Jokowi: Smelter Freeport Jadi Kunci Indonesia Negara Maju

Read Time:1 Minute, 35 Second

 

robbanipress.co.id, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan, smelter milik PT Freeport Indonesia (PTFI) merupakan langkah penting Indonesia menuju status sebagai negara industri maju, khususnya dalam pengelolaan sumber daya alam.

“Pembangunan smelter PT Freeport Indonesia ini merupakan cita-cita kita untuk membawa Indonesia menjadi negara industri maju, yang mampu mengelola sumber daya alamnya sendiri tanpa harus mengekspor bahan mentah,” kata Jokowi saat meresmikan PTFI -Fueblir di Gresik, Jawa Timur. . , Senin (23-09-2024).

Menurut Jokowi, smelter yang dibangun di Gresik juga akan menciptakan banyak lapangan kerja sehingga hilirisasi industri akan terus didorong.

Hilirisasi menjadi fondasi perekonomian baru Indonesia. Tujuannya adalah mengalihkan fokus produk domestik bruto (PDB) kita dari konsumsi dalam negeri ke produksi nasional, jelasnya. Terbukanya peluang kerja

Jokowi menambahkan, hilirisasi bisa membuka banyak lapangan kerja dan memperkuat struktur perekonomian. Oleh karena itu, PDB Indonesia diharapkan tidak lagi bergantung pada konsumsi dalam negeri.

“Ini akan menciptakan lapangan kerja yang sangat besar. Hilirisasi merupakan langkah yang kami lakukan sebagai landasan perekonomian baru Indonesia yang tidak lagi bergantung pada konsumsi dalam negeri,” jelasnya.

“Saat ini PDB kita masih sangat bergantung pada konsumsi dalam negeri, namun ke depan kita harus mengubah fokus pertumbuhan PDB kita agar bergantung pada produktivitas badan usaha, baik milik negara maupun swasta,” lanjutnya.

 

Selain itu, Jokowi berharap dengan beroperasinya smelter pengolahan konsentrat tembaga milik PTFI, akan muncul industri turunan yang dapat menunjang kegiatan perekonomian di sekitar smelter tersebut.

“Kami berharap smelter ini dapat memunculkan industri turunan tembaga di sekitar PT Freeport Indonesia,” ujarnya.

Jokowi juga mencatat, ada perusahaan yang sudah mulai memproduksi foil tembaga yang menggunakan bahan baku tembaga. Selain itu, dia berharap pabrik kabel dan industri semikonduktor juga mulai berinvestasi di Indonesia.

“Sudah ada yang mulai memproduksi foil tembaga, dan saya kira ke depan akan ada pabrik kabel dan industri lainnya yang datang ke Indonesia. Termasuk, seperti disampaikan Pak Erick Thohir, selenium yang dihasilkan dari pengecoran ini bisa dimanfaatkan dalam industri. produksi semikonduktor,” tutupnya.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post LPS Ingatkan Perbankan Pentingnya Perlindungan Data Pribadi
Next post Trik Bikin Sambal Pecel yang Enak dan Tahan Sampai 2 Bulan, Begini Caranya