Meta Tutup Layanan Facebook News di AS dan Australia Mulai April 2024, Ini Alasannya

Read Time:2 Minute, 39 Second

robbanipress.co.id, Jakarta – Meta mengumumkan akan menutup layanan Facebook News di Amerika Serikat (AS) dan Australia mulai April 2024. Jumlah pengguna yang terus berkurang menjadi alasan ditutupnya Facebook News.

Mengutip situs resmi Meta, perusahaan induk Facebook mengungkapkan pada Sabtu (2/3/2024) bahwa jumlah orang yang mengakses Facebook News di AS dan Australia akan turun lebih dari 80% pada akhir tahun 2023.

Facebook News saat ini hanya menjangkau 3% pengguna Facebook di seluruh dunia. Sebelumnya, Facebook News akan dihentikan di Inggris, Prancis, dan Jerman pada tahun 2023.

Namun, mematikan Facebook News tidak akan memengaruhi produk dan layanan Meta di negara-negara tersebut.

Meta mengklarifikasi, pengguna Facebook masih bisa mengakses berita melalui tautan yang dibagikan media online.

“Perusahaan berita akan terus memiliki akses ke akun dan halaman Facebook mereka. Akun media online juga dapat memposting berita di postingan Facebook dan membagikan artikel dengan link yang dipublikasikan ke pengguna umum,” tulis Meta.

Perusahaan media juga dapat memanfaatkan produk Facebook lainnya, seperti Reels dan sistem periklanan Facebook, yang tersedia untuk lebih banyak pengguna. Perusahaan media bahkan mendapatkan 100% pendapatannya dari Facebook.

Meskipun Meta akan menghentikan layanan Facebook News di AS dan Australia, pengumuman ini tidak mempengaruhi ketentuan kontrak Facebook News dengan media online di berbagai negara lain.

“Penutupan Facebook News tidak mempengaruhi komitmen Meta dalam menghubungkan orang-orang dengan informasi tepercaya dan mengurangi penyebaran berita palsu di platformnya,” tegas perusahaan itu.

Meta bermitra dengan pemeriksa fakta pihak ketiga yang disertifikasi oleh badan akreditasi, seperti Jaringan Pengecekan Fakta Internasional, untuk meninjau dan mengevaluasi misinformasi yang viral di aplikasi media sosial Meta.

Sebelumnya, Meta telah meluncurkan layanan khusus di Whatsapp untuk memprediksi maraknya pemilu palsu di India tahun ini. 

Layanan khusus WhatsApp ini diharapkan bisa digunakan oleh masyarakat India pada Maret mendatang. Layanan ini bisa dimanfaatkan masyarakat untuk mengecek apakah konten tersebut palsu atau tidak.

Selain itu, layanan ini juga akan tersedia sebagai chatbot dalam tiga bahasa – Hindi, Telugu, dan Tamil. Salah satu kelebihan layanan ini adalah juga dapat mendeteksi konten palsu yang dibuat oleh kecerdasan buatan.

“Kami menyadari adanya kekhawatiran mengenai penggunaan AI untuk menciptakan penipuan, oleh karena itu diperlukan tindakan nyata dan kolaboratif. Kemitraan kami dengan MCA mencoba melawan pemalsuan yang menggunakan AI atau menggunakan teknologi deepfakes,” kata Shivnath Thukral. Direktur Kebijakan Publik di Meta India di Blog Resmi Meta.

“Kami juga tetap berkomitmen untuk bekerja sama dengan semua pihak untuk menerapkan teknik deteksi AI standar, kebijakan transparan, dan solusi AI ini. – dia menambahkan.

Sebaliknya, pada Selasa, 20 Februari 2024, Presiden Joko Widodo (Chokowi) menandatangani Keputusan Presiden tentang Hak Penerbitan.

Perintah Presiden untuk Hak Penerbit mewajibkan penyedia platform digital seperti Google, Meta, X, dan lainnya untuk memberikan kompensasi kepada perusahaan media yang kontennya dibagikan melalui media sosial.

Meta, induk perusahaan Facebook, Threads, Instagram, dan WhatsApp buka suara terkait hal tersebut.

Dalam waktu singkat, perusahaan berkonsultasi dengan pembuat kebijakan dan memiliki Hak Penerbit Pers Pers.

“Kami memahami bahwa Meta tidak diharuskan membayar konten berita yang diterbitkan secara sukarela oleh penerbit berita di platform kami,” kata Raphael Frankel, Direktur Kebijakan Publik Asia Tenggara, Meta.

Dia menambahkan: “Kami menghargai kemajuan yang dibuat oleh para pembuat kebijakan untuk memastikan bahwa Perintah Hak Penerbit Presiden yang mendukung jurnalisme berkualitas mengakui manfaat yang diterima penerbit berita dari layanan yang kami berikan.”

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Jackie Chan Terbang ke Jakarta, Ternyata untuk Hadiri Acara Ini
Next post Reza Rahadian Adu Akting Pertama Kali dengan Chicco Jerikho, Akui tak Ada Kesulitan