Layanan Fiber Optik Indosat HiFi Masuk ke Kota Sekunder, Tawarkan Internet Cepat hingga 1 Gbps ke Rumah

Read Time:2 Minute, 56 Second

robbanipress.co.id, Jakarta – Layanan internet rumah Indosat HiFi milik Indosat Ooredoo Hutchison kini memperluas jangkauan layanan internet fiber optik hingga 100% di seluruh Indonesia.

Menggunakan teknologi serat optik 100 persen, dikatakan mampu menyediakan internet rumah berkecepatan tinggi dengan kecepatan hingga 1Gbps. 

Dalam hal ini, Indosat akan memperluas layanan Internet rumah serat optik HiFi tidak hanya ke kota-kota besar, tetapi juga ke kota-kota lapis kedua yang berkembang pesat. Contohnya Karawang, Sukabumi, Cianjur, Jambi, dan Palembang. 

Ketersediaan Internet rumah berkecepatan tinggi tidak lepas dari pemahaman Indosat bahwa konektivitas Internet kini sudah menjadi kebutuhan masyarakat. Baik itu untuk pekerjaan, pendidikan, hiburan, hingga menunjang kegiatan perekonomian dunia usaha. 

Direktur dan Chief Business Officer, Indosat Ooredoo Hutchison Ritesh Kumar Singh mengatakan saat ini, konektivitas menjadi bagian integral dari kebutuhan digital masyarakat Indonesia. 

“Indosat Ooredoo Hutchison berkomitmen untuk menjadi penyedia layanan digital kelas dunia bagi masyarakat Indonesia, menyadari bahwa Internet merupakan kebutuhan yang tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan masyarakat,” kata Ritesh. 

Ia mengatakan, ketersediaan internet rumah berkecepatan tinggi Indosat HiFi yang didukung teknologi serat optik menunjukkan komitmen Indosat dalam menghubungkan dan memberdayakan masyarakat Indonesia melalui teknologi digital. 

Sebagai informasi, saat ini Indosat HiFi memiliki 360.000 pelanggan di Indonesia. Layanan ini menawarkan internet rumah yang didukung teknologi 100 persen fiber optic yang mampu memberikan kecepatan tinggi. 

Saat ini Indosat HiFi memiliki beberapa paket dan penawaran sesuai kebutuhan pelanggan mulai dari 30 Mbps hingga 1 Gbps. Harga yang ditawarkan mulai dari 245 ribu hingga Rp 1 juta per bulan. 

Melalui Indosat HiFi, pelanggan juga mendapatkan tayangan box office yang dapat disaksikan secara live hingga lima perangkat secara bersamaan. 

Layanan Indosat HiFi kini tersedia di 24 kota dan wilayah di Indonesia. Misalnya Jabodetabek, Bandung, Bekas, Bogor, Denpasar, Depok, Jakarta, Karanganyar, Klaten, Semarang, Solo, Surabaya, Tangerang, Yogyakarta, Karawang, Sukabumi, Cianjur, Jambi, Palembang, Tegal, Pekalongan, Kediri, Bankerto dan Sumedang , Barat – Jawa. 

“Dengan teknologi 100 persen serat optik, kami berkomitmen untuk memungkinkan Indosat HiFi menyediakan solusi Internet berkecepatan tinggi di rumah,” kata Ritesh.

Sebelumnya, Indosat Ooredoo Hutchison menyatakan akan terus melakukan ekspansi untuk memperluas jaringan BTS 4G pada tahun 2024. Dalam update media usai Rapat Umum Tahunan (RUPST), Indosat juga mengungkapkan jumlah BTS yang kini dapat dilayani kepada 100,8 juta pelanggannya. 

Pada tahun 2022, Indosat akan memiliki lebih dari 180 ribu BTS 4G yang sebagian besar merupakan BTS 4G. Meski fokus pada pengembangan jaringan 4G, Indosat juga mendukung BTS 2G miliknya sendiri. 40.000 BTS 2G telah terdaftar di Indosat tahun ini. 

Data yang diberikan Indosat menunjukkan bahwa alih-alih menurun, jumlah BTS 2G mereka akan bertambah 10.000 unit hingga mencapai 50.000 BTS 2G pada tahun 2023. 

Indosat juga menjelaskan alasan mengapa pihaknya masih memperbanyak jumlah BTS 2G dibandingkan fokus pada teknologi baru seperti 4G atau 5G. 

Business Manager Indosat Ooredoo Hutchison Ritesh Kumar Singh menjelaskan, tidak hanya di Jakarta dan Jawa, di Indonesia banyak masyarakat di pedesaan yang memiliki ponsel namun belum mendukung jaringan 4G. 

Ritesh mengatakan, ada beberapa pelanggan Indosat yang menggunakan smartphone namun belum mengakses layanan 4G. 

Makanya tidak bisa melakukan panggilan berbasis internet saat melakukan panggilan, hanya membutuhkan jaringan 2G untuk melakukan panggilan. Sebenarnya jaringan 3G kami nonaktifkan, bukan 2G, karena masih ada pelanggan yang menggunakan layanan telepon 2G. kata Ritesh. 

Selain itu, alasan Indosat menambah jumlah BTS 2G pada tahun 2023 dibandingkan tahun 2022 adalah untuk mendukung beberapa pelanggan Indosat di pedesaan dan terpencil. 

Indosat enggan menghadirkan lalu lintas internet ke pedesaan, namun Ritesh mengatakan ada beberapa tantangan dalam menghadirkan jaringan 4G ke pedesaan. Oleh karena itu, BTS 2G diperuntukkan untuk melayani pelanggan telepon sambil menunggu datangnya 4G. 

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Raffi Ahmad Buka Lowongan Jadi Asisten Pribadi Imingi Benefit Wow: Ini Syaratnya, Tertarik?
Next post Pesawat Boeing Alami Banyak Insiden, CEO Dave Calhoun Mundur