Kenal Lebih Dekat dengan Garansi Bebas Pengembalian, Program Terbaru dari Shopee
robbanipress.co.id – Belanja online kini menjadi populer dan disukai pasar. Selain menghemat waktu dan tenaga, belanja online pun semakin digemari karena beragamnya produk dari berbagai penjual dan kemudahan menemukan segala kebutuhan. Namun begitu toko dan pesanan sudah sampai, terkadang pesanan tersebut diubah secara tidak tepat atau bahkan kita berubah pikiran untuk ingin mengembalikan produk tersebut. Sebagai perusahaan e-commerce yang berupaya memahami kebutuhan masyarakat Indonesia, Shopee terus mengeksplorasi dan mengembangkan solusi yang dapat meningkatkan pengalaman belanja online pelanggan dengan memperkenalkan inovasi baru.
Shopee meluncurkan layanan terbarunya, Pengembalian Gratis, yang memungkinkan pembeli mengembalikan barang karena berubah pikiran. Melalui program ini, pembeli dapat dengan mudah mengembalikan barang, tidak hanya ketika barang yang diterima tidak sesuai atau rusak, tetapi juga ketika pembeli berubah pikiran ketika barang sudah diterima. Hal ini harus sesuai dengan syarat dan ketentuan yang ditentukan oleh Shopee. Program Shopee ini disambut dan diapresiasi oleh pembeli! bagaimana? Hal ini menjawab keluh kesah banyak orang yang tidak sabar dan ragu kapan ingin berbelanja online. Bagaimana dengan penjualnya? Benarkah program ini hanya membantu pembeli?
Di sisi lain, program Retur Gratis mendapat banyak respon dari penjual. Ada pihak yang mendukung layanan ini, karena membuka banyak peluang untuk menarik pelanggan baru dan meningkatkan kemungkinan pembelian berulang. Namun, ada juga yang mempertanyakan otoritasnya. Alasannya adalah mereka tidak percaya dengan program ini dan menganggap program ini hanya menguntungkan pembeli dan juga khawatir dengan biaya tambahan yang akan dibebankan kepada penjual.
Kalau dilihat secara keseluruhan, transaksi saat bertransaksi biasa saja ya? Jadi, dimana masalahnya? Kecemasan terhadap hal-hal baru yang belum sepenuhnya kita pahami adalah hal yang wajar. Nah, dari pada salah paham, yuk kita simak lebih dekat layanan pengembalian gratis untuk penjual.
Berikut 4 kesalahpahaman umum tentang program ini;
1. “Terserah penjualnya! Jika hanya 1 produk dari sekian banyak pelanggan yang ingin dikembalikan, apakah semua produk harus dikembalikan?
Siapa yang bilang? Sejak tanggal 15 Februari, pembeli tidak perlu mengembalikan seluruh produk yang dibeli jika ingin menggunakan kebijakan pengembalian gratis. Untuk kemudahan integrasi, pembeli kini dapat meminta produk/uang kembali untuk jumlah tertentu saja.
Nah, tentu saja update kali ini membawa perbedaan! Karena proses dan pelaksanaan retur gratis akan lebih efektif dan efisien. Beberapa barang yang tidak termasuk dalam permintaan pengembalian/pengembalian masih untuk dijual.
2. “Terserah penjualnya! Terkena biaya pengiriman berkali-kali lipat! “
Kamu tahu? Bahwa dalam Program Retur Gratis “Ubah Pikiran” penjual tidak perlu membayar ongkos kirim retur dari pembeli lho! Hingga akhir bulan Maret, jika penjual mengetahui bahwa biaya pengiriman telah dibebankan kepada penjual untuk mengembalikan produk “Ubah Pikiran” berdasarkan Layanan Pengembalian Gratis, Shopee akan mengembalikan biaya pengiriman dalam waktu 1-3 hari ke saldo penjual tanpa membutuhkan. membuat pertanyaan.
Kedepannya, terhitung mulai bulan April 2024, pengembalian produk dan refund akibat “Perubahan Pikiran” akan ditanggung penuh oleh Shopee. Sistem Shopee tidak akan secara otomatis membebankan biaya pengiriman kepada penjual.
3. “Terserah penjualnya! Ini bisa menjadi hal buruk bagi pembeli untuk melakukan penipuan saat mengembalikan barang! “
Tenang saja, agar program ini membawa hasil yang baik bagi semua pihak dan tidak merugikan pihak manapun, Shopee mempunyai sistem untuk memantau kinerja setiap akun untuk mengurangi penipuan dalam proses jaminan pengembalian gratis. Apabila pembeli dengan sengaja melanggar ketentuan dan mengembalikan barang yang tidak sesuai dengan ketentuan, maka penjual berhak menolak permintaan pembeli untuk mengembalikan barang tersebut. Penjual dapat mengajukan banding jika ternyata pembeli melanggar ketentuan program pengembalian gratis. Penjual juga disarankan untuk membuat video unboxing saat menerima produk dari pembeli untuk membuktikan keabsahan jika diminta.
Tidak ada yang berharga! Bahwa hanya pembeli yang memenuhi persyaratan yang dapat memanfaatkan layanan Retur Gratis. Shopee akan memblokir pembeli yang tidak mematuhi atau diketahui menyalahgunakan program ini.
4. “Terserah penjualnya! Mengapa kita harus berhenti? Misalnya banyak yang dikirim kembali tanpa peduli apakah paketnya hilang atau rusak, saat dikembalikan kepada kami padahal barangnya baik-baik saja. Apakah ulasan Shopee adil?
Intinya, Shopee akan terus mengedukasi pembeli mengenai ketentuan layanan pengembalian gratis, baik untuk mengatur status produk setelah dikirim, kemasan termasuk produk/label harus tersegel dengan baik, dll. Bahkan, pihak shopee juga memperbolehkan penjual untuk mengajukan banding atas keputusan perwakilan shopee setelah menerima produk yang dikembalikan dari pembeli. Shopee juga bekerja keras untuk menyempurnakan SOP yang ada guna memandu karyawan memastikan keputusan yang tepat diambil terkait permintaan produk/uang kembali.
Jika penjual mengalami kendala dalam pengajuan banding, mohon informasikan kepada customer service shopee dan jika penjual terbukti dan memenangkan banding maka penjual akan menerima biaya penjualan dan ongkos kirim pengembalian.
Kini tidak perlu lagi sabar untuk membeli produk secara online karena program jaminan pengembalian gratis ini bermanfaat bagi pembeli dan penjual. Program ini juga dapat membantu penjual dalam membidik pembeli dan dapat meningkatkan pembelian berulang karena tingkat kepuasan pembeli yang tinggi. Rekor Bisnis Penjualan Besar Ramadhan Shopee Hingga 44 Jam Shopee Live Sahur Tahun ini, Shopee melihat perluasan dua teratas dalam kompetisi, dimana pengguna semakin tertarik untuk menggunakan chat di Shopee Live saat fajar robbanipress.co.id .co.id 4 April, 2024