Mengenal Komponen ICCU yang Bikin Hyundai Recall Ioniq 5 dan Ioniq 6

Read Time:1 Minute, 31 Second

Jakarta, 7 Mei 2024 – PT Hyundai Motors Indonesia baru-baru ini mengumumkan program recall kendaraan Hyundai Ioniq 5 dan Ioniq 6 yang dijual di Indonesia. Hal ini tentu menjadi kekhawatiran para pemilik mengingat mobil listrik tergolong baru dan kompleks.

Kedua model tersebut ditarik kembali karena adanya pembaruan perangkat lunak pada Unit Kontrol Pengisian Terintegrasi atau unit ICCU.

“Peningkatan ini penting untuk meningkatkan kualitas pengisian baterai dan memberikan pengalaman berkendara yang optimal kepada pelanggan kami,” kata CEO HMID Fransiscus Soerjopranoto, robbanipress.co.id Otomotif, dalam keterangan resmi.

ICCU merupakan komponen elektronik yang berperan penting dalam mengendalikan dan memantau proses pengisian baterai pada kedua kendaraan listrik.

ICCU bekerja dengan mengatur arus dan tegangan baterai, memantau kesehatan baterai, berkomunikasi dengan sistem manajemen baterai (BMS) dan memberikan data pengisian daya kepada pengemudi melalui tampilan instrumen.

Menurut laporan Consumer Reports, terdapat lebih dari 146.000 kendaraan listrik Hyundai di Amerika Serikat yang dapat menyebabkan mati mendadak saat berkendara karena potensi kerusakan pada ICCU.

Penarikan kembali di AS meliputi Hyundai Ioniq 5 2022-2024, Hyundai Ioniq 6 2023-2024, Kia ​​EV6 2022-2024, Genesis GV60 2023-2024, Genesis 2023-2024, dan Genesis GV2024. G80 dialiri listrik pada tahun 2024.

ICCU pada kendaraan ini mungkin memiliki cacat produksi yang dapat menyebabkan unit rusak saat kendaraan sedang bergerak.

Hilangnya daya secara tiba-tiba dapat terjadi saat kendaraan sedang bergerak, dan lampu peringatan akan menyala di panel instrumen dan alarm akan berbunyi saat kendaraan kehabisan daya.

Menurut Hyundai, pengemudi memerlukan waktu antara 22 dan 45 menit untuk keluar dari mobil dengan aman sebelum kehilangan tenaga. Fitur keselamatan seperti airbag, rem, dan kemudi tetap beroperasi meski kendaraan berhenti. Begini Awal Kecelakaan Mobil Listrik China di Booth GIIAS Bandung Salah satu mobil listrik Morris Garage atau MG Motors menjadi perbincangan di media sosial sejak Gayakindo merusak standnya di robbanipress.co.id Indonesia International Motor Show. co.id 30 September 2024

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Deretan Lagu Nasional yang Bertemakan Kemerdekaan Indonesia
Next post Semua yang Bernama ”Agus” Boleh Makan Gratis di Jaringan Hotel Waringin Grup