10 Perangkat Teknologi yang Masuk Rekor Dunia

Read Time:3 Minute, 3 Second

JAKARTA – Perangkat teknologi yang tercatat dalam rekor dunia diyakini mampu mencapai hal yang mustahil. Sayangnya, tidak semua perangkat tersebut mampu bertahan di puncak kejayaannya.

Namun menarik untuk menilik sejarah panjang dan fakta terkait perangkat ini. Pasalnya, teknologi yang digunakan kini menjadi yang paling populer.

Tak heran jika sebagian besar daftar rekor dunia diisi oleh perusahaan-perusahaan besar seperti Nintendo, Apple, Google, NASA, MIT dan nama-nama besar lainnya. Berikut 10 gadget teknologi rilisan Slash Gear pada Jumat (31/05/2024) yang memecahkan rekor dunia

1. Ponsel pintar terlaris

Rekor smartphone terlaris dan kamera dengan resolusi tertinggi diraih oleh perangkat besutan Apple atau Samsung. Teknologi kamera dari kedua pabrikan ini mampu melihat lebih dari yang terlihat berkat Augmented Reality (AR) atau Virtual Reality (VR).

2. Teknologi kacamata pintar pertama

Jika ada satu hal yang mungkin diingat semua orang di tahun 2012, itu adalah hadirnya Google Glass. Perangkat ini, diperkenalkan pada bulan April 2012, hanya tersedia untuk pengujian kepada sekelompok kecil orang pada bulan April 2013. Kecanggihannya terletak pada modul persegi kecil di salah satu sisinya yang bentuknya hampir persis seperti kacamata biasa. Aktivasi dengan perintah suara dan sentuhan, dilengkapi dengan kamera, speaker, mikrofon dan port USB.

Fitur-fiturnya cukup canggih karena Anda bisa mengambil foto, mengecek email, membalas pesan teks dan melakukan hampir semua hal di ponsel cerdas Anda dengan bantuan augmented reality.

Teknologi ini mencetak sejarah sebagai teknologi pintar pertama berupa kacamata. Ide kacamata yang berfungsi seperti smartphone memang revolusioner. Namun meningkatnya masalah etika dan privasi, serta harga yang tinggi, menyebabkan penghentian produk tersebut.

3. Kamera beresolusi lebih tinggi

Lensa dengan diameter lebih dari 1,5 meter, enam filter khusus, berat 3.000 kilogram dan pengembangan lebih dari 20 tahun merupakan bagian dari pengembangan kamera Large Synoptic Survey Telescope (LSST) di Observatorium Vera K. Rubin.

Kamera ini tidak hanya memegang rekor kamera digital beresolusi tertinggi di dunia, tetapi juga merupakan kamera digital terbesar yang pernah dibuat. Kamera ini juga memiliki sensor dan lensa optik terbesar di dunia, yaitu 100mm atau setara dengan empat mata burung. Kamera ini dirancang untuk berada di observatorium dan mengumpulkan data dengan kecepatan 15 terabyte per malam selama 10 tahun.

Sensornya mencapai 3.200 megapiksel dengan bidang pandang 9,6 derajat persegi, lebar bidang fokus 64 sentimeter, interval eksposur 15 detik, dan total 189 sensor CCD. Dibandingkan kamera smartphone dengan resolusi tertinggi 200 megapiksel, angka tersebut hanya 6% dari resolusi kamera LSST.

4. Headset realitas virtual pertama

Teknologi virtual reality yang populer saat ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 2015. Proyek kreatif ini adalah headset realitas virtual pelacak mata pertama dari FOVE Inc. Nama FOVE berasal dari fovea, celah kecil di mata tempat Anda dapat melihat dengan baik. Mereka awalnya berharap bisa mengumpulkan dana sebesar $250.000 atau Rp4 miliar untuk pembelian headphone tersebut. Di luar dugaan, dalam waktu kurang dari tiga hari, dana yang terkumpul mencapai 7,8 miliar euro.

5. Ponsel terlaris

Jika melihat 10 besar ponsel terlaris sepanjang masa, jajarannya terdiri dari Nokia dan iPhone. Posisi teratas ditempati oleh Nokia 1100. Nokia dikenal kerap merilis ponsel terlaris sepanjang masa, namun selang beberapa tahun, ponsel ini malah tak masuk dalam lima besar produsen smartphone.

Sejak diluncurkan pada tahun 2003, Nokia 1100 telah terjual lebih dari 250 juta unit, disusul Nokia 1110 dengan penjualan 248 juta unit. Nokia 1100 jauh lebih maju dari masanya dan menawarkan masa pakai dan daya tahan yang lama. Keterjangkauan dan aksesibilitasnya yang mudah membuatnya sangat populer di negara-negara berkembang. Dunia ponsel pintar telah berkembang pesat sejak saat itu.

6. Konsol game portabel pertama dengan augmented reality (AR).

Konsol game genggam Nintendo tampaknya telah menerapkan teknologi AR sebelum iPhone saat ini. Bahkan menjadi merek pertama yang mengembangkan konsol game portabel dengan augmented reality dalam model Nintendo 3DS.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Rayakan Dies Natalis ke-26, ITPLN Bertekad Jadi Kampus Kelas Dunia
Next post Reka Ulang Tenggalamnya Dante Dilakukan Besok, Tamara Tyasmara Datang?