Daun Salam: Pahlawan Tak Terduga dalam Perang Melawan Kolesterol, Begini Cara Merebusnya

Read Time:4 Minute, 6 Second

robbanipress.co.id, Jakarta – Daun salam telah lama dipercaya dapat mengatasi gangguan pencernaan, menurunkan kadar kolesterol, dan meningkatkan kesehatan fisik secara keseluruhan. Tanaman ini berperan penting dalam mengendalikan kadar kolesterol sehingga dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan meningkatkan kesehatan jantung.

Dikutip dari WebMD pada Selasa 2 Juli 2024, kadar kolesterol yang terlalu tinggi dalam tubuh menjadi penyebab utama penyakit jantung. Ketika kadar kolesterol darah terlalu tinggi, kolesterol menumpuk di dinding arteri, menyebabkan proses yang disebut aterosklerosis, sejenis penyakit jantung.

Ada dua jenis kolesterol yang diketahui, lipoprotein densitas rendah (LDL dan kolesterol ‘jahat’) dan lipoprotein densitas tinggi (HDL dan kolesterol ‘baik’). Keduanya beredar dalam darah dan berperan penting dalam kesehatan jantung. Tujuan utama pengobatan kolesterol tinggi adalah menurunkan kadar LDL dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Daun salam memiliki efek anti inflamasi, anti diare, anti diabetes dan dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Selain itu daun salam juga membantu menurunkan kolesterol darah, mengontrol gula darah dan asam urat.

Menurut Pharm Easy, daun salam mampu menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL), sehingga membantu mengurangi penyakit jantung. Efeknya terhadap gula darah dan kolesterol membuat daun salam sangat melindungi jantung.

Namun, diperlukan lebih banyak penelitian untuk memastikan potensi manfaat ini. Anda harus menemui dokter jika Anda memiliki kondisi serius seperti kadar kolesterol tinggi, yang harus diperiksa oleh ahli medis.

Daun salam dapat dengan mudah kita jumpai di pasaran, baik dalam bentuk segar maupun kering. Berikut langkah-langkah mengemas jus atau ekstrak daun salam menurut Times Now: Ambil segenggam daun salam segar atau kering. Tempatkan daun salam dalam air mendidih. Aduk sebentar lalu matikan api. Aduk campuran untuk memisahkan daun dari air dan biarkan air mencapai suhu kamar. Anda bisa menambahkan sesendok madu untuk rasa manis. Rebusan daun salam Anda sudah siap. Minumlah secara teratur dan nikmati manfaat kesehatannya yang luar biasa. Air rebusan ini mampu menurunkan kolesterol dan menjaga kesehatan jantung.

 Waktu terbaik meminum air rebusan daun salam adalah: Pagi: Rebus satu liter air dengan satu sendok teh kayu manis, enam lembar daun salam, dan satu sendok teh madu murni. Minum segelas air rebusan daun salam saat perut kosong di pagi hari akan membantu Anda memulai proses olahraga dengan banyak manfaat. Sebelum makan: Minum jus daun salam rebus 30 menit sebelum makan membantu melancarkan pencernaan dan mengatur kadar gula darah. Sebelum tidur: Minum air daun salam sebelum tidur dapat membantu tubuh rileks dan bermanfaat bagi Anda di malam hari.

Konsistensi adalah kunci untuk menerima manfaat kesehatan dari air daun salam. Minumlah secara teratur dengan jadwal yang sesuai untuk Anda.

Namun, jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum menambahkan herbal baru ke dalam rutinitas kesehatan Anda, terutama jika Anda memiliki kondisi medis atau sedang mengonsumsi obat. 

 

Ya, daun salam kering bisa direbus dan dijadikan ekstrak atau dibuat jus. Proses merebus daun salam kering sama dengan daun salam segar.

Menurut WebMD, kebanyakan orang menggunakan daun salam kering dengan menambahkan daun salam utuh ke dalam resep agar makanan menyerap rasa daun salam.

Daun salam yang dihaluskan atau daun salam segar memiliki rasa yang lebih kaya dibandingkan daun salam kering. 

Jadi gunakan lebih sedikit, gantikan dengan resepnya.

Berikut langkah-langkah umum pengalengan daun salam kering: Ambil daun salam sebanyak-banyaknya. Rebus daun salam dalam air panas sebentar untuk menghilangkan rasa dan nutrisinya. Sesekali aduk rata. Setelah beberapa saat, matikan api dan biarkan air mendidih serta daun salam menjadi dingin. Anda bisa menyaring campuran untuk memisahkan daun dari air jika diperlukan. Air rebusan daun salam kering digunakan sebagai minuman atau ditambahkan pada masakan untuk menambah aroma dan rasa. Pastikan menggunakan daun salam yang bersih dan berkualitas baik. 

 

Lama waktu optimal mengonsumsi daun salam rebus untuk membantu menurunkan kolesterol tidak dapat ditentukan secara pasti karena bervariasi tergantung status kesehatan individu, kadar kolesterol, dan respon tubuh dalam mengonsumsi daun salam.

Namun secara umum, untuk mendapatkan manfaatnya, sebaiknya Anda mengonsumsinya secara teratur dalam jangka waktu yang lama.

Jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum menambahkan ramuan baru ke dalam rutinitas kesehatan Anda, terutama jika Anda memiliki kondisi medis atau sedang mengonsumsi obat. 

 

Ya, daun salam rebus bisa disimpan di lemari es agar lebih awet. Berikut beberapa tips menyimpan daun salam dengan benar: Dingin: Biarkan daun salam mendingin hingga mencapai suhu ruangan sebelum disimpan di lemari es. Tempat penyimpanan : Gunakan wadah kedap udara atau wadah kaca transparan untuk menyimpan daun salam rebus. Pastikan wadah bersih dan kering sebelum digunakan. Simpan di dalam freezer: Tempatkan wadah berisi daun salam rebus ke dalam lemari es atau freezer dengan suhu yang sesuai (biasanya 1-4 derajat Celcius). Label dan Tanggal: Beri label pada botol dengan perkiraan tanggal pembuatan dan tanggal kedaluwarsa. Daun salam dapat disimpan di lemari es selama beberapa hari hingga seminggu tergantung kondisi penyimpanan dan kebersihannya. Cara Pemakaian: Bila ingin digunakan kembali, periksa tampilan dan aroma daun salam rebus. Jika sudah tidak terlihat atau berbau segar, atau sudah berubah warna, sebaiknya dibuang dan tidak dikonsumsi.

Dengan cara ini, Anda bisa menjaga daun pot tetap bersih dan aman agar tetap segar lebih lama.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Cara Download iOS 18 di iPhone, Mana Saja yang bisa Instal?
Next post Mobil Maung Pindad akan Mengemban Misi Penting