Waspada Maraknya Penipuan Mengatasnamakan Aplikasi DANA, Ini Cara Menghindarinya

Read Time:3 Minute, 30 Second

robbanipress.co.id, Jakarta Seiring semakin populernya ekonomi digital, kasus penipuan yang mengatasnamakan aplikasi dompet digital, salah satunya DANA, semakin meningkat. Sebagai aplikasi yang digunakan oleh lebih dari 70 juta pengguna di Indonesia, DANA menjadi sasaran empuk bagi oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan penipuan. 

Pelaku penipuan aplikasi DANA beragam, mulai dari menjanjikan hadiah hingga meminta informasi pribadi. Sedangkan cara yang paling populer adalah dengan memberikan hadiah atau dukungan cantik melalui berbagai situs media sosial.

Korban penipuan diminta memberikan informasi pribadi atau transfer uang sebagai bukti. Selain itu, panggilan telepon atau pesan palsu yang mengatasnamakan pelanggan DANA juga kerap digunakan untuk memancing korban. Penjahat meminta korban untuk mengungkapkan informasi sensitif seperti PIN, kata sandi atau kode OTP untuk keamanan akun.

 

Oleh karena itu, agar tidak menjadi korban penipuan aplikasi DANA, berikut beberapa tips yang bisa Anda ikuti: 1. Jangan mempercayai WhatsApp dari pihak yang mengatasnamakan DANA.

DANA mempunyai cara untuk berkomunikasi dengan pengguna, seperti melalui aplikasi DANA itu sendiri, website resmi atau email. Namun, penipu kerap menggunakan WhatsApp sebagai sarana komunikasi langsung dengan korbannya. 

Mereka mengirimkan pesan yang muncul dari DANA yang berisi informasi palsu atau permintaan untuk memberikan informasi pribadi. Untuk menghindarinya, ingatlah untuk memverifikasi identitas pengirim, misalnya memeriksa gambar profil dan apakah nama pengguna tersebut sah dan terdaftar.  2. Jangan klik link yang mengaku DANA

Selalu curiga terhadap link yang dikirimkan oleh orang asing melalui SMS atau email, karena kita tidak pernah tahu apa isi link tersebut sebelum kita membukanya. Dalam kasus terburuk, tautan tersebut berisi malware yang dapat merusak data pada perangkat.

Selain itu, peretas juga kerap menyebarkan tautan palsu yang mengarah ke situs web yang dirancang untuk mencuri informasi pengguna. Oleh karena itu, jangan klik link yang mencurigakan, apalagi jika link tersebut berasal dari orang yang tidak Anda kenal. 3. Temukan informasi mengenai DANA hanya dari situs resmi DANA dan jejaring sosial

Untuk informasi terbaru dan terakurat mengenai DANA, pastikan untuk mengunjungi website atau akun media sosial resmi DANA. Jangan mendapatkan informasi dari sumber yang tidak jelas atau tidak jelas.

Sedangkan lokasinya ada di website resmi DANA. Sedangkan akun media sosialnya adalah @dana.id (Instagram), @danawallet (X) dan @dana.indonesia (TikTok).  4. Tidak memberikan OTP kepada pihak manapun

Kode OTP adalah waktu rahasia yang dapat memverifikasi kredensial kita. Untuk itu, jangan berikan kode OTP kepada siapapun, termasuk pihak yang mengaku sebagai pelanggan. Informasi ini sensitif dan dapat disalahgunakan oleh penjahat untuk mengakses akun Anda dan melakukan aktivitas ilegal.

Penjahat seringkali berpura-pura menjadi agen layanan pelanggan DANA dan menghubungi korban melalui telepon atau SMS. Mereka meminta korban untuk memberikan informasi pribadi untuk memverifikasi akun mereka atau menyelesaikan masalah keuangan. 5. Jaga kerahasiaan password DANA dan PIN Anda

Lindungi kata sandi dan PIN DANA Anda secara efektif. Jangan beritahu siapa pun, termasuk tetangga. Gunakan kombinasi huruf, angka, dan simbol untuk membuat password yang sulit ditebak.

Penting untuk mengubah kata sandi Anda secara berkala untuk mencegah penipu melacak PIN DANA Anda dengan lebih mudah. Tidak hanya DANA, instruksi ini juga berlaku untuk semua akun digital Anda. 6. Jangan mudah percaya pada kebohongan

Berhati-hatilah terhadap hal-hal yang terdengar terlalu bagus untuk menjadi kenyataan, seperti hadiah berukuran besar yang tidak memiliki detail yang jelas. Penipu sering kali memberikan tawaran untuk meyakinkan korbannya agar memberikan informasi pribadi atau mentransfer uang.

Kebanyakan penipu menjanjikan hadiah seperti ponsel terbaru, uang tunai banyak, kartu belanja gratis, atau saldo DANA dengan syarat sederhana seperti mengisi survei atau mengundang teman untuk bergabung. 7. Hanya unduh aplikasi resmi

Selalu unduh aplikasi DANA dari platform seperti Google Play Store atau App Store. Jangan mengunduh aplikasi dari sumber yang tidak tepercaya, misalnya tautan yang dikirim dari pesan teks atau media sosial. Aplikasi yang sah memiliki pemeriksaan yang lebih ketat untuk mengurangi risiko penipuan.

Banyak penipuan terjadi karena korban mengunduh aplikasi mirip DANA. Aplikasi palsu ini sering kali berisi malware yang dapat mencuri informasi pribadi dan keuangan korban.

Dengan mengikuti seluruh tips di atas, pengguna dapat mengurangi risiko menjadi korban penipuan DANA.

Terakhir, sebagai pengguna tidak perlu khawatir karena pengoperasian dompet digital DANA juga mematuhi regulasi dan diawasi oleh Bank Indonesia, sehingga dijamin bisnis DANA dikenal aman, mudah dan nyaman. 

Untuk mengetahui berbagai manfaat dan keamanan aplikasi dompet digital DANA, Anda dapat langsung mengunjungi website DANA di https://www.dana.id/personal/digital-wallet. 

 

 

(*)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Wajah Kaisar China Terungkap Lewat Analisis DNA: Ungkap Rahasia Ketampanan dan Kematiannya
Next post Menjelajahi Manfaat Kolang Kaling untuk Kesehatan