Tips Minuman Herbal dari Bunga Telang Ala dr Zaidul Akbar yang Dipercaya Bisa Sembuhkan Diabetes

Read Time:2 Minute, 8 Second

robbanipress.co.id Lifestyle – Bunga kupu-kupu kacang dengan ciri khas kelopak bunga berwarna biru cerah telah lama dikenal tidak hanya sebagai salah satu unsur estetika dalam makanan dan minuman, tetapi juga memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan.

Zaidul Akbar, pakar kesehatan sekaligus keynote speaker mengatakan, bunga Telangana membantu mengatasi diabetes dan memiliki manfaat kesehatan lainnya.

Dalam makalah yang diposting di Instagram oleh Dr Zaidul Akbar, bunga telang telah digunakan selama berabad-abad tidak hanya sebagai bahan minuman teh herbal, tetapi juga terbukti kaya akan antioksidan.

Antioksidan ini tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan secara umum, tetapi juga membantu mengatasi sejumlah kondisi kesehatan, termasuk diabetes.

“Kandungan antioksidan yang tinggi pada bunga telangi menjadikannya sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan tubuh kita. Salah satu manfaatnya yang paling menonjol adalah kemampuannya dalam membantu pengobatan diabetes,” kata dr Zaidul Akbar.

Selain itu, bunga telang juga dikenal karena kemampuannya dalam memberikan warna biru alami pada berbagai masakan tradisional. Daun kupu-kupu yang direndam dalam air hangat atau panas akan mengeluarkan pigmen biru yang dapat digunakan sebagai pewarna alami pengganti pewarna buatan yang seringkali berbahaya bagi kesehatan.

Tak hanya itu, dr Zaidul Akbar menyoroti beberapa manfaat bunga telangana lainnya, antara lain meningkatkan daya ingat otak, mengurangi stres, meningkatkan mood, dan meningkatkan kesehatan mata. Selain itu, bunga telang telah digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengobati asma, mengobati kanker, dan mendukung kesehatan jantung.

Untuk mengetahui manfaat bunga telang bagi kesehatan, Dr Zaidul Akbar menyarankan untuk diseduh sebagai teh herbal. Caranya adalah dengan merendam kelopak bunga telang dalam air panas, lalu tambahkan madu dan jahe secukupnya untuk mendapatkan rasa hangat dan menyegarkan. Namun penggunaan madu dalam campuran ini bersifat opsional.

“Kalau tidak suka manis tidak perlu ditambah madu,” tambahnya.

Selain untuk ramuan herbal, bunga telang juga bisa dimanfaatkan sebagai pewarna makanan alami. Hal ini terlihat dari saran Dr. Zaidul Akbar untuk menggunakannya pada kurma dan sup rumput laut atau masakan buah-buahan untuk memberikan warna menarik yang alami.

“Iya, bisa jadi pewarna alami saat membuat sop kurma, rumput laut, dan buah-buahan lainnya, sehingga jadi cantik sop buahnya,” tutupnya.

Tak heran jika bunga telang menjadi salah satu bahan alami yang paling banyak dicari dalam pengobatan dan masakan tradisional.

Dukungan ilmiah dan saran dari para ahli seperti Dr. Zaidul Akbar semakin memperkuat posisinya sebagai pilihan yang baik untuk meningkatkan kesehatan dan kecantikan alami tubuh kita luar dan dalam. Ya, Lapas Pematang Siantar memberikan layanan kesehatan bagi para penghuninya, bekerja sama dengan Kementerian Hukum Sumut dan Kanwil HAM, Yayasan Dr’s Koffie, 2024. Pada Sabtu, 21 September, ia akan melakukan pemeriksaan kesehatan gratis terhadap para narapidana. robbanipress.co.id.co. .id 21 September 2024

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Parade Kebudayaan Meriahkan Perayaan Hari Kemerdekaan RI di Universitas Trisakti
Next post Zaskia Adya Mecca Lemas dan Gemetar Kala Anak Masuk ICU Akibat Pneumonia