sehari-hari, berbagai jenis makanan, minuman, perawatan tubuh dan peralatan rumah tangga.

Baca Juga: Gak Akan Menyesal Pilih Prodi Ini, 10 Jurusan Teknik yang Lulusan Gaji Besar

Karena FMCG merupakan bisnis berskala global, maka gaji yang ditawarkan sangat fantastis sehingga banyak orang berlomba-lomba untuk masuk dan mendaftar menjadi karyawan di 5 program studi teknik yang lulusannya bekerja di FMCG1. Teknik Industri

Sebagai lulusan yang telah menguasai ilmu teknik proses desain, peminatan ini tentunya akan sangat dibutuhkan untuk merancang produk yang dihasilkan oleh perusahaan FMCG.

Baca juga: 6 program studi teknik yang cocok untuk wanita bisa dijadikan referensi dalam memilih program studi

Posisi yang biasanya dipegang oleh lulusan Teknik Industri di perusahaan FMCG mencakup peran riset pasar, penjualan teknis, dan manajemen sumber daya manusia.

2. Teknik Mesin

Industri yang berkembang pesat dan mulai menggunakan teknologi mesin secara menyeluruh tentunya akan membutuhkan insinyur mesin untuk mengisi berbagai posisi, seperti teknisi operasional pabrik.

Baca Juga: 5 Lulusan Teknik yang Dikabarkan Punya Gaji Besar di Dunia Kerja, Apa Saja?

Karena bidang peminatan ini tidak hanya berkaitan dengan bidang otomotif saja, tetapi juga mempelajari topik-topik yang berkaitan dengan konversi energi, konstruksi dan desain, teknik produksi dan material.

3. Teknik Elektro

Perusahaan industri mana pun pasti tidak akan kekurangan listrik, oleh karena itu lulusan teknik elektro akan sangat dibutuhkan. Karena Teknik Elektro merupakan salah satu bidang ilmu yang mempelajari tentang ketenagalistrikan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga: Lulusan Teknik Energi Terbarukan Bisa Apa? Berikut 10 prospek kerja yang menantang bagi alumni

Oleh karena itu, prospek kerja di departemen ini sangat luas. Berbagai posisi yang sering dijabat oleh lulusan teknik elektro antara lain jaminan mutu dan kendali mutu, analis sistem, dan teknisi kelistrikan.

4. Teknik Kimia

Lulusan teknik kimia mempunyai pengetahuan merancang dan memproduksi produk yang bernilai ekonomi tinggi. Oleh karena itu mata kuliah teknik ini sangat diperlukan bagi FMCG karena memiliki nilai tambah yang tinggi.

Perusahaan membutuhkan lulusan teknik kimia untuk ditempatkan di departemen pengembangan produk. Posisi yang ditawarkan sebagian besar di bidang penelitian dan pengembangan, kontrol kualitas, dll.

5. Teknologi Pangan

Lulusan teknik yang bekerja keras di FMCG saat ini sangat dibutuhkan di industri makanan dan minuman. Sedangkan lulusannya ahli dalam mengolah bahan makanan untuk dikonsumsi.

Sebagian besar lulusan departemen ini nantinya akan ditempatkan di departemen kendali mutu, atau mungkin juga memegang posisi di departemen operasi logistik atau manajer produk.

Inilah 5 spesialisasi teknis yang dibutuhkan banyak perusahaan FMCG. Semoga informasi ini bermanfaat.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Mobil yang Kena Recall Belum Dibawa ke Bengkel, Aman Gak Buat Mudik?
Next post Turki Blokir Akses Roblox Atas Kekhawatiran Penyalahgunaan dan Pelecehan Anak