3 Cara Memperbaiki HP Hidup Tapi Layar Mati, Berlaku untuk Android

Read Time:1 Minute, 39 Second

JAKARTA – Ada beberapa cara mengatasi ponsel tapi layar mati di sistem operasi Android. Masalah yang disebut juga dengan layar hitam ini membuat pengguna tidak dapat mengaktifkan perangkatnya.

Dalam keadaan layar hitam atau ponsel hidup namun layar mati, ponsel tidak dapat berfungsi dan hanya menampilkan layar hitam. Untuk mengaktifkan ponsel, pengguna perlu melakukan beberapa hal, seperti mencolokkan kabel pengisi daya atau meminta ponsel lain untuk melakukan panggilan.

Jika layar hitam ini terus menerus terjadi, pasti akan menyulitkan pengguna dalam mengoperasikan perangkatnya. Oleh karena itu, Anda perlu memahami cara memperbaiki ponsel yang hidup tetapi layarnya mati.

3 Cara Mengatasi HP Nyala Tapi Layar Mati1. Restart Cara menghidupkan hp tapi layar mati yang pertama adalah yang paling mudah yaitu mematikan atau restart hp secara paksa. Caranya adalah dengan menekan tombol power hingga ponsel bergetar.

Tunggu beberapa menit lalu tekan kembali tombol daya untuk menyalakannya. Biasanya, jika masalahnya tidak terlalu serius, maka cara ini berhasil.

2. Menggunakan Safe Mode Berikut beberapa langkah memperbaiki hp rusak namun menggunakan safe mode. Langkah ini bisa dilakukan jika permasalahan disebabkan oleh aplikasi pihak ketiga.

– Pertama, matikan ponsel dengan menekan tombol power terlebih dahulu

– Hidupkan ponsel dengan menekan kembali tombol power

– Saat muncul logo HP, tekan tombol power dengan volume kecil

– Nantinya akan muncul permintaan untuk masuk ke safe mode

– Jika demikian, hapus instalan aplikasi bermasalah yang baru diinstal atau diperbarui

– Setelah itu, restart ponsel

3. Reset ponsel. Namun sebelum melakukan hal tersebut, ada baiknya semua data yang ada di ponsel dipindahkan terlebih dahulu, karena jika dilakukan maka semua data yang ada di ponsel akan terhapus.

– Pertama, matikan ponsel dengan menekan tombol power

– Nyalakan ponsel, tekan tombol power dan volume atas secara bersamaan

– Jika muncul logo HP, lepas tombol power namun tetap besarkan volumenya

– Pilih “wipe data / factory reset”.

– Pilih “Ya”.

– Tunggu hingga proses reset ponsel selesai

– Jika sudah, restart ponsel

Itulah tiga cara mengatasi HP tapi layar mati di sistem operasi Android. Jika Anda sudah mencoba cara-cara di atas namun tidak berhasil, sebaiknya bawa ponsel Anda ke service center terdekat.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Mau Daftar CPNS Kemhan Tahun Ini? Cek Formasi dan Kuota yang Dibuka
Next post ‘Mengawal’ Paus Fransiskus