9 Resep Bumbu Oles Sate Kambing Lezat, Ada Khas Solo dan Madura

Read Time:7 Minute, 16 Second

robbanipress.co.id, Jakarta Daging kambing terasa paling enak jika diolah menjadi sate. Bau herba dan teksturnya yang keras seringkali membuat daging kambing tidak cocok untuk dijadikan sup sayur. Namun dengan bumbu yang tepat, sate kambing mampu memberikan sensasi rasa yang khas dan nikmat luar biasa. 

Resep Sate Kambing Bumbu Rubi ini tidak hanya berisi bumbu-bumbu yang umum digunakan, namun juga mengeksplorasi dua varian bumbu khas, yaitu bumbu khas Solo dan bumbu khas Madura yang masing-masing memiliki keunikan dan rasa tersendiri yang akan menggugah selera. hadirin

Sate kambing khas Solo memberikan sensasi ekstra pedas yang menggugah selera, sedangkan bumbu khas Madura terkenal dengan bumbu kacangnya yang nikmat dan membuat ketagihan. Tak perlu jauh-jauh ke Solo atau Madurai untuk menikmati kelezatan ini. Ikuti kumpulan resep sate kambing enak yang mudah dibuat ini. 

Di bawah ini robbanipress.co.id telah merangkum kumpulan resep bumbu sate kambing enak pada Senin (24/6/2024) dari berbagai sumber.

Bahan-bahan:

– 1 kg daging kambing muda dan lemaknya dipotong dadu

– Pembengkakan secukupnya

– 15 sendok makan kecap manis

– 4 sendok makan air asam jawa

– Mentega

– 6 lembar daun jeruk, buang tulangnya.

Bumbu halus.

– 12 bawang merah

– 6 siung bawang putih

– Ketumbar sangrai secukupnya

– 2 sendok makan jinten panggang

– 2 jari telunjuk jahe

– nanas matang secukupnya

– Gula pasir secukupnya

– Lada bubuk sesuai selera.

Bahan tambahan:

– Kecap manis secukupnya

– Ambil perasan 2 buah jeruk purut

– 2 buah tomat merah, iris tipis

– 10 bawang merah cincang halus

– 10 cabai

Cara Membuat : Goreng, lalu lelehkan minyak, tumis bumbu hingga harum. Angkat dan pindahkan ke piring datar. Campur dengan kecap manis dan air asam jawa. Aduk rata. Lumuri daging kambing dengan bumbu lalu diamkan beberapa saat hingga bumbu meresap, lumuri daging kambing dengan bumbu dan buat sate kambing dengan cara dibolak-balik hingga matang. Setelah matang, angkat dan sajikan, campur semua bahan tambahan dan taburi dengan perasan jeruk nipis. Bumbu sederhana

Bahan-bahan:

– 500 gram daging kambing

– 1 sendok teh ketumbar

– 2 lilin

– 6 bawang merah

– 6 siung bawang putih

– 1 jahe

– kecap asin secukupnya

– garam secukupnya

– nanas goreng

– jus lemon

– daun jeruk

Cara Pembuatan : Bumbu daging kambing yang terdiri dari parutan nanas, air jeruk nipis dan daun jeruk Campur semua bumbu terutama bawang putih, jahe dan bumbu halus, masak daging 10 menit, lumuri kembali dengan bumbu, olesi hingga hampir matang. masak lagi dengan kecap asin dan panggang hingga matang dan daging empuk. Sate kambing siap dihidangkan.

Bahan-bahan:

– 600 gram daging kambing, potong dadu

– nanas goreng

– 1 ons kacang tanah, panggang

– 5 siung bawang merah

– 3 siung bawang putih

– 2 lilin

– 5 buah cabai rawit

– garam secukupnya

– kecap asin secukupnya

– minyak goreng secukupnya

Cara membuat: lumuri daging kambing dengan parutan nanas, diamkan daging sebentar, tusuk daging, haluskan bawang putih, bawang merah, lilin dan cabai. Tambahkan kacang tanah sangrai, haluskan. Oleskan satu lapis lagi di atas daging panggang hingga daging sate matang.

Bahan-bahan:

– 400 gram daging kambing

– 3 siung bawang putih

– 1 buah asam jawa

– 1/2 sendok makan ketumbar

– 1/3 gula palem ukuran sedang

– 1 jahe

– Lada bubuk sesuai selera

– Daun pepaya secukupnya

– garam secukupnya

– jeruk nipis

Cara Pembuatan: Lumuri daging kambing dengan garam dan jeruk nipis untuk menghilangkan bau amis dan berminyak pada daging kambing, lalu masak. Siapkan bumbu halus, haluskan bawang putih, jahe, gula jawa, asam jawa, jeruk nipis dan garam. Cuci daging dan cincang bumbu halus, masukkan ke tusuk sate kecil, panaskan oven 200 derajat, sate kambing bakar siap dinikmati.

– 300 gram daging kambing

– 1 batang lemon

– 2 lembar daun jeruk

– 2 siung bawang putih

– 2 bawang merah

– 1 sendok teh bubuk ketumbar

– 2 sendok makan kecap manis

– 1 sendok makan minyak zaitun

– 1 ons kacang panggang

– 1 sendok teh petis

– debu secukupnya

– Gula secukupnya

– Garam secukupnya

– Bawang goreng untuk taburan

– Cabai rawit secukupnya

Cara pembuatan: cincang daging kambing atau sesuai selera, buat sate bawang putih, bawang merah, jeruk nipis, terutama bumbu yang dihaluskan dengan kecap manis dan minyak zaitun. Untuk bumbu kacang panggang, masak daging dan siram sate kambing dengan kecap.

Bahan-bahan:

– 500 gram daging kambing

– 10 siung bawang putih

– 5 siung bawang merah

– 1 sendok makan lilin

– 10 lilin

– 250 gram gula merah

– garam secukupnya

– kecap manis secukupnya

– cabai secukupnya

Cara pembuatan: Hancurkan kacang pinus, bawang putih, gula merah, garam dan ketumbar. Daging kambing kita lumuri, diamkan sebentar hingga daging kambing menjadi kubus, tata agar tidak terlalu padat, siapkan kecap asin dengan irisan bawang bombay dan merica, dan sate kambing empuk pun siap dinikmati.

Bahan-bahan:

– 1 kilogram daging kambing

– nanas muda yang dihaluskan

– Kecap asin secukupnya

Mengumpulkan bahan untuk saus sambal.

– 4 bawang merah

– 2 siung bawang putih

– Cabai rawit secukupnya

– Cabai keriting sesuai selera

– 3 tomat

– garam secukupnya

– gula secukupnya

– pemanis

– 1 jeruk nipis

Metode persiapan. Potong daging sesuai selera, olesi dengan puree dan kecap, biarkan masak hingga matang. Sate Kambing Sambal Sate Kambing Saus Sambal Plexing siap dihidangkan.

Bahan-bahan:

– 500 gram daging kambing

– 2 jeruk nipis

– 150 ml kecap manis

– 20 tumor

Bahan Kacang:

– 500 ml air

– 1 jeruk nipis

– 100 ml kecap manis

Bumbu halus.

– 250 gram kacang tanah sangrai

– 2 cabai merah

– 4 siung bawang putih

– 5 bawang merah

– garam secukupnya

Cara membuat: Potong daging kambing menjadi kubus sesuai ukuran yang diinginkan. Tempatkan daging dalam mangkuk berukuran sedang dan bilas daging hingga bersih di bawah air mengalir, pastikan kotoran pada daging benar-benar hilang. Tusuk sate dengan tusuk sate. Lakukan hal yang sama pada seluruh bagian sate secara merata. Bungkus sate dengan menggunakan daun pepaya yang telah dicincang, lalu sisihkan sebelum dibuat bumbu kacangnya. Campur semua bahan saus kacang, lalu masukkan kecap manis dan air. Masak campuran ini dalam wajan dengan minyak sampai matang. Setelah matang, angkat saus kacangnya. Ambil sedikit bumbu kacangnya, masukkan ke dalam mangkuk dan lumuri daging dengan bumbu kacang secara merata. Diamkan daging selama kurang lebih satu jam dan pastikan bumbu merata pada seluruh permukaan daging. Setelah istirahat siapkan pemanggang dan bakar sate di atas bara api sambil sesekali olesi dengan sedikit margarin dan kecap. Bumbu wijen

Bahan-bahan:

– 1 kilogram daging kambing

– 3 siung bawang merah

– 2 siung bawang putih

– 2 lilin

– 2 lembar daun jeruk

– 1 sendok makan minyak wijen

– 1 sendok teh merica bubuk

– 1 sendok teh ketumbar

– 1 sendok makan air jeruk nipis

– kecap manis

Cara membuat: campur semua bumbu yaitu bawang merah, bawang putih, ketumbar, pinus, garam, asam jawa dan daun jeruk, lumuri dengan bumbu, biarkan 10 menit, siapkan bumbu yaitu kecap manis, air dan minyak wijen. Potong daging kambing dengan tusuk sate lalu lumuri dengan bumbu yang sudah disiapkan hingga daging empuk dan siap.

Daging kambing seringkali sulit diolah karena bau dan tekstur daging kambing yang khas. Namun, dengan beberapa teknik sederhana dan langkah yang tepat, Anda bisa menghilangkan bau tak sedap dan menikmati nikmatnya daging kambing. Di bawah ini penjelasan cara menghilangkan bau daging kambing. 1. Buang lemaknya dengan hati-hati.

Tahukah Anda kalau bau pahit pada daging kambing sebenarnya berasal dari lapisan lemak yang menempel pada daging? Minyak ini mengandung senyawa yang menimbulkan aroma tidak sedap saat dimasak. Oleh karena itu, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menghilangkan lemaknya sebelum mengolah daging kambing. Gunakan pisau tajam untuk memisahkan lemak dari daging, hati-hati jangan sampai mengeluarkan terlalu banyak daging. Dengan menghilangkan minyak ini, Anda bisa mengurangi bau tidak sedap yang biasa muncul saat memasak. 2. Taburkan garam untuk menghilangkan bau

Setelah lemak pada daging kambing dihilangkan, langkah selanjutnya adalah menaburkan garam pada daging. Garam memiliki khasiat yang mampu menetralkan bau tak sedap sekaligus menambah cita rasa pada daging. Taburkan garam secara merata ke seluruh permukaan daging, lalu olesi garam agar terserap dengan baik. Diamkan daging beberapa saat, sekitar 15-30 menit, agar garam efektif menghilangkan bau busuk. Selain itu, garam membantu menghilangkan kelembapan berlebih pada daging dan membuatnya lebih mudah dimasak. 3. Tutup dengan nanas hingga empuk

Nanas dikenal sebagai bahan alami yang efektif menghilangkan bau prengus pada daging kambing. Nanas mengandung enzim bromelain yang memiliki sifat asam dan membantu memecah protein pada daging sehingga membuatnya lebih empuk. Untuk menghilangkan bau pregus, tumbuk beberapa potong nanas segar hingga menjadi pasta. Olesi daging kambing dengan pasta nanas ini, pastikan seluruh permukaan daging tertutupi. Diamkan daging selama beberapa jam, atau lebih baik lagi, dinginkan semalaman. Proses ini selain menghilangkan bau apek, juga membuat daging kambing menjadi lebih empuk dan gurih saat dimasak. 4. Masak dengan bumbu

Rempah-rempah tersebut memiliki aroma yang tajam dan khas sehingga sangat ampuh menghilangkan bau tidak sedap pada daging kambing. Anda bisa menggunakan berbagai jenis bumbu seperti daun salam, jahe, lengkuas, serai, dan kayu manis. Caranya adalah dengan memasak daging kambing dengan bumbu tersebut. Pertama, siapkan panci besar dan isi dengan air. Tambahkan bumbu pilihan Anda, lalu masukkan daging kambing ke dalam wajan. Rebus daging hingga empuk, biasanya sekitar 1-2 jam, tergantung besar kecilnya potongan daging. Proses memasak ini selain menghilangkan bau busuk juga membuat daging kambing terasa lebih enak. Anda juga bisa menambahkan sedikit garam atau bumbu lainnya sesuai selera.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post OJK Sudah Tutup 5.000 Pinjol Ilegal
Next post Data Garmin: Demam Lari Melanda Indonesia, Jumlah Pelari Meningkat 3 Kali Lipat di 2024